Tips Sehat Berpuasa Ramadhan Bagi Ibu Hamil

Bulan Ramadhan adalah bulan yang special bagi ummat Islam. Bulan di mana pintu surga dibuka dan pintu neraka ditutup rapat-rapat. Bulan yang penuh dengan ampunan dan rahmat dari Allah SWT.

Semua berlomba-lomba dalam menjalankan kewajiban berpuasa ini. Karena ingin memberikan amal yang terbaik bagi Allah SWT. Karena puasa Ramadhan, adalah puasa untuk Allah. 
Seperti sabda Rasulullah SAW yang disampaikan oleh Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu: Saya mendengar Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Allah Yang Maha Mulia dan Maha Besar berfirman : “Setiap amal anak Adam baginya selain puasa, puasa itu bagiKu dan Aku membalasnya”.
Setelah membaca hadits di atas tentu semua ingin berlomba lomba dalam menjalankan kewajiban berpuasa Ramadhan kan? 
Inilah yang menjadi motivasi seluruh ummat Islam di dunia ini menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Puasa Ramadhan adalah puasa untuk Allah. Dan balasan yang akan diberikan pun amatlah besar. Yaitu, diampuninya dosa saat ini dan yang telah lalu.
Tak terkecuali, tentu ibu hamil pun ingin berlomba-lomba dalam memenuhi kewajibannya berpuasa di bulan suci Ramadhan, kan. 
Tapi, apakah mungkin? Dalam keadaan hamil kuat menunaikan kewajiban berpuasa Ramadhan?
Alhamdulillah, pengalaman saya tahun lalu saya bisa berpuasa Ramadhan sebulan full dalam keadaan hamil muda. Waktu awal puasa, saya memang tidak tahu saya sedang hamil (lagi). Lha usia sudah kepala 4, sudah merasa tidak subur lagi. Saat itu saya merasa engga enak badan. Mual terus terusan. Bukan hanya morning tapi siang dan malam terus saja saya merasa mual. Saya fikir mungkin saya magh atau asam lambung naik sebab puasa. Tapi kepala kleyengan dll dll deh.
Saya coba istirahat dan memperbanyak istighfar. Kan sakitnya kita bisa menggugurkan dosa jika bersabar. Mungkin juga efek mau haidh. Eh ditunggu, kok engga haidh juga ... Jangan-jangan. Meski takut kuciwa, saya akhirnya tes urine. Eh lhah ... Alhamdulillah hamil lagi. Berkah di bulan Ramadhan ❤

Ya Allah, rejeki tak disangka. Pengen hamil, ga hamil hamil. Dah pasrah, alhamdulillah Allah kasih amanah lagi bayi yang keenam. Dan alhamdulillah Baby Sakina (sekarang sudah 3 bulan usianya) dibawa puasa lahir dengan sehat. InsyaAllah kalau yakin pasti bisa melewati puasa Ramadhan. Lihat kondisi ya Mommies. Kalau merasa kuat puasa, kalau tidak juga Allah memberikan ruksyah atau keringanan untuk bumil dan busui.
Nah, kembali lagi ke masalah boleh tidaknya bumil dan busui berpuasa, menurut dr. Siti Esah Bahari, tidak perlu risau. Selama ibu dan janin yang dikandungan sehat, bumil boleh berpuasa. Menurutnya, untuk mengetahui kesehatan diri dan janin sehat atau tidak, disarankan ibu hamil memeriksakan diri ke dokter. Agar yakin, bahwa tidak ada masalah kesehatan yang dapat mengganggu kesehatan pribadi dan tentu saja janin yang sedang dikandung.
Jika bumil  mengalami morning sickness atau muntah yang berlebihan, disarankan tidak berpuasa.  Apalagi jika diketahui mengalami pendarahan ketika berpuasa, bayi dalam kandungan tidak bergerak, penglihatan kabur, kekurangan zat gula (hyperglacemia), ibu hamil harus segera berbuka puasa. InsyaAllah puasanya bisa diganti nanti setelah melahirkan atau saat kondisi kesehatan telah stabil.
Untuk menjaga kesehatan ibu dan janin selama menjalankan ibadah puasa, harus lebih ketat lagi menjadi makanan yang dikonsumsi. Agar tubuh ibu bugar dan janin sehat. Ibu hamil selama berpuasa juga jangan terlalu banyak aktifitas apalagi melakukan pekerjaan berat. Istirahatlah yang cukup agar tubuh rileks.
Berikut ini saran makanan yang akan memberikan tenaga bagi ibu hamil selama berpuasa.
1.Makanlah sebanyak tiga kali selama bulan puasa, saat sahur, berbuka dan waktu di antara berbuka dan sahur.
2.Makan makanan yang mengandung serat tinggi seperti beras merah, roti whole grain, buah-buahan seperti kurma dan pisang.
3.Hindari minum teh ketika sahur, karena akan membuat tubuh kekurangan cairan (dehidrasi).
4.Ketika berbuka, makan tiga buah kurma atau minum jus kurma. Kurma mengandung gula alami. Ini akan membuat kadar gula di dalam darah menjadi normal.
5.Setelah itu bumil minum susu atau yogurt rendah lemak dan makan sup.
6. Jika dilanjutkan makan, makanlah makanan dengan gizi seimbang. Misalnya menu yang terdiri dari daging ayam, nasi dan sayuran.
7.Hindari makanan yang berlemak tinggi agar tidak terjadi penambahan berat badan yang berlebihan.
8.Hindari penambahan garam dan gula yang berlebihan.
9.Minumlah banyak air putih dan hindari minum kopi, teh, minuman isotonic dan air soda.
10. Minum suplemen jika diperlukan. 
Nah bumil, demikianlah sekelumit saran sehat dari seorang dokter yang artikelnya saya baca di sebuah majalah parenting Malaysia. Luruskan niat, hanya untuk mencari ridlo Allah, dan berdoalah semoga Allah menjaga dan melindungi ibu dan janin yang sedang dikandung agar sehat selalu dan bisa beribadah puasa dengan baik. Semoga anak yang sedang dikandung menjadi seorang mujahidah sholihat yang taat kepada Allah SWT. Happy fasting!

Artikel ini pernah dimuat di http://www.ummi-online.com/inilah-beberapa-makanan-untuk-memperlancar-puasa-ibu-hamil.html ditulis ulang dengan penambahan. 

Hamil Sehat di Usia Pertengahan

Hamil dan melahirkan di usia pertengahan, sudah barang tentu sama bahagianya dengan hamil dan melahirkan di usia muda. Ya kan? Siapa yang tak berbahagia karena akan hadir seorang bayi mungil lucu di tengah keluarga.

Saya saat hamil 5 bulan dan setelah dede S6 lahir

Hanya saja, tentu ada kekuatiran di dalam hati mengetahui hamil lagi di usia 40 tahun. Usia yang memiliki resiko tinggi. 

