Resep Sup Kental Tilapia Aneka Sayuran

25 comments
Resep Sup kental tilapia aneka sayuran

Resep Sup Kental Tilapia  Aneka Sayuran. Hai, Moms, bagaimana kabar cuaca di kota Moms? Di Bogor saat ini mulai musim penghujan. Oleh karena itu, makanan berkuah dan hangat adalah salah satu alternatif menu makanan di rumah kami sekarang ini. Sup salah satu yang seringkali saya sajikan. Sup dipercayai dapat mengusir segala penyakit. Apalagi Indonesia kaya akan rempah. Sup kita benar benar menyehatkan.

Moms pernah nonton drama korea "Dae Jang Geum"? Itu lho, drama yang dirilis tahun 2005an tentang seorang gadis yang pandai memasak dan pengobatan tradisional. Dia dayang memasak yang bertugas untuk menyiapkan masakan raja. Saya tiba-tiba nonton ini karena tertarik dengan konsep dramanya, yaitu konsep kerajaan jaman Joseon gitu. Suka saya drama yang kolosal dan berbau sejarah begitu. Suka aja nontonnya, kayak beneran, padahal fiktif yaa. Pertama kali nonton drama Korea yang zaman Joseon ini waktu nonton Mr. Queen. Ini gara-gara diracumin sama kakak. Padahal awalnya saya gak gitu tertarik nonton drakor, eh dia ngasih rekomendasi, katanya, tonton deh Mr. Queen, lucu deh, ada chef yang masuk ke zaman Joseon dan jadi ratu. Hadeuh, beneran tuh kakak saya, pinter banget kalau cerita. Makanya saya jadi penasaran dan keterusan deh haha

Btw, balik lagi ke drakor Jang Geum, kalau Moms pernah nonton drama Dae Jang Geum, pasti ingat dengan pepatahnya, bahwa memasak semestinya bertujuan untuk kesehatan dan kebahagiaan orang yang menyantapnya. Hal ini, sesuai dengan perintah Allah kepada manusia dalam Al Quran surah Al Baqarah ayat 168, agar kita manusia makan makanan yang halal dan baik, halalan thoyiban. Tujuannya adalah menjaga kesehatan tubuh dan membahagiaan yang makan. 

Inilah salah satu yang saya lakukan untuk menyiapkan makanan keluarga. Terutama anak anak yang memerlukan asupan nutrisi untuk tumbuh kembangnya. Saya berusaha menyajikan makanan yang tak hanya sekadar mengenyangkan tapi juga halal dan thoyib (baik) agar makanan itu dapat diserap ke dalam tubuh dan bermanfaat untuk kebaikannya.

Nah, salah satu yang saat ini saya sajikan untuk keluarga adalah sup kental tilapia dengan sayuran aneka warna. Biasanya kan sup encer ya kuahnya, kali ini kuah supnya saya buat  kental jadinya creamy gitu. Anak anak suka, alhamdulillah. Di bawah ini saya share resep kreasi sup kental ala rumah kami. Cara membuatnya mudah dan kaya akan manfaat bagi tubuh kita di musim penghujan dan masa pandemi ini.

Nah, bahan-bahannya ini mudah banget didapatkan. Wortel, brokoli, jagung manis, jamur dan ikan Tilapia. Nah, Mengenai ikan Tilapia ini saya sudah pernah membahasnya juga lho. Alhamdulillah karena resep steak ikan tilapia tersebut saya jadi bisa belajar masak dari chef asal Malaysia, Chef Norman di acara Cooking Class Naturally Better Tilapia karena resepku masuk dalam nominasi 20 resep dengan bahan dasar ikan tilapia itu. Seneng banget, alhamdulillah.

Sup kental Tilapia

Nah, resep andalanku yang satu ini, sup kental Tilapia aneka sayuran ini juga saya ikutkan dalam kompetisi inspirasi Tilapia. Pengennya sih dapat standing stove hihihi tapi dapat vouvher belanjanya juga oke juga sih, zaman pandem gini, ikutan kompetisi gak cuma ngejar hadiah, tapi juga having fun!

Oke deh, Moms, saya share ya resepnya di bawah ini. Siapa tahu menginspirasi Moms, untuk ikutan masak juga dan mengikuti kompetisinya hihihi Saya sih masak yang mudah-mudah saja. Cempalng cemplung. Tapi anak-anak suka. Itu yang penting. Dann .. hindari terlalu banyak penggunaan gula dan garam. Secukupnya saja. Karena konon, garam dan gula, memang membuat masakan menjadi enak, tapi kalau kebanyakan bisa menyebabkan berbagai macam penyakit juga, lho. Jadi, secukupnya saja. 

