Menu Sehat dan Praktis Tanpa Minyak Goreng

Menu Sehat dan Praktis Tanpa Minyak Goreng

22 comments

 Menu sehat dan praktis tanpa minyak goreng. Saat minyak goreng langka seperti saat ini, jangan panik, Moms, karena kita masih bisa menyediakan menu sehat yang tentu saja tetap dapat membangkitkan selera makan kita.

Tak bisa dipungkiri, banyak menu masakan kita yang rasanya tidak bisa dipisahkan dari minyak, sebut saja, nasi goreng, segala macam masakan tumis, opor, rendang, sambal juga dikasih minyak (at least minyak jelantah juga sedap wkwkwk) goreng ayam, goreng bakwan, goreng ikan, pokoknya, banyak deh menu kita yang kalau enggak ditumis itu kurang sedap, betul, kan?

Menu sehat dan praktis tanpa minyak goreng
Apalagi bagi pedagang gorengan dan katering, tentu kelangkaan minyak membuat cemas juga ya.Ujian terberat itu ketika ditemukan minyak goreng tapi harganya lebih mahal dari biasanya. Di beberapa daerah malah terjadi penipuan, minyak goreng yang dioplos air. Duh, benar-benar deh. Negara jadi kacau gara-gara minyak goreng.

Kemendagri belakangan mengaku bahwa minyak goreng murah dijual ke luar negeri. Duh biung, kok lha bisa gitu, yaa. Ekonomi memang sedang merosot, tapi perhatikan juga dong keadaan dalam negeri. Kasihan emak-emak yang harus antre gara-gara minyak goreng langka. Turut prihatin dengan kondisi semacam ini. Tentu ini akan mengganggu stabilitas dompet dan perasaan kita sebagai ibu-ibu.

Di tengah drama minyak goreng, saya sendiri bukan pengguna minyak goreng berlebihan. Namun demikian, saya turut prihatin dengan langkanya minyak goreng murah yang tiba-tiba hilang dari pasaran. Jadi, saya kepikiran untuk membuat postingan menu sehat dan praktis tanpa minyak goreng.

Menu Sehat dan Praktis tanpa Minyak Goreng 

Beberapa menu masakan yang saya sajikan untuk keluarga ada beberapa yang non minyak goreng. Bahannya saya kukus, rebus dan panggang. Semoga menu masakan ini bisa menjadi alternatif ibu dalam menyajikan menu masakan sehat untuk keluarga.

1. Gado-gado 

Nah, ini menu sehat dan praktis yang sangat saya suka. Karena preparationnya cepat banget, waktu mengerjakannya juga bisa disambi juga. Saya bisa mengerjakan sesuatu juga selain memasak, bisa sambil mencuci piring atau mencuci baju, menjemur. Yah, asal bisa mengira-ngira ya terutama saat memanggang kacang, jangan sampai gosong hiihhi nanti sambal kacangnya jadi pahit.

Gado-gado
Gado-gado ala rumahan disukai keluarga
Saya pernah membuat gado-gado selai skippy dan bumbu pecel yang sudah jadi. Tapi kalau mau berkreasi dan membuat bumbu pecel sendiri, kita bisa, kok. Dan rasanya pun menurut saya sih, lumayan enak hehe karena pedasnya bisa kita kira-kira sendiri sesuai selera keluarga. 

Resep Gado-gado ala Rumah

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat gado-gado ala rumahan.

Wortel, tauge, labu siam bersihkan dan kukus sampai matang. Telur direbus, angkat dan kupas kulitnya.

Kacang tanah panggang, 1 buah cabe merah (saya tidak ada cabe rawit), 1 batok gula merah, 5 buah bawang putih, 5 lembar daun jeruk buang batangnya, kencur, garam secukupnya, air asam jawa opsional.

Cara membuatnya: 

Kacang yang sudah dipanggang diblender. Sisihkan.

Cabe merah, bawang putih, kencur dan daun jeruk diblender. Masukan ke dalam wadah yang berisi kacang tanah yang sudah diblender. Tambahkan garam, gula merah dan air panas secukupnya. Kalau saya agar lebih mantap, saus kacang itu dipanaskan di atas kompor setelah meletup letup dan kekentalan cukup, angkat. 

Sajikan selagi hangat. Bisa dimakan begitu saja, bisa juga dimakan bersama nasi hangat.

2. Tahu Kukus

Saya pernah membuat tahu yang dipanggang atau nama lainnya tofu guratan . Kalau menu tahu yang satu ini sebenarnya lebih dekat ke tahu pepes, tapi sayangnya saya enggak punya daun untuk membungkusnya. Akhirnya karena sudah ada bahan-bahannya, saya kukus saja menggunakan piring tahan panas. Alhamdulillah jadi juga.

