5 Tempat Ngabuburit Asyik di Bogor

22 comments

Hallo, Moms, assalamu'alaikum! Bagaimana nih puasanya? Masih semangat, kan? Kali ini saya akan bercerita mengenai 5 tempat ngabuburit asyik di Bogor. Ngabuburit itu apa sih? Ngabuburit itu istilah orang sunda yang artinya kegiatan yang dilakukan sambil menunggu buka puasa. 

Ngabuburit asal katanya dari 'burit' yang artinya sore hari. Burit ini bahasa Sunda kasar ya. Kalau sore hari bahasa Sunda halusnya adalah sonten. Jadi, ngabuburit itu artinya membuat waktu agar cepat sore, menyore-nyore? haha hadeuh, Gitu lah pokoknya mah. 

5 tempat ngabuburit asyik di Bogor
Kegiatan ngabuburit ini selalunya dilakukan menjelang berbuka puasa. Mungkin agar orang yang berpuasa lupa pada penatnya berpuasa sehingga akhirnya mereka melakukan kegiatan ini agar waktu cepat berlalu.

Sudah lama sejak masa pandemi datang, saya dan keluarga tidak pernah lagi ngebuburit. Dulu, waktu saya masih kecil, saya sering ngabuburit bersama teman-teman dengan bermain di lapangan atau mengantre jajanan. Kadang juga pergi ngabuburit beli cemilan ciki berjalan kaki ke toko Sinar Matahari  bersama kakak sepupu.

Ini Dia 5 Tempat Ngabuburit Asyik di Kota Bogor

Nah, sebenarnya banyak juga sih tempat asyik untuk ngabuburit di kota Bogor, kota kelahiranku ini.Tapi akan saya rekomendasikan 5 tempat favorit saya saja yaa.

Masjid Raya Bogor

Nah, ngabuburit satu ini tentu saja ngabuburit yang berfaedah banget karena mengisi ruhani dengan mendengarkan ceramah agama di Masjid Raya Bogor.

Di Masjid ini setiap hari di bulan puasa Ramadan diadakan iftar jama'i atau berbuka puasa bersama. Sebelum waktunya berbuka puasa, biasanya diisi dengan ceramah agama mengenai keutamaan berpuasa di bulan Ramadan dan keutamaan bulan Ramadan.

Banyak kegiatan lainnya yang diadakan di Masjid Raya Bogor, salah satunya pesantren kilat untuk anak-anak dan itikaf di 10 hari terakhir di bulan Ramadan.

Tugu Kujang

Dulu, saya pernah ngabuburit ke Tugu Kujang. Ini gara-gara saya mengikuti suami buka puasa bersama dengan teman-teman kantornya. Di sekitar Tugu Kujang ini banyak tempat kuliner tempat berbuka puasa. Ada KFC, warung soto mie Bogor di dekat pool Damri ke Bandara. 

Ada juga Botani Square, di sana banyak pilihan tempat makan untuk berbuka puasa. Saya pernah makan di Marugame Udon dan Mujigae makanan Korea. Keduanya bersisian, enak dan representatif. Halal pula.

Keliling Istana Bogor

Tentu ini bukan keliling di dalam istana Bogor ya, tapi keliling di depan pagarnya saja. Dulu saya suka ajak anak-anak memberi makan rusa di depan halaman istana. Entah kenapa sekarang populasi rusanya tak sebanyak sebelumnya. 

Taman Kencana Bogor

Setelah dari istana Bogor ini kita bisa ke Taman Kencana dekat lapangan Sempur karena biasanya di sana akan banyak sekali kuliner khas Ramadan yang dijual, seperti kolak, mie golosor, es buah, kurma dan lain-lain. Datang ke Taman ini sekitar pukul 4 sore karena menjelang maghrib bisa dipastikan kuliner Ramadan ini akan habis.

Selain di Taman kencana, kuliner Ramadan dadakan juga ada di daerah Air Mancur Bogor, Jalan Pajajaran dan Bantarjati.

Alun-alun Kota Bogor

Saya belum pernah ngabuburit ke alun-alun kota Bogor, hanya saja pernah mendapat ceritanya dari kakak saya yang pergi ke sana bersama dengan keluarganya. 

Alun-alun Bogor ini terletak di bekas taman bermain Taman Ade Irma Suryani atau Taman Topi. Wah sedih banget sebenarnya taman masa kecil itu hilang sekarang. Namun bahagia juga karena sekarang jadi alun-alun yang bisa dimasuki semua orang tanpa tiket.

Di depan alun-alun Bogor ada masjid Agung Bogor yang masih dalam tahap pembangunana. Saya kurang update juga sih, apakah masjid itu sudah bisa dipergunakan atau belum.

Nah, 500 meter dari alun-alun Bogor ini ada Pasar Anyar di sini juga banyak terdapat Lapak yang menjual makanan untuk berbuka puasa alias takjil.  Jadi tidak perlu khawatir kesorean dijalan karena kita akan disuguhi banyak sekali pilihan kuliner bulan Ramadan.

Jangan Lupa Prokes Saat Ngabuburit, ya!

Nah, Moms, itu dia 5 tempat ngabuburit asyik di Bogor. Jangan lupakan tetap menjalankan protokol kesehatan selama ngabuburit. Memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak jangan berkerumun yaa.

Ingatlah, pandemi belum usai, semoga kita semua senantiasa dijaga Allah dari sakit dan bisa menjalankan puasa Ramadan dalam keadaan sehat wal afiat. aamiin.

Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia. Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

22 comments

  1. Pengin cuss ke Bogor!
    Pastinya seru banget bisa ngabuburit di spot ini bareng keluargaaa
    siap2 berbuka puasa dgn aura istimewaaa

    nurul rahma https://bukanbocahbiasa(dot)com/

    ReplyDelete

  2. Sayang jauh kalau ngabuburit ke bogor tapi Mpo mau makan bakso viral di bogor makan sepuasnya cuma 20.000

    ReplyDelete
  3. Kalo Kebun Raya Bogor buat ngabuburit tuh gimana, Mbak? Terlalu luas kali ya ... cocoknya diagendakan sendiri, bukan ngabuburit.

    ReplyDelete
  4. Hahahaa, seruu ya istilah Ngabuburit yang biasa orang sunda pake, sekarang jadi bahasa gaul nasional saat puasa.
    Ajak aku ke Taman donk Mak, sambil berburu takjiil, ahhh kangen masa2 kecil dan sekolah ngumpulin takjil.

    ReplyDelete
  5. Aku tinggal di Depok,dekatlah dengan Bogor. Asik nih keliling istana Bogor ya ngabuburit.Tapi banyak gak ya kendaraan bermotor? pengennya sih ngabuburit jalan kaki biar sambil menikmati pemandangan
    Salam:Dennise Sihombing

    ReplyDelete
  6. Duh, ternyata Bogor banyak lokasi seru buat dipake ngabuburit yaaaah, selama ini kalo ke Bogor cuma numpang lewat aja, kayaknya harus segera diagendakan nih

    ReplyDelete
  7. nainii aku belum ke alun-alun euyy. kemaren2 berapa kali lewat taman kencana n masih ditutup. sekarang mah sudah aman sentosa ya. hayuk atuh kita ngabuburit barenggg

    ReplyDelete
  8. Aku tuh pengen banget ke istana Bogor loh, waktu itu pas kesana lagi ramai dan gak jadi efek ngantri masuk. Seru juga ya kalau ngabuburit kesana dan beberapa tempat lainnya di Bogor.

    ReplyDelete
  9. Ternyata di bogor banyak tempat yang asyik buat ngabuburit ya. Paling pengen sih ke Istana Bogor sih kalau ada kesempatan kesana apalagi dibulan ramadhan ini pasti seru tuh

    ReplyDelete
  10. Selama ini ikutan ngomong ngabuburit tapi arti jelasnya baru baca ini hihihi
    Asyik ya banyak pilihan tempat ngabuburit di Bogor yang menarik . Bisa nih dikunjungi kalau ke Bogor nanti.

    ReplyDelete
  11. Aku seringnya ngabuburit di rumah Teeh habis Bogor jelang buka macetnyaa..tapi aku pengen ngerasain ngabuburit di alun-alun Bogor ya masih baru pisan inii...semoga semuanya tetap bersih dan terjaga walaupun ramai...

    ReplyDelete
  12. Aku udah lama pengen nyantai2 di Bogor...tempat yang disebutkan di sini termasuk nih..Jadi tempat2 ini asik juga ya buat ngabuburit..

    ReplyDelete
  13. Senangnya ke Bogor itu karena banyak pilihan tempat nongkrong tapi juga kulinernya yang enak enak. Makasih rekomendasi mba. Kapan mba kita ngabuburit bareng :)

    ReplyDelete
  14. Lumayan ya mbak, banyak juga tempat ngabuburit favorit di Bogor
    Saya KLO ngomongin Bogor pengennya ke kebun raya Bogor dan alun alun Bogor

    ReplyDelete
  15. Saya belom ke sana semua nih. Kalau ke Bogor kulineran doang sama belanja ke FO. huhu. next kalau ke sana juga mau jalan-jalan ke sana ah

    ReplyDelete
  16. Boogor kangen asinan yang ada di terminal baranangsiang sama roti unyil yaaa...

    Kalau weekend Bogor tuh padet ya mamm banyak yg wisata ke Bogor.

    ReplyDelete
  17. Seru ya kalau ngabuburit keluar gitu, aku jarang keluar pergi2 gitu mbak akalu ngabuburot. Nanti lah sesekali aku cobna, paling yg dekat rumah aja selama ini.

    ReplyDelete
  18. Asiknya ngabuburit di ruang publik kaya alun-alun gini tuh, berasa kebersamaannya. Sama-sama menantikan waktu berbuka dan sama-sama menikmati suasana ceria bersama keluarga. Kan gak mungkin sendirian juga yaa..ke alun-alunnya?

    ReplyDelete
  19. Bogor punya banyak tempat asik yah, kapan ya bisa main ke Bogor

    ReplyDelete
  20. Jadi pengen main ke Bogor. Udah lama ga main ke Bogor nih mak. Semua tempat yang disebutkan kayaknya menarik ya

    ReplyDelete
  21. aku sukanya di taman kencana bisa jalan-jalan dan langsung kulineran di sampingnya tinggal milih banyak bangettt. duh kangen bogor kalau gini
    ada yang kukangeni mie glosor khas bogor

    ReplyDelete
  22. Jadi ingat pernah ke Bogor untuk pertama kalinya di tahun 2015, terus sampai sekarang belum pernah ke sana lagi. Ke Bogornya cuma ke Taman Safari, oh yaa..dan waktu itu pas puasa. Pulangnya kena macet di jalan dong, akhirnya berbuka di dalam mobil, yang untungnya macet pas di depan minimarket dan ada pedagang martabak juga. Jadi deh beli minum di minimarket plus beli martabak yang ada di depannya

    ReplyDelete

Post a Comment

iframe komentar