Demikian juga dengan saya. Ketika saya mengetahui hamil lagi, seneng juga takut! Seneng, Alhamdulillah Allah masih memberikan kepercayaan kepada saya hamil di usia 43 tahun. Deg degan mengetahui fakta, ibu meninggal di Indonesia masih tergolong tinggi. Jadilah, Perasaan nano nano banget deh.

Yah ga nyangka banget emak emak tuwir eh hamil lagi. Jadi ceritany suami saya yang memang kekeuh pengen punya anak banyak. Anak saya udah banyak sih. Ada 5 orang anak yang lucu dan menggemaskan melengkapi keluarga kecil saya. Perempuan 4 dan lelaki 1 orang. Nah suamiku kekeuh pengen punya anak laki laki satu lagi aja.
"Buat temen si Abang" begitu katanya.

Demi menyenangkan hatinya, saya sih sebagai istri manut aja. Lagi pula memang saya ga pake KB apa apa. Cuma disiplin aja suami yang pakai "sarung". Setelah anak kelima selesai masa penyapihan saya dan suami benar benar terjun bebas. Demi promil anak ke enam hehhe

Ditunggu hingga si bungsu berusia 5 tahun, ga juga hamil. Saya sudah menyerah. Pasrah. Apalagi pas tahun 2016 kami harus kembali ke Indonesia setelah masa kerja suami di Malaysia selesai. Saya sudah tidak memikirkan promil lagi. Sudah sibuk dengan packing pindahan dari Malaysia ke Indonesia. Capek banget! Kebayang kan. Dari dua koper jadi 10 koper hahaha belum buangin barang yang ga ada yang mau. Jualin barang, kayak kulkas, meja makan, tempat tidur dll barang barang yang ga mungkin dibawa ke Indonesia. Dan akhirnya tanggal 2 Mei 2016 saya dan keluarga pulang ke Indonesia. Senang dan sedih campur jadi satu. Ya gitu deh. Pasti kan ada perjumpaan pasti ada perpisahan. Heuheu 

Pulang ke Bogor, mulai kerasa capeknya. Puncaknya saat puasa bulan Ramadhan tahun lalu. Kok saya mual dan cepat capek. Padahal biasanya enggak. Saya curiga magh. Tapi saya kan ga punya penyakit magh. Saya mencoba bersabar. Semoga mualnya hanya adaptasi puasa di Bogor saja hehehe lebay banget mak ...

Ditunggu .. Lho kok tidak sembuh juga. Masih mual dan puyeng. Lho kok haidh ga kunjunh datang. Akhirnya saya coba cek urin sendiri. Penasaran juga sih. Ini kenapa? Eh ternyata garis dua. Oalahh ... Ga ditunggu malah hamil. Inilah mungkin yang namanya pasrah. Berserah diri atas segala kehendak Allah. Siapa yang paling bahagia mendengar kabar kehamilan saya? Suami hehhe anak anak yang nomor 3 sampai yang bungsu sih welcome banget. Yang nomor 1 dan 2, komentarnya. NO! 

Alhamdulillah ala kulli hal. Saya menikmati proses hamil di usia pertengahan ini. Iya usia pertengahan. Kan maksimal usia orang indonesia sekarang katanya 80 tahun ya. Nah usia pertengahannya tentu usia 40 tahun. Eh sstt ... Kalau pernah kaka saya bilang, dia udah dimasukin dalam daftar lansia sebab berusia 45 tahun. Lha saya berarti masuk lansia dong ya xixixi

Alhamdulillah juga dalam keadaan hamil suami masih memperbolehkan saya beraktifitas. Yang paling berkesan itu boleh hadir dalam acaranya kemenag. Acara workshop jurnalistik dan potografi. Terus juga acara yang diadakan di jakarta. Acara mamypoko dan gathering penulis BIP. Alhamdulillah. Allah mudahkan kehamilan dan persalinanku saat itu. 
Aktifitasku selama hamil

Doyan Belanja? Cek Harga Dulu, Yuk!

Setiap keluarga tentu mempunyai waktu-waktu khusus berbelanja kebutuhan keluarga. Baik itu dilakukan mingguan maupun bulanan. Dulu saya kerap berbelanja kebutuhan bulanan bersama keluarga. Iya  …  setiap suami habis gajian udah jadi waktu khusus kita belanja belanji hehhe. Berombongan dengan anak-anak. Secara anak saya ada lima orang. Rame banget. Memang moment belanja ini jadi ajang refresing juga bareng anak-anak. Abis belanja kita makan di food corner di dalam mall. Terkadang anak-anak juga sambil main di arena bermainnya.Seneng banget deh pokoknya mah. Tapi …  Itu waktu kita tinggal di Malaysia.

Sampai kemudian, bulan Mei 2016, tugas suami bekerja di Malaysia selesai. Kami pun kembali ke Indonesia, back for good ceunah. Kebiasaan baik kami (ceila kebiasaan baik) berbelanja bulanan pun jarang kami lakukan. Selain ribeut kalau bawa mobil berombongan sama anak-anak. Di sini belanjanya cuma sejam, perjalanan bisa dua jaman .. macet di mana-mana, hadeuh .. ga kuat deh. Jadi lebih simple dengan belanja berdua saja dengan pak suami. Belanja juga yang bisa diangkut dengan motor.

Dan akhir-akhir ini, setelah bayi keenam saya lahir, saya tambah malas belanja kebutuhan keluarga di pasar atau sekadar ke supermarket. Selain karena Bogor hujan terus sepanjang hari, saya engga tega membawa bayi kecil ke tempat-tempat umum. Jadilah saya belanja kebutuhan dapur ya menunggu si mamang sayur lewat. Atau terkadang suami saya dengan semangatnya ke pasar membeli sayuran dan lauk pauknya. Emang suami siaga doi, soalnya selain dia belanja, sekalian dia yang masak juga hehhe 

Sekarang saya lebih nyaman belanja kebutuhan keluarga lewat online, karena bisa dilakukan sambal leyeh leyeh. Apalagi sekarang ada adik bayi, saat memerlukan keperluan adik bayi tinggal melototin hape, belanja di olshop. Dan yang membuat sukaa belanja online, beberapa olshop punya opsi bayar di tempat, tambah kalaf dan tambah semangat belanjanya deh emak-emak heuheu Cuman capek dibandingin harga aja, sebab harus klik sana klik sini. Yah, namanya emak-emak belanja apalagi sih yang paling disukai? Barang bagus, harga murah. Dompet jadi enggak sering menjerit hehhe

Nah, baru-baru ini saya dikasih tau kawan baik saya. Ada aplikasi mudah  untuk membandingkan harga barang di kedai-kedai online. Jadi enggak usah ribeut lagi klik sana dan klik sini. Simpel banget deh. Jadi engga buang-buang waktu dan buang kuota data tentunya karena bisa dilakukan di satu tempat aja. Nama aplikasinya Priceza Indonesia.  



