Bisbul si Buah Mentega Kaya Manfaat untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Kulit

28 comments
Bisbul si Buah Mentega Kaya Manfaat

Bisbul si Buah Mentega Kaya Manfaat untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Kulit. Hai, Moms, alhamdulillah kabar saya baik dan sehat semuanya, baik anak dan pak suami. Saya lagi seneng ini moms, karena buah bisbul saya berbuah. Lebat! Gak nyangka buah bisbul si buah mentega kaya manfaat ini beneran enak dan lembut banget daging buahnya. Pintar banget orang yang menyebut buah ini selembut mentega, karena memang kenyataannya begitu. Malah anak saya yang ke-5 yang suka durian, mendeskripsikan buah bisbul ini dalamnya lembut seperti durian dan luarnya seperti apel. Yap, bener banget ada juga yang bilang buah bisbul ini buah apel berbeludru, karena kulitnya ini seperti beludru, berbulu lembut. Kalau orang teh, buah ini beneran mewah hihihi

Saya bahagia karena setelah pohon buah bisbul diadopsi dari Kebun Raya Bogor pada bulan November 2016 lalu, dia akhirnya tahun 2021 ini berbuah juga. Cukup lama juga ya, 5 tahun bisbul baru berbuah! MasyaAllah. Saya jadi teringat waktu pertama kali berjumpa pohon bisbul kecil ini. Saya berharap bisa makan buah bisbul yang saya kira masih bersaudara sama buah kaki atau kesemak (ternyata beda varian sih, mirip tapi beda tekstur buahnya, cuma warna kulitnya saja yang mirip). Meskipun buah bisbul disebut-sebut sebagai buah asli Bogor, namun sebagai warga Bogor yang lahir dan tinggal di Bogor, benar benar belum pernah makan buah bisbul. Jadi mendapatkan bibit pohon bisbul ini berkah banget.

Saat itu saya mengikuti workshop menanam Anggrek, pada 26 November 2016 di Kebun Raya Bogor. Pada waktu itu, Kebun Raya Bogor sedang merayakan 2 Abad Kebun Raya Bogor, sehingga membuat berbagai macam kegiatan untuk merayakannya. Nah ketika kegiatan saya sudah selesai, saya jalan-jalan di sepanjang Kebun Raya Bogor. Mumpung gratis hehe sayangnya anak-anak saya enggak ada yang ikut, karena waktu itu workshop enggak boleh bawa anak. Suami gak bisa menemani mereka, jadilah saya hanya sendirian. Lalu saya mendengar bahwa pengunjung pada perayaan 2 Abad Kebun Raya Bogor boleh mengambil bibit pohon apa saja yang disedikan oleh Kebun Raya. Saya dan teman-teman baru saya sesama peserta workshop menanam anggrek pun berbondong-bondong ke tempat bibit pohon.

Pohon Bisbul dari Kebun Raya Bogor
Dulu pohon bisbul setinggi saya dan masih kurus

Di sana sudah banyak orang berkumpul. Ada juga yang sudah mengangkut bibit pohon dan membawanya dengan kendaraannya. Saya pun bergegas melihat, ada pohon apa yang kira-kira saya bisa ajak pulang. Ternyata pohon-pohon berbuah hanya tinggal pohon bisbul dan pohon Sempur. Karena saya tidak mengenal pohon sempur, jadi saya abaikan. Sementara pohon bisbul belum pernah makan buahnya hanya tahu namanya, sehingga saya bawalah bibit buah bisbul dengan harapan bisa memakan buahnya suatu hari nanti. 

pohon bisbul tinggi dan berbuah lebat
Tahun 2021 sudah setinggi rumah dan berbuah lebat

