Skip to main content

Posts

Showing posts from October, 2012

Juice hari keempat, tomato apple

Hari keempat, alhamdulillah BAB tambah lancar aja nih. Alhamdulillah.

Hari ini, aku blender buah tanpa sayuran. Isinya tomat, apel dan jeruk sunkist. Belum nambah variasinya nih, soalnya belum belanja lagi :-)

ini dia penampakan juicenya :-) sedapppp ...


Kue Keju Kastengel

Hari ini anak-anak masih libur. Bongkar kulkas, masih ada keju chedar untuk taburan spagheti. Hmm ... lumayan banyak juga. Mana sudah diserut lagi.

Ya sudahlah, memang niatnya mau dibuat kue, jadi bikin kastengel lagi lah pagi tadi. Dibantu sama si kakak dan teteh, dengan segala perebutan kekuatan di sana sini. Yang satu pengen ngocok, yang satu pengen ngaduk, yang satu pengen ngoles yang satu pengen nabur. Pusyingg juga nih emak rempong heuheu ...

Alhamdulillah semua bisa terkendali dan jadilah satu toples, hmm ... tepatnya satu rantang kue keju kastengel hehhe

Baru satu loyang diangkat sudah diserbu krucil yang emang doyan banget keju ...

Ini dia resepnya ya:

Kue Keju Kastengel

150 gram mentega
1 butir kuning telur
200 gram tepung terigu
100 gram keju chedar parut
1/4 sdt backing powder
1 sendok makan susu bubuk

Olesan;
1 kuning telur
3 sdt susu cair
campur kedua bahan ini, aduk rata siap jadi olesan.

Cara membuatnya:
Kocok mentega sampai putih
Tambahkan kuning telur, kocok lagi
Tamb…

Hari ketiga diet raw juice

Alhamdulillah sudah memasuki hari ketiga minum jus sayuran dan buah dengan sadar hehhe. *lho emang kemarin pingsan apa?* Dan BABku pagi ini sudah keluar lagi. Sesuatu banget! soalnya biasanya kalau kemarin aku sudah BAB, biasanya besok atau lusa baru keluar lagi. Ih gak sehat banget ya!

BAB itu penting tau untuk kesehatan. Katanya, kecantikan dan kesehatan itu bermula dari perut lho! Nah, bener banget kalau ada yang ngomong, we are what we eat!

Hari ini, aku dan si kakak buat jus buah lagi. Untuk si kakak masih seperti kemarin, 2 buah apel, 1 buah jeruk sunkist, 2 buah tomat. Blender dan diminum tanpa diberi air dan gula. Lumayan dapet 2 gelas kecil.

Untuk aku sendiri, sisa 1 gelas kecil jus aku tambahi 1 buah apel dan 1 batang seledri besar (panjangnya sekitar 30 cm), 5 helai daun sawi hijau. Aku blender, cukup untuk 1 gelas besar.

Dari baunya sih sedapppp ... tapi begitu aku minum, rasa pedas sampai di lidah. Rasanya pahang karena mungkin ada seledri itu ya. Pedassss ...

Awalnya min…

Diet? Perlu juga lho buat si Kurus.

Aku diet sebetulnya bukan untuk langsing lho. Tapi untuk sehat. Siapa tahu dengan memperbaiki pola makan dengan memperbanyak asupan sayuran dan buah, aku bisa memiliki tubuh yang pas banget :-)

Nah sebetulnya, tanpa disadari, aku sendiri sudah menanamkan dalam diri lebih suka sayuran dan buah, tapi kesalahanku adalah tak diimbangi dengan makanan mengandung protein dan karbohidrat sesuai takarannya. Tapi, alhamdulillah, selama ini aku jarang sakit, cuman sering sakit kepala saja karena kurang minum air dan mungkin juga kurang zat besi ya.

Padahal sebetulnya vitamin dan mineral itu bisa juga lho diperoleh dari bahan makanan sayuran dan buah, kacang-kacangan dan lain-lain. Saya suka banget ngemil kacang almond, buah-buahan (dijadiin asinan atau buah segar begitu saja). Katanya lagi tahu tempe, asalkan pas dengan kebutuhan tubuh kita setiap harinya, bisa memenuhi kebutuhan protein kita kok.  Alhamdulillah banget, soalnya aku sendiri jarang banget makan-makanan yang berdaging dan berlemak-…

Doushitano umi wa shiroi no?