Resep Tahu Kukus ini mirip dengan resep tahu guratan. Hanya saja cara memasaknya dengan cara dikukus dan ditambah daun kemangi untuk mendapatkan tahu kukus yang wangi dan menyelerakan rasa. 

3. Sup Sayuran 3 Warna

Nah, sup ini sayur yang paling disukai oleh anak-anak. Saya paling suka memasak sup karena selain praktis juga cara membuatnya mudah. Apalagi ini salah satu favorit anak-anak. Jadi semangat membuatnya.

Sup sayuran 3 warna
Sup sayuran 3 warna, sehat dan praktis untuk keluarga
Selain sup sayuran, saya juga pernah memuat sup singkong. Ini enak banget dan menjadi sup favorit saya karena dulu yang sering membuatkan sup ini mama saya. Setiap kali memakan sup singkong, kadang tak terasa air mata meleleh sendiri saking kangennya sama mama saya. 

Sup juga dipercaya dapat meredakan demam dan flu karena kandungan gizi dan rempah-rempah dalam sup membuat badan menjadi hangat dan meredakan sakit flu.

Bahan membuat Sup Sayuran 3 Warna.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sup sayuran 3 warna adalah: wortel, kentang, buncis, jagung manis, daun bawang dan seledri.

Bumbunya: merica, gula, garam, kaldu ayam. Nah, kaldu ayam ini saya memang sengaja menyetok agar ketika akan membuat sup saya tinggal mencairkannya saja bersama air menjadi kuah sup. 

Kaldu ayam ini saya buat dari  tulang-tulang 2 ekor ayam, lalu dimasak dengan dengan api kecil sampai kaldunya keluar semua. Lalu saya masukan dalam plastik. Jadi 6 setok kaldu ayam siap dijadikan sup. Lalu saya simpan di dalam freezer. 

Ayam filletnya saya jadikan ayam masak merah atau ayam masak tomat. Enak banget. 

Cara membuat Sup Sayuran 3 Warna

Okey, mari sekarang kita eksekusi sup sayuran. Cara membuatnya sangatlah mudah. Pertama-pertama, cairkan kaldu ayam bersama dengan air. Lalu masukan wortel, jagung dan kentang. Masak hingga sayuran matang. Masukan merica, gula, garam dan kaldu instan. 

Terakhir masukan buncis, daun bawang dan daun seledri. Tes rasa. jika dirasa sudah oke, angkat. Sajikan selagi hangat.

Nah, itu 3 macam resep dulu ya saya share, sebenarnya untuk tumis-tumis kita bisa mengganti minyak dengan mentega, itu juga kalau ada setok mentega atau margarin yaa. Tapi kalau tidak ada juga, bisa membuat minyak kelapa sendiri mungkin, yaa.

Saya pernah melihat cara membuat minyak kelapa. Ada dua cara, satu dimasak di api kecil, ada juga yang dibiarkan aja seperti dipermentasi begitu. 

Saya belum pernah mencobanya tapi terkadang memang kita butuh kreativitas agar bisa memecahkan masalah yang mungkin terjadi di dunia ini. Jangan pernah patah semangat, insyaAllah sebagai ibu tentu kita punya banyak kreativitas untuk terus bisa memberikan yang terbaik untuk keluarga tercinta.

Demikian sharing menu sehat dan praktis tanpa minyak goreng. Semoga bermanfaat ya Moms. Tentu Moms di rumah juga punya dong menu sehat dan praktis yang sering dimasak tanpa bergantung pada minyak goreng. Yuk, sharing!

Salam manis dan bahagia selalu,

Sri Widiyastuti

Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia. Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

22 comments

  1. Iya niiih, kepala pening gara2 minyak haha
    Kebeneran nih aku lagi nyari2 alternatif masakan yang tanpa minyak soalnya suami lagi gak boleh yang goreng2 dulu. Asyik juga bikin tahu kukus yah, selama ini aku cuma kepikiran pepes tahu aja sih. Nanti bisa dicobain deh

    ReplyDelete
  2. Btw mom penasaran nih rasanya gado-gado dengan kacang yang di panggang rasanya samakah dengan yang di goreng? Di rumah aku sudah mulai juga memasak tanpa minyak. Tapi ABG ku kurang begitu semangat ya.Mungkin kurang cruncy ya

    ReplyDelete
  3. minyak memang sejarang itu ya mba, bikin buibu pusing deh buat masak kalo gak ada minyak, beli air fryer harganya lumayan heheh jadi mesti punya akal gimana bisa masak tanpa minyak

    ReplyDelete
  4. Gado-gado adalah salah satu menu makanan favoritku mba. Ngga ada guilty feeling saat makan gado-gado. Yang penting ngga ditemani kerupuk aja sih, hahaha....