Aplikasi Priceza kini lebih baik! Priceza bisa dibuka lewat website atau lewat aplikasi di smartphone. Kebetulan smartphone saya memorinya sudah penuh, jadi saya buka priceza di laptop. Tinggal cari saja Priceza Indonesia lewat google search engine, ketemu deh webnya. Klik Priceza Indonesia, saya pun  langsung bisa mencari barang-barang yang saya butuhkan dari semua toko online. Nah, emak menjelajahi deh, semua kebutuhan kita ada di situ. Dari mulai barang rumah tangga, barang dapur, pakaian, peralatan kantor, sepatu, tas dll  Disitu kita bisa langsung lihat berapa harga kebutuhan kita yang paling pas dengan dompet. Asyik kannn…

Ini dia beberapa toko online yang bisa kamu jelajahi di Priceza Indonesia.



Kalau kita mau lebih mobile lagi, pas di jalan pengen belanja apa gitu, Priceza Indonesia bisa di Donlot  Aplikasi lewat App Store atau Donlot AplikasiVia Google Play.

Apa sih keuntungannya kita memakai aplikasi ini? Ini dia 5 keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan aplikasi Priceza Indonesia.


Jadi, tunggu apalagi? Download aplikasinya sekarang! 

Girls, Cinta Kamu Setega inikah?




Hai girls, selamat menikmati hari-hari puber kamu, ya! Remaja seperti kamu tentu sekarang sedang bertanya-tanya, siapakah saya? Secantik apakah saya?  Oh my God! Jerawat kok tumbuh di saat yang enggak tepat? Kenapa bau badan ini datang tiba-tiba? Adakah yang suka sama saya?

Mungkin contoh-contoh kecil itu bisa mewakili kegalauan kamu saat ini. Jangan risau, sebab itu adalah kejadian alamiah yang mesti dihadapi oleh seorang remaja sepertimu.

Saat ini mungkin kamu sedang asyik dengan khayalan kamu tentang lawan jenis. Kamu juga mulai suka sama seseorang. Biasanya nih yang namanya suka akan berujung pada cinta. Apalagi tontonan kamu drama Korea yang romantis itu. Duh ... pasti kamu ingin meniru pasangan romantis itu kan?

Girls! Kamu enggak perlu kuatir kamu bakalan tidak ada yang suka. Kamu hanya perlu percaya diri bahwa kamu sekarang sedang beranjak menjadi wanita dewasa yang bertanggungjawab.

Bayangkan kalau kamu akhirnya terjebak dalam mimpi-mimpi sesat sesaat. Dan kamu terjebak dalam pergaulan bebas. Pergaulan bebas gitu lho. Pacaran backstreet. Iya, backstreet, pura-pura gak punya pacar di rumah tapi di luar? ihhh ...

Tadinya hanya pegang-pegangan tangan, jalan berduaan, akhirnya ... kebobolan. Kamu hamil di luar nikah!

Girls, kalau sudah hamil di luar nikah, tentu kamu kalut. Tidak bisa berfikir jernih. Takut. Ingin bunuh diri dan mungkin yang paling parah adalah melakukan aborsi! Iya Aborsi! Aborsi artinya membunuh bayi yang tidak bersalah gara-gara kesalahanmu.

Kamu tega, girls?

Kalau kamu mau tahu, bayi-bayi yang diaborsi itu seperti apa. Ini saya perlihatkan kepadamu agar kamu menjauh dari praktik-praktik yang dilarang Tuhan.

1. Aborsi bayi di bawah usia 1 bulan

Girls, tahukah kamu? Aborsi pada janin usia di bawah satu bulan itu dilakukan dengan alat penghisap (suction). Namanya dihisap pakai alat gimana sih? Tentu kita enggak tahu kan janin itu posisinya sedang bagaimana, kena hisap yah jadinya hancur bercampur dengan darah. Kamu tega melakukan ini demi kesenangan sesaat? Demi cinta? Naudzubillah!

 
credit google

2. Aborsi bayi usia 1 - 3 bulan

Pada rentang usia ini tubuh bayi sudah terbentuk. Cara aborsinya dengan cara ditusuk dan tubuhnya dipotong-potong menggunakan tang khusus untuk aborsi. Membayangkannya saja sudah merinding. Kamu tega melakukan ini demi kesenangan sesaat? Demi cinta? Cinta apa?

3. Aborsi pada bayi usia 3 - 6 bulan

Pada rentang usia ini tubuh bayi semakin sempurna. Cara aborsinya dengan cara menyuntikkan cairan saline yang langsung dimasukan dalam ketuban bayi. Cairan keras ini akan membakar bayi di dalam rahimmu. Dan perlahan-lahan ia akan mati dalam keadaan tubuh terbakar.
Kamu tega melakukan ini demi kesenangan sesaat? Demi cinta? Cinta jenis apa?

 
credit google

4. Aborsi pada bayi usia 6 - 9 bulan

Pada rentang usia ini aborsi dilakukan dengan cara dilahirkan dengan paksa, kemudian dibunuh dengan cara dibuang ke sungai, ke septic tank, dibuang ke tempat sampah atau ditinggalkan begitu saja di jalanan.
Kamu tega melakukan semua ini demi kesenangan sesaat? Demi cinta? Cinta yang bagaimana?

Girls, ingatlah Tuhan-Mu. Ingat kamu adalah anak yang menjadi amanah Tuhan yang Tuhan  titipkan lewat ibu dan ayahmu. Ketika kamu mengandung anakmu, maka kamu sedang mengandung amanat Tuhan. Jadi, bersabarlah mengemban tugas dari Tuhan menjadi seorang ibu. Jangan kamu lakukan perbuatan biadab kepada makhluk kecil bernama bayi mungil akibat keinginanmu melakukan kesenangan sesaat.

Jagalah dirimu, Girls! Jangan sampai terjebak pergaulan bebas. Kamu bisa melakukan banyak aktifitas positif diusia remajamu. Pergunakan waktumu untuk aktifitas yang bermanfaat.
Kamu siap, Girls?

Stop pergaulan bebas!


Di Neraka Bisa Bawa Kipas, Mi?



Akhir-akhir ini, kota kelahiran saya semakin hari semakin panas saja. Padahal dulu, kota kecil yang terkenal dengan Kota Hujan ini adalah kota yang indah, sejuk dan nyaman. Memang sih sekarang juga airnya sih masih dingin, tapi hawa udara panas banget deh! Ini mungkin efek dari pemanasan global dan makin banyaknya kendaraan bermotor yang memadati Bogor.

Nah, tadi siang, saya dan putri keempat saya ngadem di depan pintu. Pintu rumah saya buka lebar-lebar. Angin masuk ke dalam rumah membuat udara di dalam rumah lumayan sejuk. Tapi.. ya gitu deh. Kadang ada anginnya kadang garing aja. Akhirnya kita mencari kardus bekas dan menjadikannya sebagai kipas. Hahaha saking enggak ada kipas angin di rumah. Hanya ada kipas di atas jendela untuk membuang hawa busuk dari dalam rumah.