Putri sulungku, Salma Nabila namanya. Usianya menjelang 5 tahun bulan Oktober ini. Karena dia anak pertama, kami sekeluarga memanggilnya "kakak". Sekarang dia sedang tumbuh menjadi gadis kecil yang kritis. Setiap saat selalu adaaaa saja pertanyaan-pertanyaan yang keluar dari bibir mungilnya. Dan akupun harus selalu siap dengan jawaban yang benar-benar memberikan kepuasan padanya. Kalau tidak...bersiaplah mendengar perkataannya...."doshitano umi wa wakaranai no", "yappari, umi wa shiranai deshyou..." dengan bahasa jepang khas anak-anak...

Satu hari, Salma pernah bertanya begini :"Umi, doshitano umi wa shiroi no?" (umi kenapa umi putih?). Entahlah, akupun kaget juga menerima pertanyaannya yang tiba-tiba. Memang saat ini di Jepang sedang mulai musim panas. Dan anak saya setiap hari, di hoikuennya berenang.
Walhasil kulitnya, yang memang kulit Indonesia asli, sawo matang, menjadi tambah matang. Sebenernya anak-anak orang jepang pun pas musim panas c…

Nihon no Keisatsu wa kibishi datta.....

Pernah gak sih ngerasain dituduh seorang kriminal disini...? atau jadi saksi sebuah kejadian kriminal...pokoknya berurusan sama polisi jepun deh.....Pasti perasaan takut...deg-deg-an...sedih...ada kali yah......

Saya memang gak pernah ngalamin langsung sih...tapi partner hidupku yang pernah ngalamin...suamiku tersayang....
Kejadiannya memang sudah berlalu sebulan yang lalu, tapi sangat membekas sekali.

Ceritanya begini....,2 tahun yang lalu, karena beasiswa suami distop dari pemerintah jepang (karena beliau harusnya kan selesai tahun 2004 tuh....tapi ternyata belum selesai juga...maka sesuai kebijakan maka setelah 3 tahun disini, maka uang sekolah dll di tanggung sendiri...). Maka untuk mengurangi beban apato, kami pun berusaha mencari rumah/apato yang murah. Alhamdulillah...dengan proses yang lumayan panjang juga...kami mendapatkan rumah yang murah, fasilitas dari kampus. Walaupun rumahnya tua, tapi besar, halamannya luas, dan mencirikan khas rumah orang jepang....
Saya bersyukur sekali …

Indonesia de, dobutsu tachi wa Indonesia go de sabereru no?

Tadi malam, tidak seperti biasanya kedua putriku tidur lambat sekali. Biasanya jam 10 malam sudah sikat gigi dan baca do'a sebelum tidur, maka mereka pun akan mengatur dirinya tidur di tempat tidur yang mana. Tapi malam itu jam 10 masih asyik saja bermain berdua, padahal sudah melakukan rutinitas malam, gosok gigi..memang belum baca do'a sih....belum ngatur diri mau bobo kok....

Memang sejak beberapa bulan yang lalu saya sudah memisah tidur mereka, Salma di tempat tidur atas, dan Shafa dibawah. Tapi ternyata banyaknya tetap saja, tidur dengan umi.....bertiga ditempat tidur yang agak luas...

Akhirnya, karena gak tidur-tidur, komputer juga masih nyala. Saya alihkan perhatian mereka untuk melihat CD soal Puasa dan Zakat. Pemeran utamanya si kucing MIO (karena ini CD keluaran Mizan). Seperti yang ada di buku2 ceritanya.

Gak nyangka pas mereka melihat film itu, mereka begitu tertarik sekali. Sampe kakak dan adik ini banyak bertanya. Di awal cerita, mio dan teman2 diceritakan sedang be…

Gulai Kambing

Pekan  yang lalu, saya kedatangan tamu dari jauh. Karena mereka dari jauh..maka saya pun pengen dong men-service mereka dengan service yang terbaik.....Akhirnya saya masak-masak sedikit, resep yang mudah sekali dan cepat.
Tapi..ternyata masakanku kalah dengan masakan suami..kebetulan suami nyumbang juga, ikutan masak untuk tamu-tamuku......Dan memang bener..semua suka dengan gulai kambing buatan suami....

