Resep Sup Singkong

Resep Sup Singkong. Moms apa kabar? moga sehat-sehat semuanya yaa. Sudah beberapa hari ini Bogor dingin banget, Moms. Terus pak suami tiba-tiba meminta dibuatkan Sup Singkong. Moms pasti terperangah, hah, sup singkong? hehe takpe, memang banyak kok yang merasa aneh ketika mendengar nama masakan satu ini.

Dulu waktu saya kecil, Mama yang selalu membuatkan kami Sup Singkong. Waktu itu, sup singkong ini begitu istimewa, makanan kesukaan kami. Zaman susah dulu, makan ini tuh mewah banget, karena macam makanan Belanda gitu, ada cream-creamnya hehe. Isianya Singkong, daging ayam yang dicincang, dan bawang daun dan bawang goreng saja. Tapi rasanya, lezat banget. 

Resep Sup Singkong
Sampai hari ini, saya suka banget dengan Sup Singkong ini. Memasaknya membawa saya ke zaman kami kecil dulu. Duduk berkeliling di meja makan kecil sampai kami berdesak-desakan karena ber sembilan orang. Mama membuat Sup Singkong ini sepanci besar dan selalu tandas. Sampai saya jilati pancinya, saking enaknya. Alhamdulillah.

Sekarang yang ikutan suka makan Sup Singkong cuma suami saya saja. Karena anak-anak sih sudah kenal keju, jadi lebih suka cream cheesse yang jadi campuran Potatoes Cream Cheese. Jadi inget Bill and Brod deh, Anak Singkonggg hehe mak tahann jangan pada nyanyi yaaa ...  

Sup Singkong Khasanah Kearifan Lokal Daerah

Balik lagi ke Sup Singkong, ternyata makanan ini di daerah Jawa tepatnya daerah Yogyakarta, bernama Bubur Golot. Namun bedanya, Bubur Golot ini ditambahi beras, sayuran seperti bayam, atau daun katuk, pepaya muda. Makannya dengan sambal kelapa muda. Hmm .. saya  jadi penasaran, bagaimana rasa bubur Golot ini? Ada yang pernah memakannya?

Singkong

Singkong, Cassava, ketela pohon, ubi kayu atau dalam bahasa Sunda dinamai Sampeu, adalah perdu tahunan tropika dan subtropika dari suku Euphobiaceae. Umbi dan daun yang dimanfaatkan dari pohon singkong ini. Umbinya sebagai makan pokok, sementara daunnya untuk dibuat sayur.

Manfaat Singkong untuk Kesehatan

Singkong ini meskipun sederhana namun banyak mengandung karbohidrat, protein, serat, mineral (kalium, magnesium, fosfor dan kalsium, vitamin A dan C serta Air. Oleh karena itu singkong banyak manfaatnya juga lho untuk kita, antara lain:

  1. Menambah energi
  2. Sumber karbohidrat dan serat yang kompleks
  3. Mengandung antioksidan yang baik

Jadi, jangan malu makan singkong ya, sebab meski makanan kampung, singkong banyak lho manfaatnya untuk rubuh kita.

Yuk, sekarang kita eksekusi resepnya. Agar Moms bisa membuat sup singkong sendiri di rumah.

Resep Sup Singkong

  • 1 kilogram Singkong, kupas dan cuci bersih, potong dadu
  • 1 ikat daun bawang, iris halus
  • 5 butir bawang kupas dan iris halus
  • 2 butir bawang putih kupas dan iris halus
  • 2 tangkai daun seledri , iris halus
  • 2 gelas kaldu ayam  (ini kaldu buatan sendiri, ada tetelan ayam yang sudah dipotong kecil kecil)
  • air secukupnya 
  • merica, royco dan garam secukupnya 
  • Bawang goreng

Cara Membuat Sup Singkong

Nah, moms, ini dia cara membuatnya. Sangat mudah sekali

  1. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.
  2. Masukan daun bawang dan seledri, tumis hingga layu dan harum.
  3. Masukan kaldu ayam dan air.
  4. Masukan singkong. Masak hingga matang.
  5. Jika singkong sudah lunak, angkat dan sajikan dengan taburan bawang goreng.

