aXo1ROaM90rrPonD2hJx7xmRHgpeNsWcuj6lcvtc

Menambah Kosa Kata Anak dengan Bernyanyi Bersama Hoala dan Koala

Menambah kosa kata anak dengan bernyanyi bersama Hoala dan Koala. Moms, assalamu'alaikum! Apakah si kecil memiliki kesulitan dalam berkomunikasi? Coba dicek pendengarannya, ya, Moms. Jika pendengarannya oke, berarti tidak ada hambatan yang disebabkan masalah pendengaran.  Kemungkinan ada hambatan pada kurangnya kosa kata anak.

Menambah kosa kata anak dengan bernyanyi bersama Hoala dan Koala

Tak jarang anak menjadi murung, pendiam dan menarik diri dari pergaulan dengan teman-temannya karena kesulitan dalam menyampaikan percakapan. Hal ini bisa terjadi karena anak kekurangan kosa kata. Oleh karena itu, penting sekali, Moms mengetahui kesulitan atau masalah anak dalam berkomunikasi. Salah satu yang penting diperhatikan dalam berkomunikasi adalah penguasaan bahasa. Dalam berbahasa biasanya anak memperolehnya ketika dia mulai berkomunikasi dengan ayah bundanya, dengan orang-orang di sekitarnya (caregivers). Jadi, ayah dan bunda, Moms, harus mau meluangkan waktu berkomunikasi bersama anak. Mengobrol, bercerita, mendongeng, atau bernyanyi bersama anak.

Menambah Kosa Kata Anak dengan Bernyanyi 

Nah, salah satu cara yang dianggap paling efektif dalam menambah kosa kata anak adalah dengan bernyanyi. Bernyanyi asal katanya dari nyanyi. Nyanyi dalam kamus bahasa Indonesia berarti mendendangkan sebuah lagu.  Bernyanyi juga didefiniskan sebagai kegiatan musikal yang pengekspresiannya sangat pribadi. 

Dulu, saya suka sekali bernyanyi. Sampai sekarang pun saya suka bernyanyi. Di mana saja dan dalam kesempatan apa saja saya bernyanyi. Dulu waktu saya kecil, ayah saya memiliki koleksi kaset lagu-lagu barat, seperti Air Suply, dan lagu barat lainnya. Yang paling sering saya dengar adalah lagu Air Suply itu. Walhasil, sampai sekarang saya ingat lirik lagunya. Padahal dulu cuma mendengarkan saja. Enggak baca teksnya. Lalu akhirnya saya suka mendengarkan bahasa Inggris. Padahal kalau ditekuni, mungkin saya bisa ya berbahasa Inggris.

Demikian juga dengan anak-anak saya. Mereka suka bernyanyi dalam berbagai bahasa. Bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa Jepang dan bahasa Korea (ini terakhir anak-anak saya yang sudah besar). Saki anak saya yang berusia 4 tahun pun suka bernyanyi. Terkadang dia mencari mainannya sambil bernyanyi. Apa saja nadanya. Misalnya lagu happy birthday to you. Dia melagukannya dengan bergumam sambil mencari mainannya yang hilang. 

Anak-anak itu mudah sekali menyerap yang didengarnya. Oleh karena itu penting sekali merangsang atau menstimulasi anak sejak dini. Karena pada masa ini, kemampuan otaknya menyerap berbagai informasi, berbagai pengetahuan baru, bagaikan spon yang menyerap air. Sangat amat mudah. Tidak perlu effort yang banyak, cukup mendampinginya dengan berbagai kreativitas seorang ibu.

Tujuan Bernyanyi Bagi Anak Usia Dini

Dalam sebuah penelitian pendidikan pada anak usia 3-4 tahun, disebutkan bahwa ada 6 tujuan bernyanyi bagi anak usia dini.

  1. Merangsang kognitif anak
  2. Menidurkan anak
  3. Menghibur anak
  4. Menciptakan suasana yang menyenangkan
  5. Menyiapkan anak pada sesi pembelajaran
  6. Menambah kosa kata anak
Keenam hal ini menjadi penting diperhatikan agar kita sebagai orang tua mampu memaksimalkan kemampuan kita dalam mendampingi anak dalam memperoleh bahasa. Berbahasa ini penting dalam berkomunikasi sehingga anak akan percaya diri ketika mulai bergaul bersama teman-temannya.

Nah, Moms, salah satu tujuan mengajak anak bernyanyi selain merangsang kognitif anak dan menghibur anak, bernyanyi pun dapat menambah kosa kata anak. Kalau zaman saya dulu, saya ingat sekali setiap sore saya sudah duduk manis di depan televisi. Menunggu kehadiran Bu Kasur dan Pak Kasur. Setiap sore saya bermain dan bernyanyi bersama mereka. Suka sekali. Sampai sekarang saya masih ingat lagu yang dinyanyikan di awal acara itu. Lagu yang diciptakan oleh A.T. Mahmud. Duh, jadi kangen Bu Kasur dan Pak Kasur allahuyarham. Sampai sekarang saya selalu menunggu lagu anak anak terbaru.