"Uhh ... sejuknya!" kata S4 sambil terus mengipasi badannya. Saya pun melakukan hal yang sama dengannya.
"Iya, dingin ya. Lumayanlah ga ada kipas angin, kardus bekas pun jadilah!" kami terkekeh berdua.

Tiba-tiba dia bertanya sesuatu yang membuat saya agak termenung juga.

"Mi, apa di neraka boleh bawa kipas?" tanyanya dengan wajah serius.
Saya terdiam sejenak. S4 memang banyak banget pertanyaannya seputar surga dan neraka. Jadi harus bisa memilih jawaban yang tepat untuknya agar dia mengerti.

"Enggaklah. Kita mati tidak membawa apa-apa. Hanya selembar kain kafan. Itu pun nanti kan jadi tanah."
"Oh ... ga bisa ya? kasian ya yang masuk neraka. Dia enggak bisa kipas-kipas. Kan panas."
"Makanya, jangan sampai kita masuk neraka. Naudzubillah!"

Kemudian dia pun mengalihkan pertanyaannya. "Mi, di surga kita nanti digigit semut atau nyamuk ga?" 

Heuheu ... itulah S4. Semua ditanyakan sampai emaknya rempong. Tapi dengan pertanyaan-pertanyaannya saya menjadi semakin diingatkan untuk selalu menjaga anak-anak, suami dan keluarga dari api neraka. Harapan kami bersama adalah bisa masuk surga bersama-sama. InsyaAllah. Bi idznillah. Aamiin ya Rabbal alamin ...





(Resensi Buku) Seberapa Berani Anda Membela Islam?


Identitas Buku:
Judul Buku      : Seberapa Berani Anda Membela Islam?
Penulis             : Na’im Yusuf
Cetakan           : Cetakan pertama, Mei 2016
Tebal               : 274 Halaman
ISBN               : 978-979-25-2643-1

Menitik air mata saya ketika membaca berita, ribuan kaum muslimin warga Ciamis berjalan kaki dalam rangka mengikuti aksi damai Bela Islam yang akan digelar pada tanggal 2 Desember 2016 mendatang di Monas, Jakarta. Mereka berjalan kaki  menempuh jarak kurang lebih  270 KM - 300 KM Ciamis-Jakarta untuk membela Islam yang dinistakan.

Membayangkan perjalanannya saja, saya sudah sesak. Terharu dan geram bercampur satu. Terharu dengan ghirah mereka dalam membela Islam. Meski harus berjalan kaki beratus kilometer karena bis dan angkutan umum dilarang mengangkut mereka, mereka tidak menyerah. Sekaligus juga geram dengan respon pemerintah yang lambat dalam menangani kasus penistaan agama yang dilakukan oleh seorang pejabat negara. Dan herannya dikalangan ummat Islam juga ada yang dengan tanpa malu membela sang penista agama.

Fenomena ini sebenarnya  sudah diisyaratkan oleh Rasulullah SAW lewat lisannya yang mulia, empat belas abad yang lalu bahwa  sebagaimana Islam awalnya datang dalam keadaan asing di kalangan kaum musyrikin, maka Islam pun akan kembali asing, bahkan dikalangan umat Islam itu sendiri.

Inilah mungkin yang mendasari kesabaran dan keteguhan jiwa kaum muslimin warga Ciamis. Mereka memiliki sikap berani yang dituturkan secara indah oleh DR. Syaikh Yusuf Al Qordhowi dalam buku “Seberapa Berani Anda Membela Islam?”  yang ditulis Na'im Yusuf. 

“Sikap pemberani adalah kekuatan jiwa. Pemiliknya dapat mengemban perkara-perkara yang mulia dan menjauh dari hal-hal hina. Kekuatan yang menjadikannya besar meskipun dia kecil, kaya dalam kemiskinan dan kuat dalam kelemahannya. Kekuatan yang menjadikannya memberi sebelum meminta hak: Kewajiban terhadap Tuhannya, diri dan agamanya. Tidak akan berkembang sikap pemberani yang masih kosong dan mendidik para ksatria saleh, kecuali dalam naungan akidah yang kuat dan kemuliaan yang kukuh.” (halaman 7)

Itulah gambaran nyata orang-orang yang mencintai Allah dengan keimanan yang tinggi. Meski halangan dan rintangan di depan mata. Meski siang kepanasan, hujan kehujanan, malam kedinginan, kaki tanpa alas karena sandal mereka rusak, mereka tidak mundur dari gelanggang jihad. Semua itu karena Allah. Allah yang menggerakan hati dan kekuatan mereka. Meski cibiran dan cemoohan datang dari musuh-musuh Islam maupun dari sebagian umat Islam sendiri yang sinis dengan aksi mereka, mereka tetap tegar dan kokoh pendirian.

Mereka bukanlah dari kalangan orang yang mengatakan,”Ya Allah, aku tidak senang melihat kemungkaran ini, namun aku tidak mampu mencegahnya.” (halaman 38)

Mereka serahkan jiwa dan raga mereka, harta mereka, meninggalkan keluarga mereka hanya mengharap kebaikan dalam kepahitan dan kesulitan berjihad di jalan Allah.

Membela Islam bukan hanya tugas para ulama saja, tetapi membela Islam menjadi tugas umat Islam yang mencintai Allah dan Rasul-Nya dan yang beriman kepada hari akhir. Karena semua perbuatan kita di dunia ini, apa yang kita perjuangkan di dunia ini, apa yang kita bela di dunia ini akan dimintai pertanggungjawabannya di akhirat kelak.

Saya beruntung dapat membaca buku karya  Na’im Yusuf ini. Buku yang sarat motivasi dan semangat dalam menumbuhkan keberanian dalam membela Islam.

Buku ini membahas tentang esensi sikap berani membela Islam dan karakter pemberani.  Buku ini terdiri dari 3 bab, yang terdiri dari; bab pertama muqadimah, bab kedua membahas karakter pemberani dan bab ketiga penutup.

Di dalam bab kedua, Na’im Yusuf menjabarkan dengan jelas dan ringkas  13 ciri khas atau karakter orang yang berani membela Islam.

Ketiga belas karakter mujahid ini yaitu, mencintai masjid, menyeru ke jalan Allah, bersungguh-sungguh dan tanggap , bersikap aktif dan bertanggungjawab, bercita-cita yang tinggi, mulia dan terhotmat, berani di atas kebenaran, berani, berjihad dan berkorban, teguh di atas kebenaran, sabar dan membiasakan diri, memenuhi janji dan jujur pada Allah, tidak mudah putus asa dan pesimis.