Mudah kan, moms. Persiapannya sebentar dan gak pake lama. 

Tips menyimpan singkong sebelum diolah. 

  1. Kupas singkong dan cuci hingga bersih.
  2. Potong-potong singkong ukuran dadu atau sesukanya.
  3. Masukan ke dalam freezer

Dengan cara ini, singkong akan awet dan tidak akan berubah warna hitam karena terlalu lama tidka diolah. Tapi saya kurang tahu akan aman berapa lama, karena saya bersihkan hari ini, besoknya sudah saya olah. Jadi belum pernah ada pengalaman menyimpan hingga lama. Dengn cara disimpan di freezer, singkong juga jadi cepat empuk.

Oke, moms. Selamat mencoba sup singkong ala rumahan ini. Smeoga resep sup singkongnya membeirkan kebahagiaan bagi moms dan keluarga.

Salam Bahagia,

Sri Widiyastuti

Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia sebagai diaspora.Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

13 comments

  1. Selama ini, ngolah singkong ya gitu2 aja mba.
    goreng, rebus, atau dikasih gula merah gitu.

    padahal, dibikin sop endeuss juga yak.
    mauuu coba masak, ahhh

    ReplyDelete
  2. Aku mah ga malu makan singkong, toh memang makanan yang familiar sedari kecil dan punya pohonnya di belakang rumah Mama, kalo panen dibagiin Se-RT.
    Pokoknya suka banget sama olahannya, seminggu sekali mah selalu ada, entah itu di rebus, goreng, bikin getuk, keripik dll. Soalnya di rumah tuh pada ndeso n katro, sukanya sama cemilan tradisional hahahaa
    Nah, kalo di sup ini belom pernah maaak, boleh juga tuh resepnya, sama aja kek nge sup sayuran biasa yaa, maaciih loh!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi tos atuh teh nchie, iya saya juga suka segala macam olahan dari singkong. saya tambahin aja dari yang udah disebutin kayak getuk, anceumon, duh eta si anceumon aku suka banget ditaburin kepala parut di atas, legit pisan.

      Delete
  3. Saya baru tahu nih tentang Sup Singkong ini. Dan setelah membaca tulisan mba ini, jadi tertarik juga untuk mencobanya..bosan rasanya dikolak melulu..haha.. Terima kasih mba...

    ReplyDelete
  4. Sup singkong unik ya seperti sop ayam bahannya. Kalau di padu sama potongan ayam seperti sop macaroni karena singkong dan macaroni adalah karbohidrat

    ReplyDelete
  5. Wah asyik nih baru tahu kalau singkong bisa dijadikan sop..unik banget jadi penasaran dengan rasanya...

    ReplyDelete
  6. Makanan yang paling bikin nostalgia yaa..
    Tapi belum pernah makan sup singkong.
    Karena sumber energi yang baik untuk tubuh, bisa banget dinikmati di kala sedang dingin seperti di Bandung saat ini.

    ReplyDelete
  7. Wuih enak nih kayaknya. Disantap anget-anget. Belom pernah deh aku nyicip yang begini. Pengolahan yang gak biasa. Aku paling rajin ya dibikin comro atau misro. Nanti nyoba aaaah. Enaaak. :D

    ReplyDelete
  8. MasyaAllah ya Mba, aku belum pernah blas bikin sup daun singkong. Jadi pengen coba biasanya cuma di rebus ama kolak doang

    ReplyDelete
  9. Wah, aku suka banget singkong apalagi singkong goreng mekar yang dikasih keju. Btw, ini unik sup singkong, aku belum pernah coba. Makasih resepnya ya mba, bisa nih direcook.

    ReplyDelete
  10. wah menu unik ini mba, aku biasanya dibubur tapi manis, kaya kolak gitu cma teksturnya sedikit lunak juga kaya bubur.

    ReplyDelete
  11. Ingat dulu ada tetangga yg kasih semangkok sup singkong, dan saya bengong waktu liat dan dengar namanya hehe. Ternyata cara membuatnya mudah ya Mba, bahan2nya pun sederhana. Terima kasih sudah berbagi resepnya Mba.

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email