Lagu anak anak terbaru Hoala Koala
lagu masa kecil saya, yang seangkatan saya pasti tahulah, yaa.

Menambah Kosa Kata Anak dengan Bernyanyi Bersama Hoala dan Koala

Sekarang alhamdulillah, setelah beberapa waktu lalu saya sempat khawatir tidak ada lagi yang menciptakan lagu anak, tersiarlah bahwa ada sebuah channel Hoala dan Koala di youtube. Wah, senang sekali. Akhirnya ada juga lagu anak anak terbaru dari Hoala Koala.

Apa sih Hoala dan Koala?

Hoala dan Koala adalah dua karakter yang diciptakan untuk menemani anak bermain dan belajar. Hoala itu seorang anak perempuan dan Koala seekor anak koala. Keduanya adalah karakter fiktif yang suka bernyanyi. Lagu-lagu anak Hoala dan Koala terlah berkontribusi dalam dunia musik anak Indonesia.

Alat musik yang dipergunakan pun bermacam-macam, sesuai dengan jenis genre atau aliran musik yang dilagukan, seperti musik pop, musik jazz, musik big band, musik akustik hingga etnik tradisional. Hal ini dimaksudkan untuk memperkaya pengetahuan anak Indonesia kepada jenis musik yang ada di Indonesia selain jenis musik etnik tradisional.

Hoala dan Koala divisualisasikan dengan animasi 3D. Ilustrasinya lucu dan cocok untuk anak usia dini hingga usia SD tingkat tinggi.  Selain Hoala & Koala, ada tokoh Ayah, Ibu, Miss Jeruk, dan lainnya yang pintar bernyanyi. Saat ini Hoala dan Koala sudah memiliki 5 album dan lebih dari 45 lagu anak-anak baru yang bisa dilihat di Youtube, Spotify hingga iTunes.

Nah, Moms, Hoala dan Koala ini sudah banyak album lagunya. Salah satu lagu anak terbaru Hoala Koala adalah lagu anak rubah ngintip Hoala Koala. Dengan bernyanyi akan menambah kosa kata anak. Oleh karena itu yuk, Moms, ajak anak bernyanyi bersama Hoala dan Koala. 

Lagu anak rubah ngintip hoala koala
Lyrik lagu rubah ngintip Hoala Koala
Salah satu ciri lagu anak-anak adalah adanya pengulangan/repetition yang memudahkan anak dalam mengingat kosa kata baru yang didengarnya. Dalam lagu anak rubah ngintip Hoala Koala, ada kata yang menurut saya unik, ngintip. Ngintip asal katanya dari intip, atau melihat sambil bersembunyi. Ngintip bukan bahasa baku, jadi tentu saja, ketika bernyanyi harus didampingi oleh orang tua, ya Moms. Agar si kecil memahami kosa kata yang baru saja dia peroleh. Jika kosa kata anak semakin banyak dan memahami artinya, maka si kecil pasti akan semakin pintar berbahasa dan berkomunikasi dengan orang lain. 

Yuk, Moms, menambah kosa kata anak dengan bernyanyi bersama Hoala dan Koala.

Salam Hangat,

Sri Widiyastuti

Related Posts
Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia sebagai diaspora.Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

23 comments

  1. Memang menyanyi dan menonton film kartun bisa banget membantu anak dalam berbicara dan menambah kosa kata baru yah mbaaak. Wah belum pernah nih dengerin lagunya Hoala dan Koala nih, jadi penasaran pengen dengerin deh.

    Wah, lagu kesukaannya samaan denganku nih, Air Supply hehehe

    ReplyDelete
  2. Baca lirik lagunya jadi ketawa sendiri. Kok lucu ya ngintip..ngintip gitu.. Jadi penasaran buat langsung ngecek ke youtube nya nih. Anakku juga suka nyanyi. Kalau nyanyi lagu luar negeri kadang liriknya nggak jelas gitu sependengaran dia aja

    ReplyDelete
  3. Senang banget bisa ketemu Hoala dan Koala ini mbak
    karena anak anakku bisa mendengarkan lagu lagu yang sesuai dengan umurnya

    ReplyDelete
  4. Ternyata selain menambah bahagia dan suku kata, bernyanyi juga punya manfaat kognitif lain ya. Sudah gitu merangsang kreativitas pula. Emang la musik dan nyanyian itu berasal dari jiwa dan kembali ke jiwa. Mari kita nikmati lagu dan musik dar Hoala dan Koala

    ReplyDelete
  5. Asyik banget niih Hoala Koala.
    Parents jaman now pastinya kebantu banget
    karena bisa ajak anak belajar sambil bermain ye kan.

