Aplikasi Belajar Online Temani Anak Belajar di Rumah

Moms, siapa yang menggunakan aplikasi belajar online temani anak belajar di rumah ? Tos dong kita. Yah, salah satu alasan saya menggunakan aplikasi belajar tak lain dan tak bukan karena kapasitas keilmuan saya sangatlah terbatas dan waktu juga terbatas. Sementara anak yang harus ditemani belajar itu ada 6 orang. Si Kakak yang kuliah sih udah mandiri yaa. Teteh SMA juga udah mandiri. Anak-anak yang full perhatian itu ada empat anak. Apalagi si Abang yang kelas 3 SMP mau ujian, duh anak yang mau ujian saya yang degdegan, takut gak lulus. Belum lagi harus mendampingi anak kelas 1 SMP, kelas 4 SD dan Saki belajar PAUD.

Aplikasi Belajar

Jadi beneran deh saya kayak lagi naik roller coaster. Setiap hari jumpalitan mendampingi anak belajar. Belum lagi menyediakan makanan, cemilan dan segala macem keperluan di rumah, beberes rumah. Begitu aja setiap hari.  Yah, pandemi memang mengubah kebiasaan kita sehari-hari yaa. Biasanya setelah anak berangkat ke sekolah, kita bisa bersantai atau mengerjakan pekerjaan sampingan. Sekarang mah boro-boro. Dari pagi hingga malam terus aja ulukutek. Pokoknya lepas salat Isya saya tepar. Everyday! Tapi alhamdulillah sih, tidur cepat bangun cepat. Kebiasaan ini membuat badan saya lebih segar dan kebiasaan ini malah membuat saya menjadi lebih bersemangat setiap harinya. Kuncinya apalagi kalau bukan ikhlas yaa. Berdamai dengan keadaan, sepahit apapun. Karena ibu gak bahagia, biasanya akan berpengaruh pada kondisi rumah dan kesehatan anggota keluarga lainnya yaa. Jadi ibu harus bahagia dan strong!

Aplikasi Belajar Online

Oke kembali lagi ke aplikasi belajar online, selama pembelajaran jarak jauh ini, saya pun menelusuri beberapa aplikasi belajar online yang bisa digunakan anak-anak. Dari try and error saya menemukan  aplikasi belajar online yang terbaik dan termurah. Namanya emak-emak yaa, tentu saja kedua hal ini menjadi prioritas utama, karena disesuaikan dengan budget bulanan juga kan. Beneran pandemi ini tuh gak cuma mengagetkan manusia aja, tapi juga mengagetkan dompet! Terutama saat diberlakukannya PJJ. Idealnya setiap anak punya HP satu orang satu, kuota bulanan untuk belajar anak (belakangan di back up sama pemerintah), SPP yang gak juga berenti meskipun sekolah di rumah aja, meski anak gak jajan tapi cemilan dan minuman ringan tetep aja kan harus disediakan. Hikmahnya, anak-anak jadi lebih terawasi belajarnya, terperhatikan makannya, cemilan dan kudapannya sehat karena home made, anak-anak jadi lebih kenal satu sama lain dengan anggota keluarganya, meskipun ada aja saat gak akurnya, tapi banyakan akurnya sih, emak bapak juga jadi gak khawatir dengan pergaulan bebas karena anak-anak terawasi 24 jam di rumah.

Tips Memilih Aplikasi Belajar Online untuk Menemani Anak Belajar di Rumah

1. Fleksibel.

Fleksibel

Ruang belajarnya dapat memutus jarak, ruang, dan waktu untuk menemani anak belajar di rumah selama masa pembelajaran jarak jauh (PJJ). Tahu sendiri kan moms, selama pandemi ini semua anak belajar di rumah. Tentu saja ruang belajar harus bisa menjadi ruang belajar yang fleksibel dan dapat memenuhi kebutuhan belajar anak.

