Masakan Rumah Ala So Good: Chicken Kare Rice

Masakan Rumah Ala So Good: Chicken Kare Rice



Masakan rumah ala So Good. Hai, Moms, I'm back! Duh, beberapa hari ini, perhatian saya banyak tersita banget dengan PPDB anak. Iya, alhamdulilah si Abang kemarin lulus SD dengan nilai ujiannya di luar prediksi saya, alhamdulillah bagus dan sekarang bersiap daftar ke SMP. 

Beberapa hari ini bolak balik ke sekolah untuk mengurus kelengkapan surat surat  pendaftaran  agar pas waktunya daftar sudah siap semua. Fiuhh .. Alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar. Moga pas PPDB juga lancar. Aamiin.

Oiya Mam, selamat ya untuk putra putrinya yang sudah diterima di SD, SMP, SMA dan PTN yang diidamkan. Semoga sukses dan berkah ya. Tolong doakan anak saya juga. Aamiin. 

Nah, saat rempong begini, kadang saya jadi lupa makan, akibatnya kepala keleyengan, lemes, alhamdulilah gak sampai sakit maag sih. Untuk menaikan nafsu makan, saya coba dengan memanjakan diri saya dengan memasak makanan yang udah lama banget saya inginkan. Anak anak juga sudah request dari sejak lama sih. Pengen makan Chicken Kare Raisu (Chicken Kare Rice).

Saya pernah cerita ya, saya dan anak anak saya ini rada rada Japanese Minded gitu heuheu ya, gara gara pernah tinggal di Jepang, kayaknya memori Jepang itu termasuk kulinernya masih terus menempel indah diingatan. Chicken Kare Raisu ini makanan favorit banget orang orang Jepang. Mereka itu kan ga suka pedas ya, maksudnya masakan yang spicy itu kurang suka deh. Tapi kekecualian untuk chicken kare Raisu ini. 

Nasi dan chicken Rice
Chicken Kare Rice, oishii desu!


Tentu saja, masakan yang berasal dari India ini dimodifikasi ya oleh mereka, sesuai lidah mereka. Malah di supermarket sana sudah ada block block bumbu chicken kare Raisu yang instan. Tinggal Cemplung. Cuma ya gitu deh, harus hati hati banget baca ingridient nya. Kuatir ada buta nikunya, daging babi. Alhamdulillah, waktu di sana saya pernah juga buat produk yang aman dan emang enak!

Akhirnya, demi untuk makan Chicken Kare Raisu, sepulang dari perpisahan si Abang, yang kebetulan diadakan di dekat pusat perbelanjaan di Bogor, saya dan anak anak belanja. 

Anak anak bersemangat sekali ketika saya bilang mau buat Chicken Kare Raisu. Mereka mengambilkan wortel, kentang. Saya mencari bumbu kare yang sudah digiling, pass banget ada yang sudah dibungkusin untuk memasak setengah kilo daging. Bumbu campur kare yang dari penampakannya dah warna warni. Ada kemiri, kunyit, bumbu kare dll. Wanginya juga hmm .. bikin terbit air liur. Padahal belum dimasak. Itulah bumbu kare, emang spesial. Lalu saya pilih Chicken Cuts Spicy So Good.

Kenapa saya memilih Chicken Cuts So Good bukannya ayam potong sekiloan gitu. Saya memilih Chicken Cuts So Good sebab ayamnya sudah dimarinet atau sudah direndam bumbu. Jadi saya gak susah lagi membumbui sebelum dimasak. Karena bumbunya sudah meresap banget ke dalam daging. Daging ayam siap dimasak apa saja. Bisa digoreng atau diolah lagi menjadi masakan yang lain. Praktis! Untuk mengetahui produk lain So Good, Mam bisa klik ke website So Good.

Chicken Cuts
Chicken Cuts So Good Spicy


Memasak Chicken Kare Raisu ini mudah banget Mam. Saya juga heran, anak anak ini suka banget makan Chicken kare Raisu. Sekali masak langsung laris manis hihihi

Dan saya pun bahagia dong, akhirnya tercapai juga makan Chicken kare Raisu. Warning ya Mam, saya tidak bertanggungjawab jika Mam Tidak bisa berhenti makan hihihi abaikan timbangan sementara.