Resep Sup Kental Tilapia Aneka Sayuran 

Bahan membuat sup kental tilapia dengan aneka sayuran

Bahan membuat sup kental tilapia aneka sayuran

  • 1 pack ikan Tilapia Regal Spring (200gr), potong dadu,  beri bawang putih parut dan garam sedikit, sisihkan
  • 6 buah wortel ukuran sedang, potong serong
  • 1 buah jagung manis, pipil
  • 10 buah jamur kancing, iris tipis
  • 1 kuntum brokoli
  • 1 buah bawang bombay, cincang
  • 3 buah bawang putih, cincang
  • 1 batang daun bawang
  • 1 sdt merica bubuk
  • Gula dan garam secukupnya 
  • 2 sdm mentega/margarin
  • 3 sdm tepung maizena, larutkan dengan air sedikit
  • Air secukupnya

Cara membuat sup kental Tilapia dengan sayuran aneka warna:

  1. Panaskan panci. Masukan mentega/margarin. Tumis bawang bombai dan bawang putih hingga wangi.
  2. Masukan ikan Tilapia, lalu ditumis hingga berubah warna. Angkat dan sisihkan.
  3. Masukan wortel, jagung dan jamur. Beri air. Masak hingga wortel agak lunak.
  4. Masukan brokoli dan bawang daun juga ikan Tilapia.
  5. Masukan merica bubuk dan gulgar secukupnya. Aduk rata. Masukan larutan maizena dan aduk cepat. Tes rasa dan angkat.
  6. Sajikan selagi hangat.

Resep ini untuk ukuran 8 porsi, ya Moms. 

Nah moms, demikian resep sup kental Tilapia aneka sayuran ini. Caranya mudah, kan? Sup kental (creamy) ini tak hanya akan menghangatkan tubuh tapi juga menghangatkan hati yang memakannya. Sup kental Tilapia ini eye cactching banget. Warna sayurannya juga membuat anak-anak suka karena colorful, warna-warni. Sup ini sudah lengkap sekali komposisinya, ada karbohidrat dari jagung, serat dari sayuran beraneka warna dan protein terbaik dari ikan Tilapia. Cocok sekali  dikonsumsi segala usia. 

Salam sayang,

Sri Widiyastuti

Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia sebagai diaspora.Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

25 comments

  1. Waah.. jadi mau coba resepnya, Mba Tuti nih. Cari ikan Tilapia nih ada ga sih, Mba di mini market. Soalnya saya nggak pernah liat ada. Jadi mau cobain deh ikannya kayak apa rasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikan tilapia ini nama lainnya ikan nila mbak, baca deh di salah satu postingan saya di kuliner ada bahas tentang ikan tilapia ini. Enak mbak dibuat sup, sebelumnya dimarinasi dulu sebentar biar gak kerasa anyir pakai bawang putih, merica bubuk dan garam.

      Delete
    2. oiya di mini market ada mbak, pernah lihat di Alfa mart ada. saya biasa beli kalau gak di carefour atau di Jogja supermarket.

      Delete
    3. Oalah... Kalau ikan nila, bapak saya pelihara sendiri di kolam, Mak.. Serius, baru tau kalau nama lainnya Tilapia, hihihi... Resepnya saya catat ah, nanti kalau pas pulkam mau nangkap ikan nilanya bapak, trus dimasak bareng-bareng sama kakak adik.

      Oya, Mak, saya juga sukaaa banget nonton Jang Geum. Cerdas, cantik, pinter masak. Saya nonton pas tahun 2005, tapi sempat diputar ulang tahun 2010-an kalau ngga salah, sebelum Dong Yi.

      Delete
  2. Sajian aneka sayuran yg mantap bun, bahan juga mudah kita dapat klu ditempat aku,. Sangat bermanfaat sekali info resepnya.

    ReplyDelete
  3. LIhat fotonya aja udah kebayang kekentalannya dan rasa gurihnya mam. Udah lama banget ngga makan sup ikan. Btw ternyata tilapia nama lainnya nila ya. Favorit ku banget!

    ReplyDelete
  4. Aku baru tau ada ikan namanya tilapia. Bisa dicoba nih sekalian praktikin resepnya.

    ReplyDelete
  5. Wah, belum pernah sih masak ikan di sup. Apalagi ikan tilapia. Ada nggak ya, di tempatku? Termasuk ikan yang jarang kek nya.
    Disimpan dulu deh resepnya. Atau kalau diganti ikan lain, ikan apa yang cocok mba?