Biar gak malu-maluin ditanya resepnya...sok atuh...saya share deh disini.....biar inget terus...
Lagi pula gulai kambiangnya memang oishiikatta....

Gulai Kambing

Bahan :
Daging Kambing

Bumbu :
1 buah Tamanegi/bawang bombay, cacah
4 buah cabe merah
3 lembar daun jeruk
1 btg sereh
2 lembar daun salam
4 siung bawang putih
garam secukupnya
minyak goreng untuk menumis
santan (bisa yang bubuk, 2 bungkus atau santan cair, satu kaleng)
bumbu gulai pasta (ada di toko thailand, warna covernya merah) secukupnya (satu sendok makan atau bisa lebih)

Caranya;
1. Rebus daging kambing yang sudah dipotong2 slice/tipis2 …

Ayam goreng kres-kres

Ini resep dari bundanya Nasywa (Thanks Sis...), dan aku dah cobain, ternyata memang anak-anak dan suami juga suka banget... Aku apalagi, gak suka ngemil cumannnnn... kalo pas ngemil yang ini dah gak bisa berenti deh...sampe abis ludes...des.....

Ayam goreng kres-kres

Bahan :
Ayam tanpa tulang, potong kecil-kecil, ukuran hito kuchi (ukuran satu suapan)...kata orang jepang mah..., jangan mulut orang gede yah....
Tepung maizena atau tepung sagu (katakuriko)
Minyak untuk menggoreng

Bumbu :
Shio kosho....garam dan merica bubuk secukupnya
Jahe dan bawang putih secukupnya, diparut lembut

Caranya :
1. Campurkan ayam dan bumbu, diamkan selama 1-2 jam sampai bumbu meresap. Kalau saya sih suka didiemin semaleman. Di taruh di lemari pendingin bagian bawah, ditutup raping.
2. Ketika akan digoreng, campur ayam dengan tepung maizena atau tepung sagu (katakuriko).
3. Panaskan minyak, goreng ayam sampai kering/kekuningan.
4. Hidangkan panas-panas...jadi deh ayam goreng yang kres-kres....

Met mencoba....

Utsunomiya, …

Sirup Siso

Siso atau Perilla frutescens adalah sejenis herb yang banyak dijual di departemen store atau supermarket di Jepang. Biasanya sering dipakai untuk campuran salad, atau ditambahkan ketika kita makan nato cacah dll. Tapi ternyata siso juga bisa loh di buat sirop dan sangat menyehatkan katanya...yuk kita intip cara buatnya...Sirup Siso
Bahan :
500 gr Daun siso merah
2 liter air
800 gr Gula atau graniu (gula halus)
30 gr kuensan (sejenis citrun)

Cara membuat :
1. Rebus air sampai mendidih
2. Cuci daun siso, keringkan dari air cucian tadi.
3. Setelah mendidih, masukan daun siso, aduk2 sebentar. Rebus daun siso selama 10 - 15 menit (daun siso merah akan berubah menjadi hijau karena zat merah didaun melebur di air rebusan)
4. Setelah itu angkat rebusan daun siso, saring.
5. Masukan air saringan daun siso kedalam panci
6. Masukan gula pada air saringan daun siso yang masih panas, aduk2 sampai gula larut
7. Masukan juga kuensan, aduk sampai rata
8. Dinginkan
9. Setelah dingin, simpan sirop siso di dalam botol…

Cerita akhir pekan : Flea Market

Hari minggu yang lalu, udara Utsunomiya panas sekali...alhamdulillah cucian yang biasanya menunggu kering 3-4 hari, hari itu bisa beres-res....
Rumah juga sedikit rapi karena gak ada jemuran yang tergantung dalam rumah

Abis nyuci baju dan jemur baju yang belum kering....kami pergi berjalan-jalan keluar sekedar menyapa matahari yang sudah seminggu tidak menampakkan diri karena terhalang hujan dan mendung.

