aXo1ROaM90rrPonD2hJx7xmRHgpeNsWcuj6lcvtc

Kelebihan dan Kekurangan iPhone Dibandingkan HP Android

Sudah lama saya curious dengan kelebihan dan kekurangan iPhone dibandingkan HP android. Sebabnya, seringkali saya mendengar bahwa pengguna iPhone berada di kalangan high class. Orang-orang yang sudah bolak-balik ke luar negeri atau tinggal di luar negeri. Secara asal iPhone sendiri kan, dari Negeri Paman Sam, ya. Lihat sebarannya juga, lebih banyak pemakai di wilayah barat sana, dibandingkan negara bagian timur.  Jadi penasaran aja, kenapa lebih banyak orang-orang "bule" yang memakai iPhone. Ya, meskipun tidak bisa dinafikan juga, pengguna iPhone di Indonesia juga ada.

Harga iPhone
credit: apple.com

Seperti adik ipar saya. Dia juga ternyata punya HP keluaran dari pabrik raksasa Apple ini. Menurut adik saya, suaminya ini membeli iPhone second. Bagus tampilan. Ada gambar apel yang dimakan separuh itu. Ketika saya singgung soal harganya, adik saya pun menjawab, "Harga iPhone mah mehong, Teh! Itu pak suami, belinya juga second."  

Oh, iya, ya, sekarang kita bisa belanja produk mahal dengan harga second. Asalkan masih bagus kualitasnya tentu worth it, juga, ya. Apalagi, produk Apple gitu, lho. Pakai iPhone bisa meningkatkan ketampanan ceunah, hihihi eh enggak ding, ini mah saya heureuy. Yah, secara khalayak ramai sudah mengetahui harga iPhone mah sudah jutaan. Maklum enggak pernah pakai, jadi saya gak tahu persis harganya berapa. Adikku beli second aja 7 juta. Apalagi kalau beli yang baru, tentu lebih mahal lagi, ya.

Jadi, akhirnya saya windows shopping ke lapak iPhone deh. Sekadar menghilangkan rasa penasaran saya. Apa benar ada iPhone dengan harga second. Dan, tara! Saya menemukan dong toko iPhone dengan harga iPhone yang lagi turun harga, alias lagi panen diskon!

Kelebihan dan Kekurangan iPhone

Dari pandangan mata saya, iPhone ini bagus, ya. Tampilannya eksklusif. Warna casingnya cakep dengan warna-warna pastel. Ada logo apel digigit yang menambah unik. Harga yang ditawarkan setelah diskon juga cukup variatif dari harga 2,5 juta hingga 17 juta. Namun, perlu saya ingatkan tentunya. Sebagai pembeli, kita tentu harus berhati-hati, ya. Beli iPhone hanya yang ori dan dari toko yang amanah. Agar kita gak kecewa nantinya. 

Kelebihan iPhone

Dari ngobrol dengan adik yang menggunakan iPhone 10, ada beberapa kelebihan iPhone.

  1. Harga jual meskipun second tetap tinggi
  2. Desain iPhone terbaik
  3. Tampilannya bagus dan tidak pernah ditemukan cacat di produk iPhone
  4. Jika iPhone hilang dicuri misalnya, pencuri tidak bisa membuka data di dalam iPhone
  5. Desainnya elegan dan simple dengan bahan kaca dan logam khusus
  6. Tampilan layarnya lebih jernih dan tajam
  7. Usia device lebih panjang dari android, yaitu sekitar 5 tahun
  8. Jarang terkena virus karena IOS ketat dalam mengecek aplikasi yang diunduh

Kekurangan iPhone

  1. Konektivitas bluetooth iPhone hanya untuk koneksi perangkat, jadi tidak bisa untuk share atau transfer data.
  2. Tidak ada app bawaan untuk menjalankan Mp3, kecuali app berbayar
  3. App free tidak sebanyak android
  4. Jenis kabel charger berbeda dengan android jadi kadang menyulitkan jika kabel charger tertinggal di rumah atau hilang. Harus beli baru.
  5. Transfer data dari iPhone ke komputer tidak semudah android, harus via iTunes
  6. Untuk reparasi hanya bisa dilakukan di Jakarta, namun demikian harga reparasinya cukup terjangkau

Apa sih Bedanya iPhone dengan HP Android?

Dikutip dari Kaskus co.id iPhone adalah sebuah smartphone yang dijalankan menggunakan IOS, yaitu sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Apple. Sementara android adalah sistem operasi berbasis Lynux yang dikembangkan oleh Android, inc. Android juga didukung oleh Google untuk menjalankan handphone touch screen atau smartphone.

Nah Apple terus meningkatkan performa dari sistem operasi selur mereka agar lebih personal dan aman di dunia salah satunya adalah IOS 14. IOS 14 dilengkapi dengan fitur andal dan dirancang untuk melindungi privasi pengguna iPhone. 

Menariknya, fitur aksesbilitas iPhone membantu penyandang disabilitas memaksimalkan iPhone baru mereka. Jadi dengan dukungan fitur bawaan untuk penglihatan, pendengaran, mobilitas dan pembelajaran pengguna iPhone terutama pengguna disabilitas akan benar-benar menikmati perangkat paling personal di dunia ini. MasyaAllah, ya. Segitu detailnya Apple merancang sebuah HP yang melindungi privasi pengguna perangkat cipataannya. Ya, di dunia digital ini memang diperlukan perangkat yang mumpuni sekaligus melindungi privasi pengguna ya. 