Buku ini menjadi sangat menarik, dari segi tampilan cover yang sederhana tetapi cantik. Judul yang memikat dan menyelusup jauh ke dalam ruang hati yang terdalam, sehingga ketika pertama kali saya membaca judulnya, ada pertanyaan yang meminta jawaban pasti; Sudahkah saya berani membela Islam?  Font hurup yang besar membuat mata nyaman membacanya dan layout buku yang menarik dengan pewarnaan yang lembut dan teduh. Buku ini dibuka dengan mutiara al Qur’an dan mutiara hadits yang isinya menggetarkan ruang kalbu.

Buku ini dikemas dalam bahasa yang ringan dan setiap lembarnya disertai dengan kisah-kisah keteladanan Nabi dan Rasul, khususnya keteladanan Rasulullah SAW dan para sahabatnya, serta generasi shalafushalih yang menempatkan keberanian dalam berdakwah, berjuang menegakkan keadilan dan membela Islam di atas segala-galanya.

*Resensi ini sudah dimuat di media online http://www.bekasimedia.com/menakar-seberapa-berani-anda-membela-islam/ pada tanggal 30 November 2016.



MamyPoko: Berbagi Sentuhan Cinta Lembut Bagi Bayi Indonesia

Siang menjelang petang itu menjadi tidak biasa di Atrium Laguna Mall Central Park. Nuansa biru berpadu putih, dengan sentuhan pencahayaan yang sedemikian rupa membuat suasana menjadi teduh dan penuh kelembutan. Membuat lupa, bahwa sebelum masuk ke dalam mall sempat berpanas-panasan di luar. Di depan pintu gerbang tertulis dengan besar "Pokojang Land" dengan dua penjaga yang tersenyum ramah mempersilakan masuk. Ah, ternyata sangat mudah menemukan lokasi acara Blogger Gathering bersama MamyPoko pada siang 22 September 2016 itu.


MamyPoko Love Touch panggung utama


Yah, pada hari itu saya berkesempatan hadir dalam acara MamyPoko Love Touch, di Mall Central Park. MamyPoko, adalah produk popok sekali pakai dari Unicharm Jepang yang memiliki filosofi: "Necessity of life with Activities and Dream of Live with Activities."

Saya dan seorang teman tanpa kesulitan sampai di tempat acara 30 menit lebih cepat dari perkiraan. Panggung bernuansa biru masih lengang. Nampak panitia berseragam biru sedang sibuk mempersiapkan acara siang itu.  Di sisi lain awak media terlihat sedang mewawancarai seorang ibu muda, yang belakangan baru saya ketahui bernama Laura Basuki, seorang artis dan ibu inspiratif.

Masuk ke dalam area Pokojang Land, sebuah boneka Pokojang Hug Meter raksasa berdiri tegak menunggu pelukan dari pengunjung.  Gelak tawa ayah bunda dan balita mencuri perhatian saya. Saya pun masuk ke dalam Pokojang Land dan menemukan keseruan di sana. Seorang nenek duduk di tepi kolam busa lembut dan seorang balita sedang bermain di dalamnya. Tergambar keceriaan di wajah keduanya.


nenek dan cucu bermain di Pokojang land

Di area bermain itu ada perosotan dari balon plastik lembut, sehingga ramah anak, ada jembatan musik dan booth cotton candy yang lembut serta booth foto gratis di depan pohon kapas yang lembut. Semua serba lembut, menjadi kode bahwa hari itu adalah hari penuh kelembutan.

Jembatan Pokojang musik

Pokojang Hug Meter


area bermain Pokojang Land


Tak lama kemudian, acara pun di mulai. Narasumber pun dipanggil untuk duduk di panggung yang telah disediakan.

Di dalam acara Mamypokolovetouch ini diadakan talkshow yang menghadirkan narasumber yang membuka wawasan saya mengenai betapa pentingnya sentuhan dan pelukan bagi si kecil. Narasumber tersebut di antaranya: Ibu Irma Dwi Oktaviani, Senior Brand Manager Pt Unicharm Indonesia, Ibu dr. Titi Lestari Sugito Sp.KK (k) penasihat Kelompok Studi Dermatologi Anak Indonesia (Perdoksi), Laura Basuki, seorang ibu muda inspiratif dan juga aktris dan model, Ibu Tjondrowati Subiyanto, KetuaYayasan Sayap Ibu dan Grace Fransiska Juniva Silalahi, Assistent Brand Manager PT Unicharm Indonesia.


Talkshow MamyPoko Love Touch


MamyPoko: Sentuhan Cinta Lembut MamyPoko Bagi Bayi Indonesia

Tema besar talkshow yang diangkat oleh MamyPoko pada kesempatan siang itu adalah "Mamypoko Berbagi Pelukan Cinta Untuk Kulit Lembut Balita Indonesia." Tujuan acara ini adalah MamyPoko ingin mengajak keluarga Indonesia untuk berbagi pelukan dengan si kecil setiap saat.

Talkshow dibuka oleh Ibu Irma Dwi Oktaviani. Beliau mengangkat tema "Sentuhan Cinta Lembut MamyPoko Bagi Bayi Indonesia." Ibu Irma memaparkan betapa pentingnya pelukan dan sentuhan bagi si kecil.


pemaparan dari ibu Irma

Pelukan adalah bahasa universal bentuk sentuhan cinta, demikian yang disampaikan oleh Ibu Irma. Beliau pun memaparkan hasil penelitian Unicharm Jepang, bahwa sentuhan dan pelukan berdampak signifikan terhadap ibu dan si kecil.

1. Menurunkan frekuensi denyut jantung sehingga meningkatkan rasa tenang 3x lebih besar bagi ibu dan si kecil.
2. Meningkatkan produksi hormon yang menimbulkan rasa nyaman dan bahagia bagi ibu dan si kecil.

Inilah sebuah fakta berdasarkan study penelitian dari Unicharm Jepang berkolaborasi dengan Profesor Hideki Ohira dari Nagoya University Jepang terhadap ibu dan bayi usia tiga hingga lima bulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sentuhan dan pelukan orang tua kepada anaknya akan berefek luar biasa kepada anaknya. Anak menjadi nyaman dan lebih tenang. Ini juga akan berdampak kepada kecerdasan intelektual dan emosionalnya kelak di waktu dia besar nanti.


Saya jadi teringat, saat saya usai melahirkan bayi saya, bidan dengan sigap meletakan bayi saya ke dada dan saya memeluk dan mengusap badan bayi saya skin to skin, merasakan kelembutan bayi saya dari ujung rambut hingga ujung kaki. Bayi pun mencari putting susu, sebagai salah satu cara mengetahui bayi saya normal dalam proses IMD ini. Saat itu saya merasa nyaman sekali, rasa sakit dan lelah selepas melahirkan hilang begitu saja. Yang ada hanya  rasa syukur saat melihat bayi saya lahir dalam keadaan normal dan kemampuan fitrah yang luar biasa yaitu mengisap putting susu untuk pertama kalinya. Sampai saat ini juga anak-anak saya mudah sekali memeluk saya dan saya mudah memeluk mereka. Karena kami merasakan kenyamanan yang sama.

