Inspirasi Fashion Lebaran 2023 Ala LYRA

Inspirasi Fashion Lebaran 2023 Ala LYRA

22 comments

Inspirasi Fashion Lebaran 2023 ala LYRA. Hallo Moms, selamat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan! Meskipun puasa baru saja sampai di hari keempat, dan lebaran masih jauh, tapi ibu-ibu mah sudah heboh merencanakan akan menggunakan pakaian "sarimbit" dengan suami dan anak-anak lengkap dengan berbagai aksesoriesnya.

Inspirasi Fashion Lebaran 2023

Yap, biasanya sudah sejak jauh-jauh hari mempersiapkan busana lebaran dari ujung rambut sampai ujung kaki. Dari mulai kerudung, gamis, sepatu, tas, perhiasan, mukena dan lain-lain. Begitu juga dengan suami, sudah dipikirkan pakai baju koko warna apa, pecinya, sepatunya dan lain-lain. Belum anak-anaknya juga.

Wah, benar-benar, deh. Ibu-ibu emang topnya, deh, yang namanya mengikuti trend lebaran. Makanya inilah mungkin salah satu berkahnya bagi pengusaha busana, gak bakalan gulung tikar meskipun kondisi krisis, tetap saja emak-emak mah bisa mengakali agar tetap bisa berpakaian yang seragam dengan suami dan anak-anak di hari lebaran yang penuh berkah.

Kalau dengar dari kakak saya sendiri, biasanya budget untuk baju seragam lebaran ini dia kumpulkan dari sisa-sisa belanja gitu. Ditabung sedikit-sedikit, lama-lama jadi bukit juga, kan. Tabungan semakin banyak dan cukup untuk membeli pakaian seluruh keluarga. Alhamdulillah.

Everlasting Trend Busana Muslim 

Trend busana muslim sebenernya sih fashionnya itu-itu saja, ya dari tahun ke tahun. Untuk busananya, modelnya seperti gamis, kaftan, tunik, longdress, maxidress dan lain-lain. Begitu juga dengan penutup kepala, seperti kerudung, modelnya ada yang segiempat, persegipanjang, pasmina, bergo dan lain-lain.

Warnanya dan coraknya juga sudah bermacam-macam, sehingga orang semakin percaya diri menggunakan busana muslim dalam berbagai kesempatan. 

Busana muslimah dimaksudkan untuk menutup aurat wanita yang diperintahkan oleh Allah,

"Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin , "Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya* keseluruh tubuh mereka", yang demikian itu gara mereka mudah dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dam Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang." (Surat Al Ahzab: 59).

Demikianlah perintah Allah kepada kita umat Islam. Oleh karena itu, wajib hukumnya setiap wanita muslim untuk menyediakan pakaian yang dapat menutup aurat. 

Apapun model busana yang dikenakan harus memenuhi syarat dan ketentuan yang mengikutinya, seperti tidak menyerupai busana laki-laki, longgar, tidak memperlihatkan lekuk tubuh dan tidak transparan.

So, yuk, kita mulai hunting busana muslimah yang sesuai dengan budget kita dan tentu saja sesuai dengan syariah. 

Kaftan dan Maxi Dresses Tetap Menjadi Busana Unggulan 2023

Bulan February lalu, Indonesia Fashion Week 2023 memamerkan fashion busana syar'i model kaftan. Salah satu disainernya menjelaskan bahwa busana model kaftan ini terinspirasi dari gaya busana kaftan Mesopotamia kuno.

Saya jadi teringat dengan desainer dari brand LYRA yang mengusung kedua model busana muslim ini, yaitu kaftan dan maxi dresses (gamis). 

Moms bisa melihat beberapa disain yang dibuat oleh disainer Lyra Swimwear. Menurut saya disainnya simple dan sederhana, dengan warna-warna dingin yang membuat kita merasa sejuk menggunakannya, seperti warna yang cenderung ke warna pastel atau warna dengan unsur bumi, seperti putih, hitam, khaki, cokelat susu, toska, biru muda dan lain-lain.

Ini beberapa disain yang saya ambil dari website Lyra, ya, Moms. Kalian bisa browsing disain lainnya dan spill harganya sekalian. Ini tuh kaftan dan maxi dresses dengan bahan premium sehingga, ya, ada barang ada harga juga sih yaa.