Aku pergi ke flea market, suami dan anak-anakku hanya mengantar sampai di depan koen. Setelah itu mereka meluncur menuju toshokan. Suamiku memang gak begitu suka pergi ke flea market, dia lebih suka pergi ketempat yang lain sementara saya ke flea market....abis itu kita janjian sampai jam berapa dan siap menjemput saya pulang ......

Di flea market akupun bertemu dengan Mbak Ika , Kak Ane dan Zairin beserta keluarganya. Asyik juga...bisa saling pamer hasil hunting barang di flea market yang murah2......hihihi..dasar ibu-ibu.....

Pulang kerumah semua merasa bahagia..tanoshikatta...kata Kakak…

(seri) Oleh-oleh Pengajian Internasional

Hari senin yang lalu, kami, muslimah Utsunomiya, mengadakan pengajian Internasional di rumahku. Pengajian ini alhamdulillah walaupun sempat vacum karena berbagai kesibukan membernya, tapi sekarang mulai eksis lagi. Setiap pekan kita mengadakan pengajian ini.

Membernya memang sedikit sekali, selain kami para istri para mahasiswa asing di jepang (Indonesia, Bangladesh dan yordan) juga istri dari warga jepang (seorang kebangsaan malaysia) dan keluarga malaysia yang sedang bekerja disini.

Osie : Hiasan dinding style jepang

Kemarin, Bu Sugiyama dan Bu Komori datang mengunjungi saya dirumah. 
Mereka adalah  member assosiasi pemerhati Indonesia Jepang di Utsunomiya. Mereka adalah teman2 yang baik. Bu Komori malah sudah seperti ibu saya, karena perhatiannya yang besar kepada keluarga kami.

Mereka datang bukan tanpa maksud. Hari itu, saya dan Bu Arif (seorang tetangga dekat saya, orang Indonesia juga), diberi ketrampilan membuat sirop siso dan membuat osie, yaitu semacam hiasan dinding dengan style jepang.


Osie ini menarik sekali, karena selain diperlukan ketrampilan tangan, juga ketelitian. Osie ini bisa kita beli satu set untuk satu kali pembuatan hiasan dinding. Kemarin kami tidak membelinya, tapi diberi oleh Bu Sugiyama...sensei Osie kami...gratis...!

Satu set terdiri dari pola, instruksi pembuatan dan bahan hiasan baju dari kertas origami yang indah. Mirip benar dengan baju2 kimono yang sering dipakai oleh orang-orang jepang. Osie ini modelnya gambar anak2 jepang yang ditempel dikertas. Setiap bagian dari p…

Anak tengahku mimisan

Dua hari yang lalu, Shafa keluar darah dari lubang hidung sebelah kanannya. Memang sejak seminggu yang lalu shafa batuk dan pilek yang terus menerus. Sudah di bawa ke dokter dan minum obat dari Dokter. Alhamdulillah lebih ringan batuk dan pileknya.

Pagi kemarin, secara tiba-tiba darah mengucur dari hidungnya. Bingung juga umi dan Abinya. Alhamdulillah hanya sebentar saja. Tapi..pagi tadipun mimisan datang menghampiri shafa di pagi menjelang subuh. Alhamdulillah itupun hanya sebentar...

Belum tau sih sakitnya apa shafa, mudah2an hanya karena pilek saja dan bukan karena penyakit berat.

Allahumma afini fi badani, Allahumma afini fi syam'i, Allahumma afini fi bashori la ilaha illa anta...

Utsunomiya, 30 Januari 2007

Orang Miskin Dilarang Sakit

Orang Miskin Dilarang Sakit
Begitu isi spanduk yang dipajang di sisi jalan besar di Ibukota Jakarta
Tadi pagi membaca berita disalah satu milis
Orang Miskin, Melahirkan pun Susah
Oohhh...malangnya orang-orang miskin

Disekitar kita juga banyak orang-orang kaya yang miskin hati
Padahal sudah jelas disebutkan dalam sebuah hadist Rasulullah saw :
“Tidaklah beriman salah seorang di antara kalian, hingga ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri” (HR Bukhori)

Utsunomiya, 25 Januari 2007
**spechless..(sedih mode..)...***

Halal dan Baik

Beberapa waktu yang lalu di tivi jepang diberitakan ditariknya segala macam makanan, dari jenis kue/pastri, makanan ringan (snack) dll dari produk Fujiya co.
Dampak dari skandal ini tidak hanya ditariknya produk-produk hasil produksi Fujiya, tetapi juga tutupnya semua pabrik, toko dan restaurant yang mengusung nama Fujiya. Begitu juga dengan president Fujiya (sacho Fujiya) Rintaro Fujii, beliau mengundurkan diri sebagai bentuk pertanggungjawabannya terhadap kasus ini.