Dan alhamdulillah tahun ini, setelah penantian 5 tahun, pohon buah bisbul itu sudah setinggi rumah dan berbuah lebat. Tadinya hanya 1-2 buah, lama-lama banyak. Saya pun tidak menyangka akan selebat ini buahnya. MasyaAllah. Senang banget akhirnya bisa punya pohon buah yang enak dan lezat. Langka pula. Jadi buah bisbul ini konon buah asli tanah Pajajaran. Buah ini dikonsumsi oleh kalangan kerajaan saja, makanya para putra dan putri raja jadi sehat semua ya, dan kulitnya juga terawat, cantik alami. Pokonya ini buah sultan lah yaa, karena gak semua orang yang bisa makan buah ini. Makanya, kalau kita gak pernah makan bisbul bukan salah kita juga, karena ternyata buah ini juga memegang kasta status seseorang. Mungkin nenek moyang kita yang hanya rakyat jelata jadi gak kebagian buah bisbul dan tidak pernah merasakannya karena ini buah keluarga kerajaan. Tapi, ini mungkin perlu penggalian lebih dalam lagi ya, mengapa buah bisbul tidak banyak diketahui oleh sebagian orang di Indonesia.

Bisbul si Buah Mentega Kaya Manfaat

daging buah bisbul lembut
Dari berbagai referensi yang saya baca, dan juga dari informasi teman yang sudah memakan buah bisbul, buah mentega kaya manfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit yang mengkonsumsinya. Buah bisbul ini kaya dengan berbagai manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita. Banyak yang tidak tahu bahwa buah bisbul ini buah yang enak dan legit. Lembut pula daging buahnya. Anak saya malah mendeskripsikan buah bisbul ini daging buah bagian dalamnya mirip dengan buah durian dan bagian luarnya seperti buah apel. Makanya ada juga yang menyebut buah bisbul ini buah apel beludru karena memang kulit buahnya ini seperti dibalut oleh kain beludru. Halus dan lembut. 

Kandungan nutrisi buah bisbul apa saja?

Sebelum membicarakan manfaat buah bisbul untuk kesehatan, sebaiknya kita membicarakan dulu kandungan nutrisi buah bisbul. Hal ini agar kita jadi mengetahui, alasan mengapa buah bisbul ini bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat buah bisbul

Buah Bisbul ini tak hanya mengandung vitamin A, vitamin B, Zat besi dan tannin (senyawa tanaman) yang bagus untuk kesehatan juga, mengandung kalori, protein, lemak, karbohidrat, gula, serat, asam malat, asam sulfat, kalsium, dan vitamin C. Mantap banget ya kandungan nutrisinya buah bisbul, pantas saja bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Apa saja manfaat buah bisbul?

Nah, sekarang mari kita bahas manfaat buat bisbul ini. Setelah jadi ibu, saya selalu kepo ingin tahu apa saja sih kandungan buah dan sayuran yang akan saya konsumsi bersama keluarga? Moms tentu juga demikian yaa. Jadi ketika saya menyadari bahwa pohon bisbul saya berbuah, mulai deh saya browsing manfaat buah bisbul untuk kesehatan.

1. Menjaga kesehatan jantung

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

3. Menjaga sirkulasi darah

4. Menjaga kesehatan pencernaan

5. Meningkatkan kesehatan sistem  sirkulasi pernafasan

6. Menjaga kesehatan tulang karena mengandung kalsium

7. Menjaga kesehatan kulit karena kaya dengan zat antioksidan. Dengan makan buah bisbul kemungkinan kita akan terhindar dari anti aging atau penuaan dini. 

8. Menjaga dari resiko terkena kanker

9. Dapat menyembuhan diare

Nah, demikianlah moms, cerita saya tentang bisbul si buah mentega kaya manfaat ini. Semoga moms selalu dalam keadaan sehat, ya. Dan kalau bertemu dengan buah bisbul, jangan segan untuk membawanya pulang ke rumah karena buah bisbul kaya manfaat untuk kesehatan tubuh kita secara menyeluruh. 