Ibu Irma juga menyampaikan bahwa MamyPoko memahami betul kesibukan seorang ibu baik di rumah maupun ibu bekerja. Kesibukan yang menyita waktu terkadang membuat waktu untuk melakukan interaksi skin to skin dnegan si kecil menjadi berkurang. Oleh karena itulah, MamyPoko menggelar acara MamyPoko Love Touch untuk mengingatkan betapa penting pelukan dan sentuhan. Sehingga MamyPoko menggelar acara MamyPoko Love Touch baik online maupun offline sebagai bentuk perayaan dan ungkapan cinta untuk bayi Indonesia.

Melalui acara MamyPoko Love Touch ini Ibu Irma berharap keluarga Indonesia terinspirasi untuk mengoptimalkan kualitas hidup keluarga dengan berbagi pelukan dan sentuhan cinta kepada anak anak terutama balitanya. "MamyPoko sangat memahami sekali betapa pentingnya pelukan lembut untk si kecil. Dengan bahan yang lembut selembut kapas, MamyPoko memberikan sentuhan cinta sekaligus memeluk lembut si kecil," demikian pungkasnya. 

Sesi berikutnya dr.Titi Lestari menyampaikan pentingnya pelukan skin to skin. Pelukan adalah ekspresi cinta penuh kekuatan yang mampu memberikan kebahagiaan untuk semua yang mendapatkannya. "Tak hanya memberikan kebahagiaan, tetapi juga berdampak pada kondisi kulit yang sehat," tegas dr Titi Lestari Sp.KK (K), Penasihat Kelompok STudi Dermatologi Anak Indonesia. "Kulit adalah cerminan dari semua respons dari dalam tubuh. Respon psikis akan tercermin di kulit. Jika psikis sehat, kulit pun sehat," 

Menurut dr.Titi, pada kulit terdapat banyak syaraf sensorik. Melalui sentuhan dan pelukan anak akan merasa disayang, nyaman dan aman. Bayi yang nyaman dan aman, disayang tampak melalui kulitnya yang sehat. Tanda kulit bayi yang sehat adalah berseri, cerah, tidak kusam, tidak pucat lembut, kenyal, halus dan tidak bersisik.

Selain melalui pelukan dan sentuhan, kulit yang sehat bisa didapatkan dengan perawatan kulit bayi yang tepat. Oleh karena itu menjadi sangat penting untuk menjadi kulit sekitar daerah sensitif bayi agar bayi terjaga kesehatannya. Misalnya dengan memberikan popok sekali pakai dengan daya serap yang tinggi, lembut dan perlindungan ekstra (anti bocor). Kemudian ketika mengganti popok, kebersihan kulit bayi perlu diperhatikan dengan baik.

Dalam sesi ini dilakukan uji lab penyerapan popok MamyPoko yang terbukti penyerapannya sangat tinggi, lembut dan tidak bocor yang dipandu oleh Ibu Grace. Menurut bu Grace ciri-ciri popok berkualitas tinggi adalah memiliki tekstur yang lembut, daya serapnya tinggi, kering dan memiliki perlindungan ekstra (anti bocor). MamyPoko diproses dengan teknologi tinggi dan dilakukan dengan uji kelayakan produk, memiliki ciri-ciri tersebut. Mamypoko dibuat untuk kenyaman dan menjaga kesehatan bayi sejak dini. MamyPoko dibuat untuk membantu ibu dalam pengasuhan anak. Bayi akan bebas bergerak di siang hari dan dapat tertidur nyenyak di malam hari, sehingga membantu ibu dalam beristirahat. Dan pada akhirnya, ibu dan si kecil akan merasa bergembira sepanjang hari.

Tes lab di tempat


Takahashi, Presiden Director Unicharm menambahkan penjelasan ibu dr. Titi dalam rilisnya, beliau menyatakan bahwa sentuhan dan pelukan cinta ini juga dapat dirasakan oleh bayi pada lapisan atas bagian popok MamyPoko yang diakui kering dan tidak bocor. Sebagai tanda cinta pada bumi, MamyPoko dengan teknologi green, dibuat dengan  mengurangi komposisi bahan yang tidak mudah diurai. Jadi insyaAllah MamyPoko adalah popok sekali pakai yang sayang bumi.

Sebagai tanda sayang dan bentuk cinta kasih kepada anak-anak Indonesia yang kurang beruntung, MamyPoko mengajak keluarga Indonesia untuk berdonasi lewat pelukan. "Melalui donasi pelukan dan donasi popok MamyPoko ini balita yang kurang beruntung dapat merasakan sentuhan cinta dari keluarga Indonesia." ungkap Masaki Takahashi.

Hal ini mendapat apresiasi positif dari Laura Basuki, Menurut Ibu dari Owen Gani (8 bulan) ini berbagi pelukan bersama Pokojang Land MamyPoko merupakan aksi sederhana yang sangat berarti untuk orang lain.

"Sebenarnya memeluk adalah hal yang lumrah, ibu biasa memeluk anak, namun jika dengan memeluk kita bisa memberikan satu popok untuk balita yatim piatu, hal kecil ini sangat berarti untuk orang lain. Barangkali hal biasa untuk kita, tapi bagi orang lain yang membutuhkan perhatian kita ini akan sangat berarti sekali," tuturnya.

 Kegiatan MamyPoko Love Touch ini juga kegiatan yang ramah anak sekali. terbukti dengan disediakannya tempat parkir stroller bayi dan tempat ganti popok.




Yayasan Sayap Ibu

Yayasan yang akan mendapatkan donasi popok sekali pakai MamyPoko adalah yayasan Sayap Ibu. Yayasan yang berdiri sejak tahun 1955 ini penggagasnya adalah Ibu Sulistina Sutomo, istri pahlawan nasional Bung Tomo. Sayap Ibu memiliki tiga panti yang tersebar di jalan Barito, Jakarta Selatan. Sejak tahun 1969 Yayasan Sayap Ibu menjadi mitra resmi pemerintah untuk proses adopsi legal bayi dan anak yang tidak mampu, termasuk untuk adopsi lintas negara. Lebih dari 1000 anak Sayap Ibu telah diadopsi. Saat ini Sayap Ibu dipimpin oleh Ibu Tjondrowati Subiyanto (Ibu Atie).

Tentang Unicharm

Unicharm Indonesia berdiri pada tahun 1997, dimulai dari bisnis feminine care, lalu berkembang menjadi tiga fokus, yaitu feminine care, baby care dan health care. 

Unicharm mempunyai harapan, "Ingin mengabulkan impian semua orang per orang dengan mempersembahkan produk yang mendukung jiwa dan raga dengan lembut dan pelanggan bebas dari berbagai beban, dimlai dari bayi hingga manula."