Mam, chicken kare Raisu ini meski terinspirasi dari Jepang, saya masak dengan menyatukan dua kebudayaan. Jepang dan Indonesia. Ya, sebenernya di Indonesia juga kan ada ya kari ayam. Nah, kare ayam yang saya masak ini adalah perpaduan antara masakan Jepang dan masakan Indonesia.

Sok atuh mangga, ini dia resepnya.

Resep Chicken Kare Rice

Bahan:

1 bungkus Chicken Cuts So Good 400 gr
Bumbu kare satu bungkus (saya sisihkan cabe merahnya, gak dipake)
Wortel 
Kentang
2 sendok makan tepung terigu (cairkan dengan air)
1 liter air 
2 lembar daun jeruk

Bahan Chicken Rice
Bahan bahan chicken kare rice 

Cara mengolah:

1. Tumis bumbu dengan sedikit minyak. Tumis hingga harum. 
2. Masukan chicken cuts So Good, potongan kentang dan potongan wortel. Aduk rata.

Wortel
Potongan wortel dan kentang


3. Masukan air hingga ayam dan sayuran tenggelam. Masak hingga ayam, wortel dan kentang empuk.
4. Sebelum diangkat, kecilkan api dan masukan terigu yang diencerkan dengan air, aduk hingga rata.
5. Tes rasa, kalau saya tidak ditambah gula dan garam lagi, sebab sudah cukup rasanya dari Chicken Cuts So Good yang sudah berbumbu. 
6. Matikan kompor, angkat Chicken Kare Raisu. Sajikan dengan nasi hangat. 

Chicken Kare Rice
Chicken Kare Raisu (rice) pun dekiagari!

Tips dari saya:

1. Sebelum dimasak, keluarkan Chicken Cuts So Good dari dalam freezer dan diamkan hingga cair. Dengan cara ini bumbu rendaman dari chicken cuts ini akan semakin kuat tercium dan kita bisa merasakan keharuman bumbu rendaman chicken cuts ini.
2. Untuk membuat kare Raisu, pergunakan wortel yang ukuran besar dan berwarna merah. Sebab rasanya lebih manis dan akan menambah cita rasa kare raisu yang kita masak.
3. Untuk terigu yang dicairkan, sesuaikan dengan ukuran air dalam masakan. Jadi masukan sedikit sedikit sambil diaduk rata, kalau sudah dirasa kekentalannya sudah cukup jangan dituang semua.


Makan


Oke Mam, itu dia resep Chicken Kare Raisu ala rumah saya. Alhamdulillah makan Chicken kare Raisu ini terobati sudah kekangenan kami pada masakan Jepang. Alhamdulillah bisa memotong budget makan di luar. Kebayang banget makan rombongan dengan anak anak yang banyak gini hahaha abis lebaran emak kekeup dompet! Dananya buat biaya anak anak ntar masuk sekolah aja. 

Baik Mam, selamat mencoba, ya! (Pede banget ada yang bakal mencoba bikin di rumah hihi). Mam kalau ada yang pernah buat chicken kare Raisu juga boleh dong share pengalamannya. Makasih, ya, Mam!
Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia. Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

25 comments

  1. Wah sudah mirip masakan restaurant jepang. Enak lagi plus komplit sayuran dan protein

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Mpok ratne, iya salah satu menu praktis banget nih. Sekali masak, protein dan seratnya langsung dapet.

      Delete
  2. Terima kasih resep Chicken Kare Raisunya ya, mbak. Jadi nambah nih koleksi resep olahan so good punya saya nih

    ReplyDelete
  3. Aku juga suka sama curry rice. Selama ini sih selalu beli, kalo gitu bolehlah nanti masak sendiri di rumah. Makasih infonya Bun hehe

    ReplyDelete
  4. Sehat dan enak yaaa teh...ngiler..

    ReplyDelete
  5. Kayaknya mudah nii buatnya, menggoda sekaliii..

    ReplyDelete
  6. Aku mau main ke mamak Saki ah, biar dimasakin enak.
    So good memang fleksibel ya, simasak apapun oke

    ReplyDelete
  7. Kalau liat hasil kreasi produk ini bersliweran di TL langsung mau sodorin nasi panas hahaha enak semua!

