Resep Pempek Lenjer Tilapia Regal Springs

17 comments

 Resep Pempek  Lenjer Tilapia Regal Springs. Memenuhi kebutuhan cemilan anak-anak di masa pandemi ini memang gampang gampang susah. Susah karena bahan, waktu dan tenaga terbatas. Emak abis mendampingi anak belajar PJJ, gak cukup waktu untuk membuat sesuatu.  Gampang karena sekarang banyak bahan makanan yang praktis. Salah satu yang praktis itu adalah ikan Tilapia fillet dari Regal Springs.

Resep Pempek Lenjer Tilapia Regal Springs
Pas kemarin itu suami request minta dibuatkan pempek. Waktu itu saya pernah ya membuat pempek dos recook resep dari chef Farah Queen. Nah, akhirnya saya buatlah pempek dos yang ditambah ikan. Alhamdulillah masih ada stok fillet ikan Tilapia di kulkas. Jadi pas banget dengan request bapak suami. Sekalian juga buat cemilan anak anak. Karena fillet ikan Tilapia ini sudah tidak berduri lagi. Bersih. Jadi anak-anak gak bakalan takut kena duri ikan, because fillet ikan Tilapia dari Regal Springs ini sudah bersih dari duri. Selain dibuat pempek, ikan tilapia juga pas banget dimasukan di dalam krim sup.

Selain praktis dan mudah diolah, ikan Tilapia memiliki komposisi nilai gizi yang tinggi dan baik untuk menjaga kesehatan tubuh anak anak.

Nah, di bawah ini saya share resepnya, yaa. Cara membuatnya mudah. Bisa dilakukan bersama anak-anak. Sambil melatih motorik anak-anak ini, agar jari-jarinya terampil.

Resep Pempek Lenjer Tilapia Regal Springs

Pempek Lenjer Tilapia

Bahan A:

1 pack ikan Tilapia Regal springs (200gram), remas remas agar daging ikan menjadi remahan.
250 gr tepung terigu
5 sdm tepung beras
2 butir telur
2 sdm garam
2 sdm kaldu (opsional)
2 sdm minyak
800 ml air

Bahan B:

450 gram tepung tapioka

Bahan cuko:

3 batok gula merah kelapa
200 ml air
5 siung bawang putih, parut
3 buah cabe hijau, parut
2 ruas jari asam jawa

1 sdt garam

Cara membuat pempek lenjer Tilapia:

1. Didihkan air 800 ml.
2. Campur semua bahan A. Lalu masukan air yang sudah mendidih. Aduk rata.
3. Setelah agak dingin, masukan bahan B. Uleni sampai kalis.
4. Bentuk adonan menjadi bentuk lenjer (seperti di foto). Agar tangan tidak lengket, beri minyak telapak tangannya.
5. Didihkan air di dalam panci untuk merebus pempek lenjer. Beri minyak sedikit agar tidak lengket saat pempek di rebus.
6. Masukan pempek lenjer ke dalam air rebusan. Jika sudah mengapung, angkat. Buat lagi sampai pempek habis direbus.
7. Goreng dengan minyak panas hingga menguning.
8. Potong potong sajikan dengan cuko.

Cara membuat cuko:

1. Masukan semua bahan pada panci kecil.
2. Didihkan sampai gula cair. Jika sudah mendidih, angkat dan saring.
3. Sajikan setelah cuko agak dingin.

Nah, mudah kan membuatnya pempek lenjer khas palembang ini. Saya tidak khawatir anak akan tersedak duri, karena Tilapia fillet Regal Springs aman dari duri, bersih. Rasanya juga enak dan gurih. 

Nah, Moms, suka buat cemilan khas Indonesia apa di rumah? Sharing yuk!

Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia sebagai diaspora.Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

17 comments

  1. Udah lama gak bikin pempek homemade. Ikan tilapia ini mirip tenggiri kali ya mbak, dagingnya putih gitu?

    ReplyDelete
  2. Glek, sore-sore baca resep pempek lenjer tilapia jadi mendadak lapeer! Bikin pempek jadi lebih mudah dan praktis dengan Tilapia fillet Regal Springs ya, Mbak. Anak saya yang takut dengan duri ikan bisa saya beri Tilapia fillet Regal Springs ini

    ReplyDelete
  3. Ikan Tilapia ini ikan apa sih mbak? Pempek biasanya pakai Tenggiri kalau baca di resep-resep.

    Saya ijin nyimpan resepnya ya mbak, pingin buat Pempek sendiri. Dulu pernah beli di Palembang, enak bangeeet.. Ketagihan saya!

    ReplyDelete
  4. yumm makasi resepnya mbaa.. memang enak nih makan pempek, akupun sukaa, cuma aku kadang gak begitu paham isinya yang aku makan tuh ikan apa haha

    ReplyDelete
  5. Resep pempek dos Farah Quinn juga favoritku. Soalnya mudah & praktis buat aku yg males pindah2 wadah atau pakai proses macem2.

    ReplyDelete
  6. Ya ampun, dari kemarin-kemarin ngiler pengin pempek lihat ini makin ngiler, Mbak. Soalnya di sini jarang ada orang yang jual Pempek enak. Mau bikin sendiri mager wkwk.

    Kalau camilan andalan di rumahku tetap mendoan, Mbak. :)

    ReplyDelete
  7. Jadi pengin makan pempek euy...Sudah lama nggak makan pempek. Ini ikannya berarti udah dalam kemasan ya? Jadi lebih praktis masaknya.

    ReplyDelete
  8. Sejak hamil anak kedua saya selalu ngidam makan pempek. Well, beruntung banget mampir di blog mba, mau praktekin resep pempek ikan Tilapia nya nih, kelihatannya lezaat

    ReplyDelete
  9. Wah ini nih cemilan kesukaan keluargaku mba, paling suka kalau pempeknya direndam dala cuko beberapa menit barulah dimakan. Walau kadang ditegur katanya cara makan pempek yg aneh, hehehe.
    Harus ini saya catat resepnya biar bisa praktik nanti.

    ReplyDelete
  10. udah lama kepengen mpek2 eh mbak Sri share resep ini, auto save buat cobain bikin sendiri ini mah hahaaaa

    ReplyDelete
  11. Terakhir aku bikin pempek ala ala tahun 2016 an, lama beneeeerr. Btw penasaran sama ikan tilapia mbak, baru tau skrg ini nih baca blogpost mu ini mbak.

    ReplyDelete
  12. aku juga penggemar pempek mba dan biasanya sih beli hehehe. Tapi kalau ada ikan tilapia yang fresh pasti ini enak dimasak apa aja

    ReplyDelete
  13. waaah enak nih kayaknya mbak...bisa dicoba resepnya. Pempek juga salah satu makanan favorit saya. Kalau bisa bikin sendiri di rumah pastinya membuat anak betah berlama2 di rumah dengan aktifitasnya di masa pandemi ini ya.

    ReplyDelete
  14. Pempek makanan favoritku ..makanan yang paling aku sukai kayaknya... hehe... belum pernah nih pakai Ikan Tilapia jadi pengen nyoba...

    ReplyDelete
  15. Mba Tuti ak belom pernah bikin empek empek sendiri. Mertuaku ga suka makanan aneh. Bakso aja nggak doyan aneh katanya. Jadilah jarang bikin kalo aku sama suami doyan jajan. Pempek salah satunya yang disuka. Kawan praktik ah. Makasih resepnya mba

    ReplyDelete
  16. duh lihat pempeknya jadi lapar deh. Sepertinya cocok dimakan saat cuaca dingin dan hujan seperti saat ini

    ReplyDelete
  17. Aku kemarin secara khusus cari ikan fillet untuk menu masakan, kak..
    Tapi ini ide bagus banget, masak pempek lenjer menggunakan ikan Tilapia fillet Regal Springs yang dijamin gak akan ada durinya lagi.

    ReplyDelete

Post a Comment