Filosofi Unicharm adalah, Necessity oh Life with Activities and Dream of Live with Activities. Keterangan lebih lanjut bisa melayari situs MamyPoko

MamyPoko berbagi pelukan cinta untuk kulit lembut balita Indonesia ini menggelar aktivitas MamyPoko Love Touch di Atrium Laguna Mall Central Park, dari tanggal 22 September 2016 hingga tanggal 25 September 2016 dengan berbagai aktivitas menarik bagi keluarga. Salah satunya adalah mengajarkan si kecil mendonasikan pelukan untuk diganti menjadi sebuah popok sekali pakai MamyPoko untuk temannya bayi kecil yatim piatu. Peluk Pokojang Hug Me, dan terdonasikan sebuah MamyPoko. Seru!

1 pelukan = 1 popok bagi bayi yatim


Nah, Ayah Bunda ... Sudahkah memeluk anak-anak hari ini? 

saya dan dua malaikat kecil




Menjelajahi Pokojang Land Bagaikan Menjejakan Kaki di Negeri Penuh Cinta dan Kelembutan

Hari Kamis tanggal 22 September  yang lalu, saya berkesempatan hadir di dalam acara pembukaan “MamyPoko Berbagi Pelukan Cinta Untuk Kulit Lembut Balita Indonesia.” Acara yang disponsori oleh Unicharm Jepang ini ingin mengajak keluarga Indonesia untuk berbagi pelukan dengan si kecil setiap saat.

dokpri


Di dalam acara pembukaan ini, diadakan takshow  yang menghadirkan narasumber-narasumber yang membuka wawasan saya mengenai betapa pentingnya sentuhan dan pelukan bagi si kecil. Narasumber tersebut di antaranya adalah Ibu Irma Dwi Oktaviani, Senior Brand Manager PT Unicharm Indonesia, Ibu dr. Titi Lestari Sugito Sp.KK (K) penasihat Kelompok Studi Dermatologi Anak Indonesia (Perdoksi), Laura Basuki, seorang ibu muda inspiratif dan juga aktris sekaligus model dan Ria Miranda seorang fashion Designer.

dokpri


Sebuah fakta berdasarkan study penelitian dari Unicharm Jepang berkolaborasi dengan Profesor Hideki Ohira dari Nagoya University Jepang terhadap ibu dan bayi usia tiga hingga lima bulan, menunjukan bahwa sentuhan dan pelukan orang tua kepada anaknya akan berefek luar biasa kepada anaknya. Anak menjadi nyaman dan lebih tenang. Ini juga akan berdampak kepada kecerdasan intelektual dan emosionalnya kelak di waktu dia besar nanti.

Saya jadi teringat, saat saya usai melahirkan bayi saya, bidan dengan sigap meletakan bayi saya ke dada dan saya memeluk dan mengusap badan bayi saya skin to skin, merasakan kelembutan bayi saya dari ujung rambut hingga ujung kaki. Bayi pun mencari putting susu, sebagai salah satu cara mengetahui bayi saya normal dalam proses IMD ini. Saat itu saya merasa nyaman sekali, rasa sakit dan lelah selepas melahirkan hilang begitu saja. Yang ada hanya  rasa syukur saat melihat bayi saya lahir dalam keadaan normal dan kemampuan fitrah yang luar biasa yaitu mengisap putting susu untuk pertama kalinya. Sampai saat ini juga anak-anak saya mudah sekali memeluk saya dan saya mudah memeluk mereka. Karena kami merasakan kenyamanan yang sama.

Saat acara berlangsung, tak henti-hentinya saya terharu membayangkan saat anak-anak saya masih balita. Saya pun teringat, dulu masa mereka kecil, saya juga memakaikan popok sekali pakai MamyPoko. Selain karena kelembutannya juga, karena waktu itu, satu-satunya produk pospak yang punya produk popok toilet training, yah hanya MamyPoko.

InsyaAllah saat ini, saya sedang hamil 5 bulan, setelah mendengar penjelasan dari narasumber, terutama dari dokter ahli kulit dan hasil tes laboratorium di tempat acara, saya semakin yakin untuk memberikan popok yang terbaik bagi bayi saya kelak, yaitu pospak yang memiliki daya serap tinggi dan kelembutan di kulit selembut kasih sayang ibu.

Setelah acara talkshow berakhir, kami diajak untuk berkeliling  melihat-lihat arena Pokojang Land. Karena arena ini ditujukan untuk keluarga dengan balita di bawah usia 5 tahun, semua perlengkapan permainan yang disediakan permainan yang aman untuk balita. Perosotannya terbuat dari gelembung plastic, kolam renang dengan busa berbentuk cinta yang lembut dan tempat berlari-lari yang super aman untuk balita bergerak bebas dan ceria. 



Selain itu juga tersedia tempat ganti popok bayi dan tempat parkir stroller bagi yang membawa stroller bayi. Jadi arena ini memang benar-benar ramah anak!

kamar ganti popok
parkir stroller


Ini dia rangkaian kegiatan di Pokojang Land:

Berbagi pelukan Cinta dengan Memeluk Pokojang Hug Meter. Nah setiap pelukan cinta pada Pokojang Hug Me ini dikonversikan menjadi 1 popok Mamypoko yang akan disumbangkan ke panti asuhan yatim piatu Sayap Ibu.

1 pelukan = 1 donasi popok tuk bayi yatim piatu

Pertunjukan Boneka Pokojang.
Menari bersama Pokojang
Permainan seru mandi bola-bola awan lembut
Jembatan music Pokojang Lucu
Lomba Mewarnai Pokojang
Lomba Model “Mom and Me Love Toich Hunt”

Dan promosi spesialnya, setiap pembelian MamyPoko minimal Rp150.000 do counter atau Carefour Central Park pada 22-25 September 2016 bisa ditukarkan dengan gratis Pokojang 3D Phot Art dan Gratis Cotton candy

Rundown Agenda di Pokojang Land:

Lomba Foto Model Balita di Pokojang Land
Mom & Me Love Touch Hunt
Kategori A (Usia anak 0-2 tahun)
Sabtu, 24 September 2016
Pukul: 11:00 – 12:00

Kategori B (Usia anak 2-4 tahun)
Sabtu, 24 September 2016
Pukul: 14:00 – 15:00

Lomba Mewarnai di Pokojang Land
Usia anak 2-4 tahun
Minggu, 25 September 2016
(Membawa peralatan sendiri)

Kegiatan Online
Share foto pelukan cinta di #mamypokolovetouch
Informasi lengkapnya bisa dibuka di www.mamypokolovetouch.com

Asyik ya … dapat popoknya, dapat keseruan mainnya dengan si kecil. Jangan lupa, acara ini diadakan di Atrium Laguna Mall Central Park Jakarta, dari hari Kamis, tanggal 22 September hingga hari Minggu,  tanggal 25 September 2016. Berarti hari ini. Jangan sampai ketinggalan yaaa 

Jangan lupakan tata tertibnya


Akses ke Atrium Laguna Mall Central Park:

Dari Bogor naik KRL jurusan Kota, turun di stasiun Cawang. Dari stasiun Cawang, jalan keluar ke sebelah kanan, menyusuri lorong di bawah terowongan stasiun. Setelah itu ada tangga, naik ke atas menuju jembatan ke tempat perhentian busway Trans Jakarta. Naik busway jurusan grogol, berhenti di halte Central Park.