    ReplyDelete
  6. Seneng banget ada sarana untuk anak-anak bisa mengenal lagu-lagu anak yang bagus..

    ReplyDelete
  7. zaman sekarang memang paling gampang kalau ngajarin anak pakai lagu ya mbaa.. ini hoala koala lucu banget sih lagunya dan gampang inget jg anak2

    ReplyDelete
  8. Anak-anak saya juga dulu, belajar kosa kata dari tontonan favorit mereka. Tetapi, memang harus dipilih yang bagus. Karena anak-anak akan meniru. Kalau dulu ada Hoala Koala, juga bakal saya pilih, deh

    ReplyDelete
  9. bener banget mba, anak bisa menambah kosakata dengan menonton, mendengarkan lagu dan menyanyi ^^ anakku juga suka dengan hoala koala ini, lagu favorit mereka adalah lagu kuman, hihi..

    ReplyDelete
  10. Bagus nih channelnya bisa menghibur anak dengan lagu yang sesuai usianya, juga menambah kosakata anak ya jadi kemampuan komunikasinya berkembang

    ReplyDelete
  11. Seneng banget aku sm channel Hoalah koala. Penuh nilai moral lagu-lagunya. Animasinya asik n anak2 pd sukaa

    ReplyDelete
  12. waah untuk anak2 usia dini bagus banget nih...apalagi sekarang sudah jarang deh lagu anak-anak yag bener2 buat anak2 dan edukatif...blom lagu konten morality kan yaa

    ReplyDelete
  13. Memang banyak manfaat bernyanyi buat anak. Luar biasa juga efeknya. Anak saya juga cepat belajar kalo belajar lewat lagu, cepat sekali dapat hapalnya, hehehe

    Selain itu bikin hati bahagia

    ReplyDelete
  14. Nonton sambil bernyanyi, emang anak2 mudah banget menyerap. Dulu sebelum tahu hoala ini, anakku suka nonton kartun di TV, dia jadi banyak kosakata. Dan sampai sekarang masih suka nonton kartun dan nyanyi2 gt

    ReplyDelete
  15. Wah bagus nih channel nya Hoala Koala ini. Edukatif dan juga menghibur buat anak-anak. Apalagi kalo konsisten menampilkan tayangan yang membawa pesan moral

    ReplyDelete
  16. Cara anak2 belajar memang dengan cara bermain ya mbak Sri, salah satunya yang masuk cepet memang dengan bernyanyi.
    Kehadiran situs Hoala Koala ini sangat membantu para orang tua mencarikan channel hiburan sekaligus edukasi yang seru buat anak2 yaaa

    ReplyDelete
  17. Akhirnya, ada lagu2 anak lagi yang bisa dijadikan panutan buat mereka. Lucu banget sih Hoala dan Koala ini, menggemaskan, anak2 juga bisa belajar sambil bernyanyi dan nonton. Lirik2 lagunya simple dan ngena.

    ReplyDelete
  18. Bener ya, menyanyi itu bisa jadi salah satu sarana menambah kosakata anak. Menyanyi itu menyenangkan dan menarik buat diulang2, jadi secara ga langsung bisa menguatkan dan menambah kosakatanya

    ReplyDelete
  19. Lagu anak rubah panjang juga ya. Tapi kalau liriknya mudah buat anak-anak ya mereka juga gampang hafal. Aku sebagai ibu 3 anak seneng sih ada Hoala Koala buat pembelajaran anak-anak dalam bentuk lagu dan nyanyian

    ReplyDelete
  20. menyanyi ini memang salah satu cara paling efektif untuk menghafal sesuatu ya, mbak. anak-anakku juga pas dengar lagu hoala koala itu cepat banget hafal mereka sama lagunya. mana liriknya juga sesuai dengan umur mereka

    ReplyDelete
  21. Gemesnyaa..
    memang ada masanya niih..mendampingi anak-anak full untuk mengenalkan banyak hal. Dan yang paling mudah adalah mengenalkan melalui lagu.
    Tak terasa, anak hapal plus memahami makna kebaikan yang terkandung di setiap liriknya melalui tarian.

    ReplyDelete
  22. Bernyanyi memang menjadi cara mudah dan menyenangkan bagi anak untuk belajar ya. Apalagi jika menemukan channel yang tepat seperti Hoala & Koala ini...

    ReplyDelete
  23. Aku dah buka2 ini lagu2nya mengingatkan jaman dulu yang nada ringan anak senang gitu

    Untung ada hoala koala bisa jadi pilihan buat lihat kita pilih channel

    ReplyDelete
Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @tutiarien