2. Menjadi solusi bagi orang tua saat menemani anak PJJ

Ruang belajar aplikasi online ini menjadi solusi bagi kita para orang tua yang tidak mungkin mendampingi anak belajar selama 24 jam dan memberikan solusi pembelajaran karena tentu saja karena pengetahuan yang terbatas. Misalnya anak ada PR matematika, tapi ternyata ibu gak ngerti juga, dengan bantuan ruang belajar online ini diharapkan anak dapat terbantu ketika mengalami kesulitan dalam memecahkan permasalahannya dalam pembelajaran online.

3. Memiliki guru-guru profesional

Guru profesional

Guru-guru yang menjadi pendamping belajar lulusan dari universitas terbaik Indonesia, seperti UI, ITB, UGM, UNIBRAW, UNY, UNDIP dan lain-lain.  Ada konsultan pendidikan juga sehingga anak-anak tahu harus belajar bagaimana karena disesuaikan dengan gaya belajar anak sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien.

4 Memiliki fitur yang mumpuni di Ruang Belajarnya seperti:

Bank Soal

- jadwal belajar

- asah otak 

- Adapto (rilis Juli)

- Dafa Lulu animasi SD

- bank soal

- laporan belajar

Nah Moms, aplikasi belajar online yang memiliki keunggulan seperti yang saya sebutkan di atas itu namanya Ruang Guru. aplikasi belajar online ini menjadi solusi bagi orang tua yang kesulitan dalam menemani anak belajar selama PJJ sehingga hubungan anak dan orang tua menjadi harmonis. Gak mau kan anak-anak depresi gara-gara gak bisa mengikuti pembelajaran online. Jadi salah sat solusinya adalah kita sebagai orang tua siap menjadi teman yang asyik, teman berbagi suka dan duka, juga menyediakan segala macam kebutuhan anak selama belajar di rumah. 

Salam Manis,

Sri Widiyastuti

Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia sebagai diaspora.Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

54 comments

  1. Huahahaa bener banget Mak, PJJ ini serba serbi printilannya itu loh mneyediakan cemilan cepuluh cebelas yang ga ada hentinya.
    Alhamdulillah banget ya, aplikasi online ini pastinya sangat membantu anak dan orang tua untuk membantu belajar saat di rumah. Makiiin simple ajaa belajarnya

    ReplyDelete
  2. Super duper challenging ya Maaakk, metode belajar jaman now.
    Semoga kita semua (termasuk ortunya) bisa adaptasi dgn kondisi sekarang ini.
    Alhamdulillah, ada aplikasi belajar online yg bisa jadi andalan, yeayy!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, tugas orang tua masih harus ditingkatkan lagi yaa mendampingi anaknya belajar, semoga berdamai dengan keadaan .
      Pokonya jaman now adanya aplikasi belajar online ini makin membantu dan mempermudah anak2 untuk daring.

      Delete
  3. MasyaAllah Mbak, ngurus anak-anaknya yang strong ya, Mamak juga harus kuat, sabarnya juga pasti extra ini.
    saya temani anak TK ajaa ini duuuh kepala nyut-nyut karena anaknya milih-milih pelajaran, dudduduhh..
    jadi gak sabar nih belajar di Ruangguru juga, kebetulan anaknya itu visiual-kinestetik jadi pasti senang banget belajar dengan cara gini.

    ReplyDelete
  4. Fitur di ruang belajarnya bagus dan lengkap serta detail ya. Anakku juga terbantu mba dengan aplikasi belajar online ini mba. Makasih infonya :)

    ReplyDelete
  5. Awalnya sih harus dipaksain tapi ke sini jadi terbiasa ikutan belajar online bahkan lebih nyaman belajar online

    ReplyDelete
  6. Memang berasa roller coaster nemenin anak selama PJJ ya, mbak. Maka adanya ruangbelajar dari Ruangguru, aplikasi belajar online di rumah ini pasti bisa jadi solusi. Kualitas terbaik dengan harga terjangkau!

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAhhaaa banget katanyaa, apalagi yang mempunyai anak2 masanya SD yang butuh pendamping, rempong banget kalo melihat adekku. Semogaa adanya aplikasi belajar online ini bisa mempermudahh dan menemani anak2 dalah hal belajar di rumah aja.