Salam sehat dan bahagia selalu,

Sri Widiyastuti

Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia sebagai diaspora.Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

28 comments

  1. wah ini hebat sekali, memanam bisbul dari bibit dan mengikutinya hingga berbuah. Keren Bu. Kebanyakan orang kalau dikasih bibit, melupakannya, tapi kali ini saya membaca blog ibu yang menanam buah bisbul yang sudah agak langka dari bibit hingga berbuah. Salam sehat Bu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pak, alhamdulillah. salah satu motivasi menanam buah bisbul agar bisa makan buahnya suatu hari nanti. Alhamdulillah akhirnya memang terkabul. Gak nyangka juga bisa berbuah lebat pak karena saya kurang telaten memelihara pohon ini. Alhamdulillah. berkah.

      Delete
  2. Mba aku baru kali ini loh denger nama buah bisbul :D. Padahal Bogor ga jauh dr JKT, tapi malah ga tau. Jadi penasaran sebenernya, pengen tau selembut apa buah nya. Coba ntr kalo ke Bogor, aku cari tahu deh buah ini jual di mana :D. Gede juga pohonnya setelah besar yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang buah ini kurang familiar mbak. Dulu di belakang sekolah saya ada pohon bisbul. tapi gak banyak yang memerhatikan pohon ini. Saya juga ngehnya setelah tinggal di Jepang aja, karena ada buah kaki alias buah kesemek. Saya kira masih satu family, tapi teksturnya beda. begitu juga dengan kulitnya. Buah kesemek lebih licin dan tidak berbulu. sementara bisbul berbulu halus seperti beludru. Kalau main ke Bogor, kabari saya mbak fanny :-)

      Delete
  3. Aku baru tau nih ada buah bisbul, namanya unik sekali ya dan ternyata banyak manfaatnya juga buat kesehatan.
    Lembut dan rasanya manis yaa, wuaah buat camilan pasti enaaak, dimakan dingin, anak-anak pasti suka *lagi ngebayangin rasanya buah bisbul :D

    ReplyDelete
  4. Manfaatnya banyaaakk banget
    Duh, aku jadi mupeng cari bibitnya nih mba
    semoga ada d surabaya
    kelihatan endeuss nih

    ReplyDelete
  5. Di kebunku ada 2 pohon bisbul mam, ini tahun kedua kami memanen buah bisbul. Rasanya sih kalau dibanding apel biasa beda ya, tapi aromanya bener-bener harum. Dan aku pribadi suka karena ini buah lokal, unik, dan eksotis. Harus digalakkan untuk melestarikannya biar ngga kalah sama buah impor.

    ReplyDelete
  6. Pohonnya udah tinggi saja ya. Pakai pupuk apa itu dari kecil sampai segede ini?
    Oya, itu bisa dicangkok gak pohonnya?

    ReplyDelete
  7. Ulala..kok sekilas tadi aku bacanya bisul yach hihihi kaboooorrrr! :D Aku ga tau buah bisbul ini loh, mbaaak. Kudu nyobain nih, perlu ke Bogor kayaknya ntar kalau naik kereta udah normal lagi hahaha :D Bermanfaat banget buat kesehatan tubuh kita nih, dikonsumsi rutin oke juga. Garisbawahi: Kecantikan kulit. hihihi....

    ReplyDelete
  8. Saya penasaran karena baru tahu buah bisbul ini. Saya lihat kok mirip kesemek kalau di kampung saya di Kediri, Jawa Timur. Ternyata masih satu kerabat, hanya beda di tekstur buahnya saja.
    Alhamdulillah berbuah lebat ya Mbak, mana banyak pula manfaatnya

    ReplyDelete
  9. Baru kali ini dengar buah bisbul. Ternyata tanaman buah asli Indonesia. Coba dibudidayakan dong mbak. Di stek atau dicangkok gitu, biar aku bisa beli bibitnya. Pengen nanam juga nih.

    ReplyDelete
  10. Wah pas event di kebun raya itu kayaknya sy juga hadir sama2 dpt pohon bisbul tapi ditanam d rmh cimanggu yang kemudian dijual, entah bagaimana nasib s pohon bisbulnya . Jarang ada dipasaran buah bisbul

    ReplyDelete
  11. wah aku baru tahu tentang buah mentega alias bisbul ini mbak
    banyak ya manfaatnya bagi kesehatan
    kapan kapan pengen coba makan buah bisbul ah

    ReplyDelete
  12. Saya suka banget buah ini, baru tau klo namanya bisbul. Saya sering dapat buah ini dari teman yang punya pohonnya di belakang rumah.