Kasus ini terungkap setelah dilaporkannya bahwa Fujiya disalah satu pabriknya menggunakan  susu yang sudah kadaluarsa.
Begitu juga dengan sanitasi kebersihan dalam pengolahannya sangat buruk sekali. Tikus-tikus pun banyak menghuni pabrik tersebut.

Walhasil setelah pemberitaan ini convenient store dan supermarket menengah dan besar telah menarik semua produk Fujiya. Kelas menengah meliputi Maruetsu (191 toko), Raibu koporeshon (195 toko), Izumiya (l.k. 80 toko). Sedangkan convenient store besar yang melakukan aksi serupa adal…

Imunisasi II

Alhamdulillah jawaban tentang "misteri imunisasi bayar" terjawab sudah. Hari Rabu yang lalu, akhirnya saya mendapatkan jawaban dari kedua sensei nihonggo saya di Kokusai Ryukaikan Utsunomiya. Jawaban Yamane sensei dan Miyamoto sensei tentang imunisasi sama dengan dugaan saya sebelumnya. Mungkin untuk orang-orang dewasa yang kebetulan belum mendapatkan imunisasi tersebut. Yah..jawaban merekapun seperti itu.

Jadi daftar harga imunisasi yang tertera di papan pengumuman itu adalah diperuntukan untuk orang-orang yang belum pernah mendapatkan imunisasi (orang dewasa). Karena di Jepang, imunisasi untuk bayi dan balita gratis. Kalaupun bayar, kemungkinan besar adalah rumah sakit yang tidak menjadi rujukan pemerintah. Pemerintah biasanya menyertakan daftar rumah sakit/klinik yang bisa didatangi untuk imunisasi dalam amplop besar.

Selain daftar rumah sakit, juga disertakan kartu hijau ber ID anak, form isian untuk imunisasi BCG dan polio, penjelasan tentang BCG dan polio dll. Kartu hija…

Ketika Istri Bung Tomo Menulis Buku Romantis Tentang Sang Suami

Barusan baca-baca berita, nemu yang satu ini...isinya menarik . Sempet membayangkan suami yang sedang jauh juga..hmmm...dia romantis juga gak yah... soal ini ntar deh dibahas lain kali..versi kami berdua..romantis itu bukan hanya dikirimin bunga loh...tapi ada banyak yang lain....

******

Tanya Kapan Indonesia Merdeka, Malah Dimarahi

Dalam buku Romantisme Bung Tomo yang ditulis Ny Sulistina Sutomo, istri Bung Tomo, berbagai petuah hidup, kisah perjuangan, dan kesetiaan disajikan secara apa adanya. Buku ini berisi kumpulan surat-surat Bung Tomo kepada sang istri.

Buku ini benar-benar menunjukkan perlunya komunikasi antara pasangan suami istri dalam menyelesaikan masalah. Dalam surat yang ditulis pada 8 Maret 1951, Bung Tomo mengingatkan istrinya untuk membayar utang kepada Pak Carik. ’’Hiermee voorlopig f.125 (Bersama ini untuk sementara Rp 125). Hutang kita pada ibu dan bapak carik. Kurangane (kekurangannya) for you bisa ditunggu sebelum hari Senen depan. Zeker (pasti-red),’’ demikian peti…

Romantis to wa?

Romantis to wa?* sebuah judul yang saya berikan untuk artikel yang ingin saya share. Sebenernya ini hanya sebuah tulisan dari obrolan ringan saya dengan suami disela-sela masak barengan disuatu minggu yang indah. Kesannya? banyak sekali...