Jadi, dilihat dari sistem yang dipergunakan dalam menjalankan perangkat masing-masing handphone ini kelihatan ya, perbedaannya. Dengan mengetahui perbedaan antara iPhone dan handphone berbasis android. Juga mengetahui kelebihan dan kekurangan iPhone dibandingkan HP android, kita jadi paham mengapa iPhone disebut sebagai HP yang eksklusif dan dimiliki hanya oleh kalangan tertentu. Tentu saja kita semua menginginkan menjadi pengguna HP yang terlindungi privasinya sebagai pengguna aktif handphone atau smartphone.

Yuk, jadi pengguna teknologi digital yang cerdas!

Related Posts
Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia sebagai diaspora.Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

18 comments

  1. saya pengguna iphone dan android mba hahaa tapi masing2 ada kelebihannya sih, makanya keduanya masih saya pakai sampai sekarang :)

    ReplyDelete
  2. Kalau saya pengen Iphone, cuman kekurangannya di dana hahaha.
    Bagus sih Iphone ya, beneran menawarkan kualitas, jadinya mau produk lain bermunculan, dia slow aja, dan pembelinya juga tetep banyak :D

    ReplyDelete
  3. Sekuritinya bagus ya, datanya nggak bisa dicuri. Belum pernah coba pake iphone sih

    ReplyDelete
  4. Iphone juga baterai nya gak tahan lama mba, cepat drop. Apalagi kalo keseringan dipake maen game hehe

    ReplyDelete
  5. Setiap smartphone memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Selain itu memiliki penggemar masing-masing. Anak saya penggemar iPhone, berbanding terbalik dengan ayahnya yang lebih senang dengan android

    ReplyDelete
  6. saya pengguna keduanya mba ^^ sejauh ini nyaman aja memakai keduanya.. mungkin karena sudah terbiasa memakai ya jadi bisa menerima kekurangan masing2 *eh hihi..

    ReplyDelete
  7. Di rumahku, Hanya suamiku yang pakai iphone mba. Aku dan anak anak masih setia pakai android. Tapi emang kualitas iphone atau android punya keunggulan masing-masing ya mba

    ReplyDelete
  8. Pernah nyoba iphone punya adek, tapi mungkin karena belon terbiasa jadi pusing ama fitur2 swipe nya hahaha android lebih nyaman sih kalo buatku. Mungkin ntar kalo ada rejeki kali yah, ganti iphone haha

    ReplyDelete
  9. Mengenai app free ini yang memang masih pertimbangan bagi aku yang banyak install app hehehe.

    ReplyDelete
  10. Sebagai pengguna ios dan android, aku setuju memang punya kekurangan dan kelebihan masing-masing ya.... Kalau yang aku notice banget tu ios efisien banget processornya - juarang banget ngelag dan nyampah, sama kualitas kameranya relatif bagusnya tahan lama....

    ReplyDelete
  11. Belum pernah pake iphone. Selama ini pakenya android. Baca tulisan ini jadi ngerti apa kelebihan dan kekurangan iphone.

    ReplyDelete
  12. Human hanya ekslusif iPhone tapi kualitas juga terjaga dan terbukti bagus

    ReplyDelete
  13. Bukan saja karena ekslusif tapi juga karena kualitas yang terjaga pada jenis hand phone merk IPhone.

    ReplyDelete
  14. Perbandingan harganya memang jauh berbeda untuk spec yang mirip dibandingkan android. Eksklusivitasnya itu yang membutuhkan pengguna yang benar2 memahami problem solving ketika ga bisa transfer data atau masalah2 lainnya. Makanya tidak disarankan untuk punya perangkat yang super canggih ini bagi yang gaptek hehehee.. Ada soalnya mba yang punya iphone tapi dia sendiri ga paham harus bagaimana ketika terjadi trouble. Yang pengguna android (sebagai mayoritas) kan ga bisa bantu. :))

    ReplyDelete
  15. Kelebihan dan kekurangannya pasti ada ya, pilihan tergantung ke pengguna ya pada akhirnya. Aku pernah pakai juga iphone tapi udah lama banget, masih mau sih tapi gak mau keluar uang hehehe.
    Baru tau kelau sekarang iPhone menudkung pengguna disabilitas

    ReplyDelete
  16. Aku belum pernah pake Iphone nih... baca2 ini jadi tahu kelebihan dan kekurangannya ... Makasih ya Mba informasinya..

    ReplyDelete
  17. Dulu aku ga terlalu tertarik sama Iphone. Tapi sejak ngonten terus apalagi sekarang konten socmed makin berkembang ke video vertikal, kayanya aku butuh upgrade ke iphone deh. Kameranya bagus...

    ReplyDelete
  18. Dulu suamiku pake iphone tapi cuma sebentar. Entah kenapa habis itu balik ke android lagi mba hehee.. Mungkin karena aplikasinya yang terbatas itu kalik yaaa.

    ReplyDelete
Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @tutiarien