      Delete
  7. PJJ ini emang lebih menanntang yaa buat para ibu hihi, temenku tiap hari curhatnya soal PJJ kedua anaknya, katanya ini lah itulah hihihi, belum lagi harus nyediain cemilan juga hehe

    ReplyDelete
  8. Terasa banget bedanya ya Mak antara dulu ketika anak belajar di sekolah dengan sekarang yang harus belajar di rumah. Dulu bisa ngurusin rumah selagi anak di sekolah, udahannya masih ada waktu buat santai dikit sebelum menjemputnya pulang. Lha sekarang, semua kerjaan jadi campur aduk. Aku setuju banget sih kita memang butuh bantuan dalam menjalani sekolah masa pandemi begini. Apalagi kita cuma manusia biasa, ya, yang belum tentu menguasai semua ilmu. Dengan Ruang Guru lah kita bisa bantu anak-anak belajar dengan lebih terarah. Sekalian ngikut belajar juga bisa kan jadinya.

    ReplyDelete
  9. Ada aplikasi belajar online gini membantu anak banget sih nih, apalagi musim PJJ gini ya, serba digital. kayaknya untuk jangka panjang aplikasi serupa seperti ini sangat diminati ya.

    ReplyDelete
  10. memang pjj itu sangat menantang ya mbak
    orang tua harus lebih prepare dalam mendampingi anak belajar
    bisa dgn bantuan aplikasi belajar online ya mbak

    ReplyDelete
  11. Ruang Guru adalah salah satu aplikasi belajar yang sangat membantu pelajar, terutama selama PJJ ini. Semoga makin banyak anak yang terbantu sehingga orang tua dan guru tidak stres-stres amat lagi.

    ReplyDelete
  12. Senangnya kita bisa difasilitasi terbantu oleh Ruangguru semudah di dalam genggaman sekarang.

    ReplyDelete
  13. Berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh ruangguru memang menarik banget ya mba. Bisa banget kita gunakan untuk menemani pembelajaran anak di rumah. Lebih variatif dan menarik metode ajarnya. Anak jadi enggak bosen saat sedang belajar jika kita pilihkan fitur-fitur yang ditawarkan di ruangguru.

    ReplyDelete
  14. Zaman digital sekarang terutama masa pandemi ini memang tantangan banget buat para ortu. Yang tidak terbiasa dan tidak bisa cepat beradaptasi banyak yg stress deh. Untung ada aplikasi online sepertinya banyak membantu banget para ortu deh...

    ReplyDelete
  15. Lagii-lagi teknologi membantunproses belajar kita ya. Di awal pasti semua ini menantang. Tapi sebetulnya, dengan apa yang terjadi sekarang kita justru jadi makin adaptif

    ReplyDelete
  16. Wow luar biasa ya Mbak ... Guru-guru yang menjadi pendamping belajar lulusan dari universitas terbaik Indonesia, seperti UI, ITB, UGM, UNIBRAW, UNY, UNDIP dan lain-lain. Jaminan kualitas dari Ruangguru nih. Tinggal bagaimana keseriusan kita dan anak kita ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orangtua pun bisa nyicil lega ya mba karena tau tenaga pengajar atau pendamping di ruangguru ini lulusan dari universitas terbaik di Indonesia.

      Delete
  17. PJJ dan pandemi ini memang bener- bener ujian untuk kita semua ya mba. Kita bisa lalui pastinya, hanya kadar sulitnya berbeda - beda, termasuk untuk anak - anak kita ya mba. Semua bentuk dukungan akan selalu membantu

    ReplyDelete
  18. Nah iya, kita samaan, Mbak. Selama pandemi rutinitas sehari-hari di rumah jadi berubah. Tadinya bisa me time atau santai-santai sambil nulis saat anak-anak sudah sekolah, sekarang karena belajar di rumah jadi mereka seharian ada di rumah. Selesai belajar yang biasanya langsung minta cemilan. Jadi uplek di dapur terus ya hihihi