SANA Kaftan dari Lyra

Salah satu disain kaftan yang diproduksi oleh brand LYRA adalah SANA Kaftan. Ada berbagai macam model dan juga warna yang ditawarkan. Seperti warna putih, khaki, hitam, hijau, cream dan lain-lain.

LYRA
model tidak menggunakan kerudung untuk memperlihatkan detail kaftan

Sana Kaftan ini terbuat dari bahan 100% katun. Jenis kain ini teksturnya licin, adem, sejuk, ringan, menyerap air dan tahan lama.

Busana dengan model kaftan ini didisain dengan model batwing double breasted yang elegan dengan potongan loose fit.

Detail lehernya V-neck dan bahu yang jatuh. Sementara panjang kaftan disesuaikan dengan tubuh dan longgar. 

DALIA Maxi Dresses dari Lyra

Salah satu yang menarik perhatian saya adalah model busana maxi dresses yang didisain oleh LYRA. Modelnya sederhana sekali. Simple dan dengan warnanya yang teduh ini. 

Lyra Maxi Dresses
Model memang tidak pakai kerudung, mungkin agar bisa memperlihatkan detail pakaian

Dalia maxi dresses Lyra ini terbuat dari bahan 100% Viscose. Bahan viscose ini tekturnya tidak tipis, tidak menerawang. Ketika dikenakan dibadan pun bahannya nyaman, adem, halus, lembut dan jatuh. Bisa dilihat difoto ya, jadi kain itu bisa jatuh ke bawah dengan leluasa gitu dan tidak mudah kusut.

Dalia Maxi dresses dari Lyra ini memiliki pola siluet  A-line gitu, Moms. Finishingnya dengan disain hemline peplum, yang artinya, dibuat mengembang di bagian bawahnya (semacam ada gelombang gitu deh, bisa dilihat di foto yaa). 

Lengan dibuat bergelombang dan dengan detail manset berkancing sehingga memudahkan untuk buka tutup lengan.

Selain menyediakan busana muslim dengan model kaftan dan maxi dresses, Lyra juga menyediakan baju renang (swimsuits and burkini style) untuk muslimah.

Banyak model baju renang yang bisa dipilih di website LYRA, warnanya juga variatif banget. Ada warna merah, hijau, hitam, putih, cream, oranye dan lain-lain. 

Saya jadi ingat, dulu banget, saya mau berenang bingung gak punya baju renang yang menutup aurat. Makanya, saya akhirnya berenang pakai baju lengkap aja. Pakai gamis dan celana panjang. Walhasil, berat banget ketika berenang.

Cerita saya ini, hampir sama dengan apa yang dialami oleh pemilik brand LYRA ini. Dulu dia juga kesulitan menemukan baju renang yang syar'i. Jadilah dia mendisain baju renangnya sendiri.

Akhirnya, dari keperluan sendiri, jadi dia produksi masal untuk memenuhi kebutuhan muslimah lainnya agar bisa berenang dengan nyaman menggunakan naju renang muslimah yang syar'i.

Alhamdulillah makin ke sini semakin bertambah kesadaran muslimah dalam menjaga auratnya, ya. Apalagi didukung oleh brand-brand yang menyediakan berbagai keperluan muslimah seperti busana muslim dan juga keperluan alat olah raga yang syar'i seperti pakaian renang Lyra ini.

Jadi, bagaimana? semoga artikel inspirasi fashion lebaran 2023 ala LYRA ini dapat benar-benar menginspirasi Moms dan keluarga dalam menyambut lebaran nanti, yaa. 

Jika moms ada ide atau inspirasi lainnya, boleh lho tulis di komentar.

Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia. Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

22 comments

  1. Sukaaa yang Sana Kaftan, kayaknya bisa ngumpetin timbunan lemak di perut juga nih selain bisa tutup aurat lainnya, hihi. Aku termasuk yang belum siapkan outfit lebaran di minggu pertama Ramadan ini dooong, huhu. Jadi pengen hunting dan beli-beli deh.

    ReplyDelete
  2. Kl bunda anak2 aja yg huntingin buat bunda berlebaran karena selera mereka okpu buat bunda hehe... Ongkos jahit ampuuun selangit deh mending beli baju jadi, pasti sesuai selera.

    ReplyDelete
  3. Cantik2 ya ini mba, aku suka baju yg longgar2 gitu. Wah udah dikasih sinyal buat beli baju lebaran euy supaya abang paket nggak lembur, cepat2 cekot sekarang hihi. Yg Sana Kaftan tapi warna army jg kece ya mba, eh ada nggak ya? intip2 ah

    ReplyDelete
  4. Lebaran ini kami nggak beli baju baru mbak, dan memang sudah kebiasaan sih, nggak ada baju baru saat lebaran. Anak-anak ditawari beli baju juga nggak mau.