    ReplyDelete
  5. Wah iya, bisa dicoba beragam resep tanpa minyak seperti ini
    Pasti sehat buat badan
    Apalagi sekarang lagi susah cari minyak goreng ya mbak

    ReplyDelete
  6. Duh aku tadi salah fokus, kirain sup sayuran tiga warna ini kuahnya ada 3 warna gitu, ternyata warna sayurannya yang ada tiga.

    Iya ya, kelangkaan minyak goreng ini akhirnya memaksa buat masak tanpa minyak goreng

    ReplyDelete
  7. Benar Mbak..ga semua harus digoreng bisa. Mungkin yang berasa banget minyak goreng langka yang jualan makanan yang harus digoreng ya..
    Seperti menu gado-gado, tahu kukus dan sup ini, sehat dan tetap lezat

    ReplyDelete
  8. Sat minyak langka dan mahal, keluarga saya di kampung gak begitu terpengaruh Mbak, soalnya dari dulu kami masak ada hawu (perapian) jadi masak juga banyak dibubuy atau dibeuleum (bakar) apalagi ada rice cooker, masak ikan atau ayam juga cukup disteam bareng saat masak nasi. Selain lebih praktis, juga ya gak perlu minyak hehee...

    ReplyDelete
  9. Aku tertarik buat sup sayuran karena kan hujan-hujan nih. Jadi anget di badan. Terus soal minyak goreng, masuk tipe santai. Suka gorengan, tapi bisa nahan diri juga kalau gak ada

    ReplyDelete
  10. Aduh cocok banget nih nemu menu sehat praktis tanpa minyak goreng. Secara minyak goreng sedang seneng ngajakin main petak umpet ya buund. Langsung deh dicobain buat menu anak-anak. Jadi no worries lagi meski nggak ada minyak goreng di dapur.

    ReplyDelete
  11. Andalanku sup sayuran dengan tulang sapi atau tulang ayam. Bahkan sampai nyetok bumbu sup di kulkas. Lumayan membantu banget sih kalo punya resep tanpa minyak goreng ini

    ReplyDelete
  12. Yang begini nih yang harus mulai aku bikin di rumah. Biar bisa ninimal dalam pake minyak goreng. Selain lagi susah, lebih hemat, dan lebih sehat juga ya. Anak-anak masih kudu dibiasain nih.

    ReplyDelete
  13. Ada hikmahnya juga sih ya. Kita jadi bisa ngurangin makanan yang digoreng. Kalau ibuku tuh suka numis pakai lemak ayam gitu. Oh iya usul...pepes juga ga pake minyak tuh, mbak. Dan enak juga..

    ReplyDelete
  14. Terima kaiah resepnya mak, aku pun juga sejak lama mengurangi minyak atau pakai minyak alami yang ada saat masak ayam atau daging apalagi sekarang yah, minyak langka

    ReplyDelete
  15. Karena minyak goreng langka, marilah kita coba masakan tanpa minyak ini

    ReplyDelete
  16. Mbaaakuuh kereeen banget di saat kondisi minyak goreng langka langsung update menu tanpa di goreng.

    Memang menyehatkan ya tapi kita dmtuh di biasakan masak lauk di goreng jadi hambar aja kl nemu menu kukus

    ReplyDelete
  17. minyak maaaahaaal sedihhh. apa in harus beli airfryer *eh
    cuma aku pun di sini seringnya rebus rebus mbak. soale paling gampang dan dapat banyak. kalau dipikir2 dah lama aku ga pake minyak goreng seringnya mantega dikit pun itu

    ReplyDelete
  18. Sudah lama juga tidak memasak pakai minyak goreng karena lebih nyaman dengan margarin. Lebih wangi...
    Namun untuk yang digoreng tetapi butuh minyak biasanya beli saja

    ReplyDelete
  19. Setuju banget, makananya sehari-hari kita banyak pilihan tanpa menggunakan minyak cuma kadang kitanya gak engeh,,, tapi aneh juga sih di negara yang punya berhektar hektar perkebunan kelapa sawit tapi kekurangan minyak sawit hadeeeeeh gitu mau pakai B30 sebagai bahan bakar duh

    ReplyDelete
  20. Duh mbaa... suamiku penggemar mendoan tuh gimana yaaa... khusus utk beliau aku ga bisa puasa minyak hehehe... kalau aku sih masih aman, masih bisa kok makan sayur dan kukusan gitu.

    ReplyDelete
  21. Tulisan ini cocok banget sama kondisi saat ini, dimana-mana minyak langka. Sampe-sampe banyak ibu-ibu yang ngerasa gak bisa masak apa2 tanpa minyak goreng . Izin share ya mbak

    ReplyDelete
  22. sebenarnya banyaaak resep masakan tanpa minyak goreng yang banyak, paling buat menumis saja. Walau yang namanya lele goreng kriuk itu menggoda banget, hehehe.

    ReplyDelete

Post a Comment

iframe komentar