    ReplyDelete
  6. Waaah, saya suka banget makan sup, sup apapun. Mau ah nyontek respnya buat di rumah, kayaknya jenis ikan ini ada di supermarket dekat rumah

    ReplyDelete
  7. Aku suka beli Tilapia ini di Prima Fresh Mart dekat rumah. Memang deh orang tua mesti bisa kreatif bikin masakan yang bervariasi biar anak2 makin lahap makannya. Ini kentalnya berarti dari maizena ya mbak Sri? Kapan2 coba ah resepnya :)

    ReplyDelete
  8. Saya tuh senengnya kalau sop memang penuh warna. Belum pernah bikin pakai ikan. Seringnya pakai ayam. Jadi penasaran rasanya ada beda atau enggak bila lauknya diganti ikan

    ReplyDelete
  9. Wah ada ikan tilapia kemasan ya ternyata Teh segar banget lihatnya, keren banget resepnya Teh Sri memenangkan lomba masak..selamat ya memang terlihat enak dan bergizi banget kandungannya...ngiler...

    ReplyDelete
  10. Ikan Tilapia ini biasanya saya beli di Prima Fresh Mart, dan biasanya diolah jadi nuget, karena anak-anak suka. Dibikin sup kental begini ternyata cocok ya. Akan saya coba di rumah, mudah2an anak suka. Kalau saya pribadi, justru lebih suka sup ikan daripada sup ayam :D

    ReplyDelete
  11. Belum pernah mencoba makan ini, melihat cara masaknya mudah, bakal diadopsi deh resepnya. Ikutan mau bikin pasti enak ya

    ReplyDelete
  12. Yummy banget ini mbak, jadi ngiler ini lihatnya dan pas banget mau makan malam dan masih ada waktu untuk masak sebentar. Kebetulan semua bahannya ada d rumah.

    ReplyDelete
  13. Wah sup ikan ini nih enak & seger banget pastinya ya, apalagi sayurnya komplit dan ada jamurnya, duuh, bikin ngiler.

    Sayangnya keluargaku kurang suka yg kuah kental begini. Paling kalau mau dibikin sup ikan, aku skip maizenanya ya

    ReplyDelete
  14. Wah, enak banget ini disantap hangat-hangat ya. Dengan atau tanpa nasi tetep enak. Kalo buat aku sendiri, bakalan ditambah rawit deh. Biar nyoos. Atau ditambah saos botolan juga enak. Dan pastinya sup tilapia ini bergizi banget ya. Lengkap nih, ada protein, karbo, vitamin, mineral. Kali-kali kayaknya kudu nyoba bikin deh. Lumayan kalo anak-anak suka. Nambah menu harian yang suka bingung.

    ReplyDelete
  15. Aku baru tahu ada ikan Tilapia... Bikinnya kayaknya juga enggak ribet, kapan2 bisa dicoba nih

    ReplyDelete
  16. Aku suka masak sup terutama kalo lagi flu atau saat musim hujan. Seger ya menikmati sup ikan, aku juga ganti-ganti masak dengan isian yang berbeda. Kalo ikan Tilapia ini kok lucu sih namanya, nanti kalo belanja bulanan nyari deh buat dibikin sup ala mba Tuti

    ReplyDelete
  17. sup jagung aku suka banget, apalagi kalo dimakan saat cuca dingin. ini mah gak perlu nasi ya...gizinya udah lengkap kok

    ReplyDelete
  18. Ikan tilapia enak juga ya dijadikan sup. Apalagi tambahan sayuran nya cukup banyak. Satu mangkok udah bergizi banget buat si kecil

    ReplyDelete
  19. Ikan tilapia ini nama lainnya apa yaa...?
    Aku pengen ikutan cobain resepnya, kak.. tapi tukang sayurku ngerti ikan tilapia gak yaa..?

    Apa aku ganti sama ikan lainnya?
    Hehhee...sup kental ini bikin hati hangat memang ya..

    ReplyDelete
  20. Supnya segar banget ya mba, apalagi kalau dimakan pas suasana dingin dan hujan gitu. Bahan-bahannya pun penuh gizi, ada unsur karbo dan proteinnya lengkap banget.

    ReplyDelete
  21. Auto kebayang nih sedepnya...dan sehatnya sup ini... Sayurnya full..Ikan tilapia ini bisa ya diganti daging ayam atau udang gitu...

    ReplyDelete
  22. Wah ini supnya enak kental banget lagi. Buat anak-anak juga cocok. Sehat dan banyak nutrisinya.

    ReplyDelete

Post a Comment