    ReplyDelete
  8. Wuih pinternya ummi bikin masakan Jepang. Anak2 kalau makan di resto pasti ya milihnya yg beginian. Mau coba ah, biar hemat pake so good, hihi

    ReplyDelete
  9. Mba, kalau tepung terigu diganti ama tepung maizena apa akan terllau kental ya? Aku blm pernah sih nyoba bikin kare dan mau langsung nyoba euy

    ReplyDelete
  10. Chicken kare raisu ini bikin aku nelen ludah hhhhmhhhmmm.. . Mau dong dimasakin sama mama Saki 😍 Toss aku aku juga demen masak produk2 So Good. Hiegenis, sehat, bergizi, praktis pula ya dan gampang di minimarket2 rumah aja banyak 😚

    ReplyDelete
  11. Mbaaa aku ngiler dengan menu iniii, kapan2 boleh aku praktekkan di rumah yaaaa.
    So Good bisa dikreasikan macam2 tergantung kreativitas ternyata, di goreng doang pun dia enak banget apalagi kalau disulap jadi olahan lezat seperti ini, nyummmm.

    ReplyDelete
  12. Asyeeekk ada resep kare khas Jepang. Aku catat ya, kaapn2 mau cobain.
    Kare ala2 Jepang yg pernah kucubo dulu tu AW, sayang AW gk jual lagi. Mau coba ah bikin dewe :D

    ReplyDelete
  13. Jadi pingin ke Jepang, nih.. Hehe.. Kare Jepang enak yaa.. Gak terlalu berbumbu banget tapi tetap berasa nikmat.. Ternyata bisa jug So Good dikreazikan jadi kare Jepang gini.. Pankapan mau coba bikin jug, aah.. Bikinnya tampak mudah Dan anak-anak suka ya mba Sri.. 😉😃

    ReplyDelete
  14. Semakin banyak inspirasi masak ayam so good nih.. simpel lagi.. cuma butuh konsistensi dan kesabaran ya Mba dalam memasak untuk menghasilkan makanan yang enak, bergizi untuk keluarga dirumah

    ReplyDelete
  15. Wah ini resep masakan oleh-oleh merantau di Jepang, mau coba ah sapa tahu berasa kayak makan di sana. Oiya aku suka juga ayam So Good yang udah di marinade ini, rasanya enak dan praktis langsung goreng..

    ReplyDelete
  16. Mau dunk cobain masakan mamak Saki yang berbau Japan, penasaran. Kapan ngundang ke Bogor?

    ReplyDelete
  17. Wah mau dunk main ke rumah mak e Saki dan dimasakin Chicken Kare ini. Penasaran rasanya.

    ReplyDelete
  18. Aihh makasih resepnya mbak, selama ini bingung mau diapain lagi So Good, ternyata bisa jadi kaya makanan resto ya. Jadi hemat deh kalau bikin sendiri

    ReplyDelete
  19. Mamak Saki, ini bumbu kare-nya udah jadi ya? Soalnya aku tuh termasuk emaks yang malas banget ngulek-ngulek secara bumbu kare gitu kan banyak banget bahan-bahannya. Kalau bumbu kare siap masak gitu mengurangi cita rasanya nggak mbak? Penasaran nih soalnya aku bisa dibilang gak pernah masak kare di rumah karena takut gagal. Seringannya mah beli kare udah jadi siap makan. Hihihi

    ReplyDelete
  20. Sptnya mudah ya membuatnya. Pengen coba buat spy anak anak gak bosan juga dg menu masakan yg itu itu.saja

    ReplyDelete
  21. So good di bumbui apa aja enak ya um, praktis trus disukai anak2 bikin ibunya happu

    ReplyDelete
  22. Nyam nyam.. cuma bisa bayangin makan so good kare nih. Disantap hangat2 pasti lebih nikmat ya. Cara bikinnya juga ngga ribet nih

    ReplyDelete
  23. Wah di rumah saya juga ada bumbu karih nih. Mungkin nanti bisa coba bikin kapan-kapan

    ReplyDelete
  24. Waah dibumbu kare. So good walau di goreng doang aja dah enak. Apalagi pakai bumbu kare. Hhmm yummy..

    ReplyDelete

Post a Comment

iframe komentar