Siang itu kami menyiapkan makanan untuk kami makan bersama. Disela-sela memasak yang penuh canda, tiba-tiba saya tanya ke suami :

"Abi, kok gak pernah kirim bunga sih ke Umi? tuh..temen2 umi, suaminya ngasih bunga ke istrinya." tanya saya penasaran.

"kenapa mi? pengen dikasih bunga...? suamiku balik tanya sambil nyengir...

"iya dong, Abi gak romantis sih..." sungut saya sambil pura-pura marah.

"apa iya Abi gak romantis? romantis itu gak cuman ngasih bunga loh Mi, itu klise...semua orang pasti ngasih bunga kalo pengen di sebut romantis..., apa Abi keliatan gak romantis, begitu yah..." dia menggodaku.

"heeh..." sahutku pendek. sambil berusaha menyelami kata-kata yang barusan dikatakannya.

Surat....

Dah lama gak ngapdate ini MP...cuman lihat2..jalan2 ke MP tetangga...banyak yang baru..bagus-bagus...(inget kata-katanya pak Tino sidin nih...kangen..kapan lagi ada Tino sidin junior yah...untuk anak2 Indonesia yang gemar menggambar...)
sementara MP sendiri belom ada yang baru...hmmm...nulis apa yah? banyak ide sih..cuman bingung mo nulis yang mana dulu...

Dari hari kamis (14 Desember) yang lalu suami pulang atau pergi yah ke Indonesia...bingung juga niy..hehehe...

Soalnya ada 2 keperluan sih...pertama : untuk penelitiannya. Tempat penelitiannya kan di Cidanau, jadi setiap tahun 2 kali pulang ke Indonesia. Biasanya dibulan Agustus dan desember. Kadang gak cuman penelitian aja, tapi ada conference juga disana.

Kedua, pulang dulu untuk ngurusin kerjaan disana. Rencananya kami akan kembali ke Indonesia tahun depan, karena suami sudah selesai masa studynya. Alhamdulillah..akhirnya pulang juga ke Indonesia....yah..seenak-enaknya disini kan lebih enak tinggal di kampung halaman yah.... lagipula…

Silaturahim Warga Muslim Jepang

SILATURAHIM WARGA MUSLIM JEPANG



Persembahan spesial 
KMII 。 Fahima 。 FLP Jepang
2 Des 2006 pkl. 10.00-16.00, Balai SRIT

talk show
BIARKAN CINTA MEKAR BERSEMI

"Mata Air Cinta yang Tak Pernah Mati"
by Ustadz Adi Junjunan Mustafa

"Kiat Praktis Keluarga Harmonis"
by Yetti Dalimi

"Berbeda. Bersama. Bahagia. Bagaimana Bisa?"
By Arifin Sensei (Nihonjin)



Bincang bincang bersama keluarga Tokoh dan Pasangan Muda



Apresiasi Seni
BAZAR
Peragaan Busana Muslim Anak-anak, Tari Saman, Kreativitas Murid-murid TK Otsuka

Pendaftaran :
Online : http://www.fahima.org/silaturahim/
Wastuti Hidayati -- 08056430497 / ayaziza2000@yahoo.com
(BENTO GRATIS bagi 150 pendaftar pertama!!)

Bazar hubungi :
mbak Hijria -- 045-902-2532/ hijrianugraha@ yahoo.com









Tentang Waktu

Rasulullah saw bersabda : "Barang siapa hari ini sama dengan kemarin, maka termasuk orang-orang yang merugi" (HR Dailani).

As Syahid Hasan Albanna berkata : waktu adalah kehidupan...
Ambillah waktu untuk berfikir, itu adalah sumber kekuatan.
Ambillah waktu untuk bermain, itu adalah rahasia dari masa muda yang abadi.
Ambillah waktu untuk berdoa, itu adalah sumber ketenangan.
Ambillah waktu untuk belajar, itu adalah sumber kebijaksanaan.
Ambillah waktu untuk mencintai dan dicintai, itu adalah hak istimewa yang diberikan Tuhan.
Ambillah waktu untuk bersahabat, itu adalah jalan menuju kebahagiaan.
Ambillah waktu untuk tertawa, itu adalah musik yang menggetarkan hati.
Ambillah waktu untuk memberi, itu adalah membuat hidup terasa bererti.
Ambillah waktu untuk bekerja, itu adalah nilai keberhasilan.
Ambillah waktu untuk beramal, itu adalah kunci menuju syurga.