Grand Whiz Hotel Kelapa Gading, Kenyamanan Berkelas dengan Harga Terjangkau

Akhir-akhir ini saya sering jalan-jalan sendiri ke Jakarta. Sebenarnya capek juga karena naik Comutter Line, meski praktis tapi namanya angkutan umum kan pasti berdesak-desakan dan ada kalanya enggak dapat tempat duduk. 

Dalam kondisi hamil seperti ini, ingin sekali-kali mengajak anak dan suami untuk ikut serta dalam kegiatan saya yang kadang-kadang diundang event tertentu sebagai penulis dan blogger. Jadi saya coba mencari hotel yang nyaman dengan harga terjangkau sesuai kebutuhan saya yang memiliki keluarga besar. Dengan anak lima orang ingin sekali saya memberikan penginapan yang nyaman dengan harga yang terjangkau. Dan, alhamdulillah dapet juga nih!


Sumber: google maps

Saya menemukan yang ini. Yuk, kita intip salah satu hotel yang berada di kota Jakarta khususnya bilangan Kelapa Gading. Dengan menggunakan salah satu aplikasi dari jasa reservasi hotel Traveloka, saya mendapatkan temuan hotel dengan harga termurah untuk kelas bintang 4, yaitu Grand Whiz Hotel Kelapa Gading. Dan hal ini pun  diamini lho oleh beberapa jasa reservasi hotel lainnya dengan harga yang  membuat senyum saya sumringah.

Konon, Grand Whiz Hotel Kelapa Gading merupakan salah satu dari sekian banyaknya hotel yang didirikan oleh perusahaan properti tingkat Internasional, Intiwhiz Hospitality Management. Perusahaan tersebut sudah banyak mendirikan hotel – hotel di beberapa kota besar, seperti Jakarta, Bogor, Malang, Bali, Manado, Bandung, Pekanbaru, Lampung, Semarang dan Makassar. Visi yang dituju adalah untuk menjadikan jaringan hotel yang diminati dan bertumbuh pesat di Indonesia.

Intiwhiz Hospitality Management membagikan klasifikasi hotel menjadi 3 tipe, salah satunya adalah dengan brand hotel bintang 4 yang hadir dengan kemewahan modern bernuansa alami. Termasuk juga dengan Grand Whiz Hotel Kelapa Gading ciptaan mereka. 

Berlokasi di Jalan Bukit Raya Kav. 1, Kelapa Gading, Jakarta Utara, membuat hotel ini memiliki lokasi yang strategis untuk kemudahan akses. Hanya berjarak 12,6 km untuk akses via udara melalui Bandara Halim Perdanakusuma Internasional.

Lalu untuk akses via darat, hotel ini memiliki akses transportasi umum seperti bus Transjakarta dan kereta Commuter Line. Cukup perjalanan selama 20 menit dari hotel, kita akan mendapatkan salah satu akses bus Transjakarta melalui halte Sunter Boulevard Barat, untuk koridor 12 (Penjaringan – Tanjung Priok). Dan untuk Commuter Line melalui stasiun Tanjung Priok yang berjarak 4,9 km.

Selain akses yang begitu mudah, Grand Whiz Hotel Kelapa Gading juga memiliki beberapa tempat menarik yang berada di sekitarnya. Untuk belanja kebutuhan sahari – hari, terdapat beberapa pusat perbelanjaan besar seperti Mall Kelapa Gading (1,32 km) dan Mall of Indonesia (1,5 km). Yang semua tempat tersebut merupakan pusat perbelanjaan terlengkap di Jakarta.

Kemudian untuk kebutuhan jasmani, kita juga bisa olahraga di Sport Mall Kelapa Gading yang berisikan basket field, biasanya digunakan untuk pertandingan – pertandingan besar seperti liga IBL. Untuk kesana, kita hanya menghabiskan waktu perjalanan selama 16 menit. Selain itu, ada fasilitas bagi penggemar olahraga golf, disekitar sini juga terdapat The Club Gading Mas yang hanya berjarak 1,8 kam dari Grand Whiz Kelapa Gading.


Sumber: Google maps

Dengan segala fasilitas yang disebutkan di atas, tentu hotel ini jadi hotel idaman dong. Apalagi dengan kemudahan  akses ke sana dan ke beberapa tempat yang menarik.

Eit .. tunggu dulu, selain fasilitas yang disebutkan di atas, ternyata harga kamar yang ditawarkan juga membuat dompet tersenyum lho.. Grand Whiz Kelapa Gading memiliki jumlah kamar sebanyak 322 yang dibagi menjadi beberapa kelas, antara lain:


1    1.   Superior Room Only
Ini merupakan kamar dengan harga termurah yang disediakan oleh pihak pengelola, yaitu dengan tarif Rp. 453.174,- untuk permalam.

Sumber: Traveloka


1    2. Deluxe Room
Cukup dengan biaya Rp. 611.785,- untuk permalamnya, kita sudah bisa menikmati fasilitas dalam kamar ini.

Sumber: Traveloka


1    3. Premier Room
Nah yang ini nih, untuk yang memerlukan ruangan yang lebih luas namanya Premier Room. Kamar ini disewakan dengan harga Rp. 693.356,- per malam. Murah bingit kan!

Sumber: Traveloka


Itulah beberapa kamar murah di Grand Whiz Kelapa Gading, yang harganya di bawah satu juta. Selain juga terdapat kamar lain yang disesuaikan dengan kebutuhan para pengunjungnya, seperti junior suite, executive suite dan family suite.

Dengan gedung berjumlah 26 lantai, hotel ini menyediakan beberapa fasilitas yang akan memanjakan kita saat bermalam disini. Di antaranya:

-          - Aula Serbaguna
-         - Meeting Room
-         - Fasilitas Bisnis
-          - Ruang Keluarga
-         - Resto, dengan menu khas ala hotel
-          - Kafe
-          - Bar
-          - Sauna
-          - Spa
-          - Kolam renang outdoor
-         -  Akses Wifi di seluruh area

Dengan segala fasilitas yang diberikan, harapannya moga bisa memanjakan saya yang memang sedang ingin dimanja heuheu ... bumil gitu lho :-)

Sumber: Google Maps


Nah, itulah hotel Grand Whiz Kelapa Gading. Sudah saya buat catatannya, agar suatu saat ketika ke Jakarta enggak susah susah lagi mencari tempat penginapan yang nyaman, berkelas tetapi dengan harga terjangkau di Jakarta.  Kalau ada yang mau bareng, yuk barengan menginap di  Grand Whiz Hotel Kelapa Gading rasakan kenyamanannya!

My Lovely Friend's

Buku-bukuku