    Turut senang karena kini makin banyak tersedia pilihan fashion muslimah yang kekinian, namun tetap syar'i, salah satunya dari LYRA ini

    ReplyDelete
  5. Simple ini dan aku lebih suka sih karena memang modelan yang gini tuh long lasting. Apalagi bisa dipadu dengan hijab motif kalau bajunya polosan seperti agar menambahkan kesan chic tapi tetap feminine.

    ReplyDelete
  6. Modalnya cantik dan sederhana. Bahannya juga sepertinya nyaman. Model busana muslim jaman sekarang makin menarik dan elegan. Saya pribadi pilih model yg everlasting biar gak bolak-balik kudu beli baju sesuai perkembangan fashion, hehe.

    ReplyDelete
  7. ada rencana untuk pakai nuansa sage green untuk baju seragam keluarga, untuk modelnya menyesuaikan selera masing-masing

    ReplyDelete
  8. Kaftannya menggoda banget, keren nih untuk shalat ied

    ReplyDelete
  9. Aku lebaran jarang beli baju tapi kalau ditanya suka baju kyk apa yang penting bahannya adem trus kalau bisa warnanya tu yang warna tunggal aja gak banyak motif. Kalau yang dari Lyra itu aku lebih suka model kaftannya keknya ketimbang dressnya hehe.

    ReplyDelete
  10. Wahh suka banget yang SANA Kaftan tuh kesannya simpel, elegan tapi everlasting banget yah. Bisa jadi pilihan buat anjangsana pas lebaran nih. Tetep syar'i tapi trendiiii!

    ReplyDelete
  11. Saya tertarik Model SANA Kaftannya nih. Selain modelnya simpel, juga tampak nyaman dipakai. Cocok buat suasana apapun.

    ReplyDelete
  12. Senangnya dengan liat koleksi terbaru ini jadi makin maju perkembangannya busana muslim di Indonesia nba. Aku suka gamis gamis yang sederhana karna kalo yang terlalu ramai, jadi tenggelam. Nah koleksi yang mba rekomendasiinn, aku suka

    ReplyDelete
  13. Aku udah lama gak beli baju yang khusus lebaran. Kayanya kalau mau da butuh beli, ya beli aja sih. Paling memang lihat model dan warnanya. Kalau bisa yang gak pasaran, hehehe

    ReplyDelete
  14. Naksir yang maxi dress Dalia, bagian bawahnya melebar cantik gitu. Eh, ada baju renang juga yaa.. Yang hobi renang kayak aku kudu punya nih swim wear yang menutup aurat tapi tetap nyaman digunakan untuk berenang.

    ReplyDelete
  15. Aah iya, sebentar lagi lebaran
    Lebaran pasti makin kece kalau pakai fashion dari LYRA ini ya mbak

    ReplyDelete
  16. Senang banget ya kalau Lebaran nanti punya baju baru apalagi fashion muslimah sekarang kekinian dan banyak sekali pilihan untuk model dan corak warnanya

    ReplyDelete
  17. Model busa muslimah juga banyak yang fashionable ya mbak tanpa menghilangkan ciri khasnya dan memenuhi syariat Islam. Model pakaian dari LYRA cakep-cakep

    ReplyDelete
  18. Cantik model bajunya pas juga untuk dipakai lebaran simple tapi elegan, jadi ingin beli

    ReplyDelete
  19. LYRA ternyata ada fashion muslimah juga ya
    Tadinya kukira only swim suit saja ternyata bisa buat bekal fashion Lebaran

    ReplyDelete
  20. Terima kasih rekomendasinya maak, aku lagi cek ricek model busana muslim dari beberapa brand nih yg pasti cari yang sesuai kantong.

    ReplyDelete
  21. Jadi pengen beli baju lebaran heuheu.. Sy suka yg model kaftan tapi yang pasti yg harganya terjangkau hehehe

    ReplyDelete
  22. Ih cakep cakep banget ini koleksinya Lyra. Modelnya manis manis dan nggak pasaran gitu yaaaa. Jadi ingin memiliki niiiiihhh. Mau langsung liat liat koleksi Lyra lainnya aaaah

    ReplyDelete

Post a Comment

iframe komentar