Utsunomiya, 18 Nov 2006


Spon Cake sederhana

Memenuhi janji buat sahabat-sahabatku tercinta di MPers ini, ini saya share resep spon cake yang sering dibuat dirumah saya. Mudah2an berkenan dan membuat kegembiraan di rumah sahabat semua. Cara membuatnya mudah (saya kalo ngemixer kuenya biasanya mixernya diselipin di antara lemari barang dan lemari es...jadinya ngocok sendiri...). Gak pake jam-jam-an. Bisa sambil ngelonin si Adik, bisa sambil nyuci baju...bisa disambi deh...
Kalo pengen buat kue coklat juga bisa juga dari bahan dasar yang saya sebutkan dibawah ini, cuman tepung terigunya dikurangin ditambahin coklat powder 4 sendok makan (kalo saya biasanya pake coklat susu/ kokoa miruku yang dari meiji itu loh, kuenya lebih legit...mochi-mochi suru..karena ada susunya dikit....)

Jaa..met berkreasi....


Spon CakeBahan :

3 butir telur ayam (L size)
1 cup tepung terigu
1 cup gula pasir halus
1/2 sdt vanili powder
5 gr backing powder
4 sdm minyak

Cara Membuat :
1. Masukan gula, telur dan vanili dalam wadah, mixer sampai putih adonannya.
2. Masukan…

Kakak Salma no O-tanjoubi

Kemarin pagi, umi akhirnya harus buat kue bolu spon cake lagi. Sebenernya sih malemnya dah buat, tapi bantat......(hiii..gemes deh.... sabar..sabar..bulan puasa nih...). Resepnya dah bener kok. Cuman mungkin emang umi kalo buat spon cake ditambah margarin dikit jadinya selalu saja....bantat....niatnya sih biar tambah enak gitu...malah kacau begitu......

Akhirnya, pagi-pagi abis shalat subuh gak tilawah dulu, jadwalnya diganti buat kue spon cake. Alhamdulillah dengan resep yang super sederhana. Jadi juga spon cake cantik....tapi dengan ukuran yang kecil. Karena telurnya dah minim sekali...cuman nyisa 3...ihik....

Ada apa sih Miiii sampe ngorbanin gak tilawah abis subuh........iya yah...kenapa sih?

Ini loh pengen nyenengin si Kakak Salma. Kue spon cake itu mo umi buat kue ulang tahunnya Kakak. Ceritanya tanggal 20 Oktober kemarin miladnya Kakak Salma.
Si Kakak dari sebulan yang lalu dah nagih aja,

" Umi, kakak no o-tanjoubi wa nani wo suru no? Umi, oishii keki tsukuru no?"
Saya bila…

Si Besar dan Si Kecil

Disebuah pos yandu, datang seorang ibu berkerudung biru tergopoh-gopoh mendatangi bidan yang sedang menimbang seorang anak.
"Maaf, saya baru disini dan ingin menimbang anak saya hari ini, boleh kah?"
"oh..silahkan bu, tapi tunggu sebentar yah, silahkan duduk dulu"
Hari memang sedikit hujan, dan ibu kerudung biru itu harus menunggu bis dari depan rumahnya selama 30 menit. Telat sedikit tak apa, yang penting bisa merasakan fasilitas di kota itu. Begitu pikirnya.

Belum sempat ibu berkerudung biru itu duduk ada seorang ibu, berperawakan besar menyapanya;

"Maaf, apakah anda yang beberapa waktu lalu melahirkan di Chikazawa klinik?" tanyanya.
"oh..iya.." kata si ibu kerudung biru, tergagap.

"Kita kan samaan yah waktu itu disana, masih ingat tidak? anda kan yang bayinya paling besar diantara bayi-bayi kami", lanjut ibu besar.
"oh..iya....anda duluan pulang sepertinya waktu itu yah"

"dulu berapa yah beratnya...3 kilo 700 gram yah..."…