    Etapi bener Mbak, kalau ikhlas ngejalaninnya, jadi asyik aja. Dibawa santai aja. Apalagi anak-anak saya sudah besar, jadi hanya sesekali aja mendampingi mereka saat belajar

    ReplyDelete
  19. Wah, cukup riweuh juga ya mak masih ngurus 4 anak yang PJJ dan butuh perhatian. Untung ada aplikasi memudahkan seperti ruang guru ini ya. Emak bisa sedikit bernafas lega karena anak-anak senang belajar dengan metode yang asyik :)

    ReplyDelete
  20. Ruangguru memang masih jadi aplikasi belajar online andalan sejak awal pandemi sampai sekarang. Membantu banget untuk anak-anak memahami pelajaran secara daring.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikut nimbrung ah... Aku juga setuju mam. Inovasi mereka sudah ada sejak sebelum pandemi, jadi bisa dibilang Ruang Guru sudah siap dari berbagai sisi.

      Delete
    2. Iyaaa. Temenku ada yang sejak awal pandemi udah ikutin anak-anaknya bimbel di Ruang Buru. Katanya sih nggak mahal. Jadi pengen nyobain juga buat anak-anak.

      Delete
  21. Anakku juga belajarnya pakai ruang guru nih mak. Seneng dia, katanya belajar lebih santaiu. Kliatannya sih lebih ngerti juga dia ama materi pelajarannya. Di masa PJJ gini ruang guru nih membantu banget

    ReplyDelete
  22. Bener banget, sih, urusan Ibuk ngga cuma dampingin anak2 PJJ, tapi harus memastikan stok camilan aman ya, Mbak. Untung skrg bisa pakai aplikasi buat belajar online. Membantu bangetttt pasti ya, Mbak.

    ReplyDelete
  23. Aku beberapa hari yang lalu juga diskusi sama sepupuku niih...mengenai aplikasi online yang oke banget untuk bantu anak belajar. Ternyata memang pada suka dan jatuh cinta sama ruangguru.
    Alhamdulillah,
    terbantu sekali dengan video-video pembelajarannya yang seru dan mudah dipahami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belajar masa kini sudah serba online yaa.
      Canggih banget ruangguru ini mendampingi anak-anak dengan materi yang mudah dipahami.

      Delete
  24. Krucil besar udah kelas 6 nih tahun ajaran juli besok. Kayaknya aku udah harus mulai ngenalin krucil ke aplikasi belajar online supaya membantu dia belajar. Karena kan harus persiapan buat masuk SMP nanti.

    ReplyDelete
  25. Saat PJJ gini tuh emang penting banget ya mak buat nyari kelas belajar online gini buat anak.. karena kayanya tuh kurang kalo cuma diajarin sama mamanya ajaaaa.. apalagi kaya aku yg gabisa banget kalo ngajarin anak.. huhu

    ReplyDelete
  26. Aplikasi ruangguru ini jadi alternatif tambahan belajar anak selama PJJ ya mbk. Lumayan terbantu sekali dengan ruangguru.

    ReplyDelete
  27. Meski jarak jauh tetep asik ya belajarnya..dan yang penting anak-anak jadi lebih mudah nangkep pelajarannya.. Ortu juga tenang nih kalau begini kan..

    ReplyDelete
  28. Wow, memang deh aplikasi belajar online kini sangat dibutuhkan anak2 kita. Apalagi ga jadi PTM nih, bakalan teru PJJ entah sampai kapan hehehe. Alhamdulillaah anak2ku sudah abg, bisa mandiri PJJ. Tapi teteuuup aja kita deg2an ya mbak :( Ceki2 lebih lanjut ah Ruangguru. Pengajarnya lulusan PTN ternama jadi ga usah diragukan lagi ya.

    ReplyDelete
  29. RuangGuru fitur2nya mantab jiwa bangeett
    Intinya ortu kudu kreatif dan mencari solusi agar anak bisa belajar secara efektif walaupun kondisi kurang mendukung kayak sekarang yak.

    ReplyDelete
  30. Mbaaak, betapa berwarnanya usia sekolah di rumahmu ya hihi. Untungnya sekarang ada aplikasi belajar online yang bisa membantu meringkankan tugas ibu ya.