    ReplyDelete
  13. Nambah satu lagi orang yang baru tahu buah bisbul, deh. Sayaa baru tau, Mbaak! Hehehe
    Sekilas memang mirip dengan kesemek tapi ternyata beda ya. Saya penasaran bagaimana rasanya, semoga suatu saat nanti bisa merasakan rasa dan manfaatnya. Apalagi kalau bisa membuat kulit cantik, kan jadi tambah ingin makan buah bisbul :))

    ReplyDelete
  14. Kalau dilihat-lihat, Bisbul ini kaya buah Persik ya, tapi aku belum pernah makan. Kayanya pernah lihat. Entah deh

    Terus kalau nanam sendiri, pasti HEPI banget akhirnya bisa makan buahnya

    ReplyDelete
  15. Saya baru tahu nih buah Mentega sebutannya buah bisbul. Apakah buahnya sama dengan yang sering saya lihat? Belum pernah makan juga sih buah ini soalnya memang agak susah ditemukan

    ReplyDelete
  16. Aku belum pernah cobain bisbul ini loh mbak, lihat bentuknya juga baru kali ini. Alhamdulillah gak sia-sia menanam ya mbak sekarang udah berbuah. Aku penasaran pingin nyobain buahnya, apalagi dikonsumsi putra putri raja ya dulunya, Mau jugalah punya kulit yang bagus & terawat.

    ReplyDelete
  17. Belum pernah lihat pohon bisbul, kak.
    Rasanya enak, bisa dinikmati sekeluarga. Apakah buahnya juga lebat, kak?

    Habis makan buah bisbul, berasa nonton drama sageuk yaah..
    Hhehee..pake hanboknya Ratu dan Raja Korea.

    ReplyDelete
  18. Aku belum pernah makam buah ini mak. Tau nya juga baru baca blog ini, hahaha. Terima kasih banyak atas ulasannya

    ReplyDelete
  19. Saya jadi penasaran ama buah bisbul ini, banyak manfaatnya ya. Baru kali ini saya baca dan lihat gambarnya ada buah bernama bisbul.

    ReplyDelete
  20. Belum pernah makan buah bisbul Mbk, kalau kayak mentega pastinya lembut ya. Alpokat mentega aja enak bangets, apalagi bisbul ya? wiih penasaran

    ReplyDelete
  21. Penasaran aku sama rasa buah ini..secara pernah lewat di kampung gitu..banyak banget pohon bisbulnya..buahnya pada berjatuhan..

    ReplyDelete
  22. Aku pun baru tau ada buah bisbul ini mbak. Sekilas mirip apel pas bagian udah dikupas sama potongnya. Pantesan langka ya karena dulunya buat kalangan kerajaan aja. Manfaatnya juga banyak banget nih buat kesehatan. Jadi kepo sama rasanya.

    ReplyDelete
  23. Jujur mbak, aku baru tahu ada buah namanya bisbul, pernah dneger buah mentega tapi baru kali ini lihat wujudnya. Mirip apel ya kalau dibelah

    ReplyDelete
  24. Aku aja baru tahu loh ada buah bisbul, jadi mencicipinya saja juga belum pernah, hehehe...

    ReplyDelete
  25. jujur ya mbak, saya baru tahu soal buah bisbul ini lho, tadi lihat sekilas saya kira semacam buah kesemek tapi kok kulitnya keras dan manfaat buahnya banyak juga ya

    ReplyDelete
  26. Baru tahu ada buah bisbul, Mbak. Sekilas memang mirip kesemek, ya. Pas saya lihat gambarnya itu juga mikirnya kesemek. Eh, ternyata bisbul yang memiliki manfaat kesehatan.

    Penting banget nih, menjaga kesehatan jantung. Jadi pengen nanam, tapi di daerahku ada yang jual gak ya buah bisbul ini. Kayak buah langka nih.

    ReplyDelete

Post a Comment