    ReplyDelete
  31. ruangguru membantu orangtua atau wali murid dalam mendampingi dan menemani anak-anaknya belajar dari rumah

    ReplyDelete
  32. Masa pjj anak anak cenderung memilih belajar di aplikasi belajar online karena bahasa yang mudah dimengerti, cakap teknologi dan tentunya komunikatif

    ReplyDelete
  33. Tertolong banget yaa dengan aplikasi belajar online selama menjalankan PJJ. Ga semua pelajaran orang tua kuasai, kan. Eh kalau ikutan Ruangguru ini bisa bertanya langsung ke gurunya? Mungkin ada semacam chat room?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau yang langsung ngobrol sama gurunya, ikutan brain academy aja, jadi nanti ada online ada offline. ada chat room, membahas PR 1x24 jam kalau di ruangguru 2x24 jam kalau ga salah ya

      Delete
  34. Aku Nemani anak sebiji aja suka banget ngedrama, apalagi yang PJJ ada 6 orang. Ramai betul pastinya. Sekarang mulai nyari aplikasi belajar online sih biar kita sama-sama gak pusing. Soalnya ada pelajaran yang aku juga gak paham sih

    ReplyDelete
  35. Bantu banget untuk belajar anak-anak di rumah selama pandemi ini untuk menambah materi supaya mereka lebih memahami dan bisa mempelajari soal-soal yang ada

    ReplyDelete
  36. aku jadi termotivasi nih pakai Ruang Guru karena selama ini masih mencari-cari untuk kelas tambahan anakku selama pembelajaran jarak jauh. Aku pengen cek program-program yang mereka sediakan juga ah.

    ReplyDelete
  37. Emak yang luar biasa. Sehat terus Maak. Untung aja ada RuangGuru untuk membantu anak dan orang tua PJJ. Jadi lebih mudah

    ReplyDelete
  38. Ruangguru memberi ruang belajar yang kreatif dan inovatif bagi anak ya. Sistem belajarnya menyenangkan dan anak-anak zaman sekarang lebih suka menonton daripada membaca. Jadinya klop deh

    ReplyDelete
  39. Ruangguru memang penolong di saat pjj seperti ini ya mbak
    dgn aplikasi belajar online ini, anak anak bisa menjalani pjj dengan lancar

    ReplyDelete
  40. bener banget, ibu harus bahagia, karena bahagianya ibu akan menular ke seluruh anggota keluarga. Salah satu cara untuk bahagia adalah minta bantuan pada ruang guru sebagai sarana menemani anak belajar online

    ReplyDelete
  41. Bimbel memang membantu. Malah kalau kata anak-anak saya lebih mengerti dengan yang diajarin kakak-kakak di bimbelnya. Padahal sama-sama online kayak PJJ

    ReplyDelete
  42. Iya nih salah satu yang harus dipikirkan ortu adalah jangan sampai anak depresi belajar sama kita hehe
    AKu pun msh berusaha supaya gak esmosian kalau membimbing anak belajar wkwk
    Wah aplikasi kyk gini asyik banget, mempermudah anak memahami materi sementara ortu bisa agak sedikit bersantai ya mbak Sri

    ReplyDelete
  43. Kalau kayak gini semua anak pasti senang ikut PJJ
    Tapi memang ada anak tipe yang ga suka kalai tidak bersentuham langsung dengan bangku sekolah dan gurunya

    ReplyDelete
  44. Memiliki guru-guru profesional ini yang bikin kita terkadang istimewa. Dulu kayaknya tuh waktu sekolah merasa jadi tambah bersemangat kalau gurunya juga profesional. Ini keren nih kalau bisa gini ya.

    ReplyDelete
  45. Aku juga sering cari-cari aplikasi belajar online yang bisa digunakan anak-anak.

    Aplikasi belajar online yang terbaik dan termurah,seperti Ruang Guru terutama saat diberlakukannya PJJ menjadi alternatif buat semua

    ReplyDelete

Post a Comment